Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Tips Sukses Negosiasi, Meraih Kesepakatan dengan Mudah

Kompas.com - 12/12/2022, 10:30 WIB
Tips Sukses Negosiasi Photo by adamr on Pixabay Tips Sukses Negosiasi
Rujukan artikel ini:
Cara Ampuh Negosiasi, 15 Strategi…
Pengarang: Restia Ningrum
|
Editor Rahmad

Apakah kamu ingin memenangkan sebuah negosiasi? Tepat sekali, ada beberapa jenis negosiasi berdasarkan tujuannya, tetapi kita pasti berharap bisa memenangkan kesepakatannya.

Itulah sebabnya, kamu perlu tips sukses negosiasi untuk mencapai kesepakatan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar bisa memenangkan negosiasi. Termasuk menggunakan strategi pada pihak-pihak yang terlibat dalam negosiasi tersebut.

Tips Sukses Negosiasi

Berikut ini tips sukses negosiasi yang bisa kamu terapkan agar bisa mencapai kesepakatan sesuai dengan harapan dan strategi yang kamu miliki.

1. Bersiaplah

Tips sukses negosiasi yang pertama adalah pahami tentang semua hal lawan negosiasi sesuai tujuannya.

Misalnya, kamu melakukan negosiasi bisnis, maka cari tahu terlebih dahulu tentang mereka dengan meninjau situs web, siaran pers, artikel tentang perusahaan mereka, dan sebagainya.

Pastikan kamu sudah benar-benar mengetahui tentang latar belakang lawan negosiasi dan latar belakang mereka.

Termasuk bersiap dengan memahami penawaran dan harga dari pesaing pihak tersebut. Hal ini akan mempermudah kamu menguasai negosiasi dan memenangkan kesepakatan.

2. Dengarkan dan Pahami

Negosiator terburuk adalah mereka yang hanya berbicara, sepertinya ingin mengontrol pembicaraan, dan tanpa henti menjelaskan kelebihannya.

Negosiator terbaik cenderung benar-benar mendengarkan, memahami masalah mereka, dan mengartikulasikan tanggapan yang tepat.

3. Membuat Kesan Pertama yang Kuat

Penelitian menunjukkan bahwa lima menit pertama dalam sebuah negosiasi sangatlah penting. Jadi untuk memenangkan negosiasi, buat kesan yang kuat di beberapa menit pertama. Ini bisa jadi tips sukses negosiasi yang mudah.

4. Sebutkan Maksud dan Tujuan Negosiasi

Cobalah untuk mengendalikan percakapan tanpa menunggu orang lain mulai berbicara. Bernegosiasi dengan percaya diri. Hal ini karena kepercayaan memungkinkan kamu bisa mengendalikan diskusi dan membiarkan orang lain melakukan apa yang mereka inginkan.

5. Mengenal dan Mempelajari Lawan Bicara

Cobalah untuk mencari tahu lebih banyak tentang kebutuhan orang lain. Kemudian, sortir dan sempurnakan dengan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu dalam negosiasi tersebut.

6. Dengarkan Apa yang Dikatakan Orang Lain

Dengarkan orang lain sampai negosiasi selesai, Jadilah profesional. Izinkan mereka untuk menjelaskan kebutuhan mereka. Tips sukses negosiasi paling penting adalah jangan pernah menyela pembicaraan.

7. Tetap Tenang

Ketenangan adalah kunci untuk memenangkan negosiasi. Namun, kamu mungkin bertemu dengan beberapa mitra negosiasi yang tidak menyenangkan dan ingin meyakinkan mereka.

Solusinya adalah menolak mereka dengan tegas, tetapi bersikap sopan tanpa menghina atau menyinggung perasaan mereka.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

8. Tawarkan Solusi Alternatif

Tips cara memenangkan negosiasi berikutnya adalah dengan menawarkan beberapa alternatif solusi. Tujuannya adalah untuk dapat memenangkan negosiasi bahkan ketika negosiasi terhenti.

9. Membangun Kepercayaan

Hindari sikap sombong menyatakan kehendak sendiri tanpa memperhatikan orang lain. Sebaliknya, berikan informasi yang jelas dan akurat.

Hal ini karena tidak ada orang yang suka berdebat dengan orang yang sombong dan nyolot. Negosiasi cenderung berjalan dengan baik ketika getaran yang dibangun bersifat positif.

10. Usahakan to the point

Jangan buang waktu untuk bernegosiasi yang merugikan kedua belah pihak. Negosiasi yang panjang menguras energi dan membuat kamu kehilangan fokus. Buat daftar poin yang ingin kamu diskusikan dengan lawan negosiasi secara detail.

Hal ini bisa kamu persiapkan dalam teks. Itulah sebabnya, kamu juga perlu memahami bagaimana struktur teks negosiasi sesuai dengan tujuan kesepakatan yang kamu inginkan.

11. Bernegosiasi dengan Sopan

Prinsip ini disebut juga dengan prinsip “tidak bajingan”. Tidak ada yang mau berbisnis dengan kepribadian yang sulit atau kasar.

Bahkan, setelah negosiasi selesai, kamu mungkin masih ingin berbisnis dengan orang ini, atau transaksi mungkin memerlukan kerja sama yang berkelanjutan dengan perwakilan pihak lain.

12. Memahami Dinamika Trading

Memahami dinamika trading penting dalam setiap negosiasi. Seperti memahami siapa yang memiliki pengaruh dalam negosiasi, Siapa yang menginginkan lebih banyak kesepakatan? Apa batas waktu lawan kamu? Pilihan apa yang dimiliki pihak lain? dan sebagainya.

13. Jangan Terjebak dalam Masalah

Terkadang yang terbaik adalah mengesampingkan satu masalah untuk saat ini dan menyarankan agar kedua belah pihak terus bergerak maju dalam masalah lain.

14. Jangan Pernah Menerima Tawaran Pertama

Sering kali terjadi kesalahan untuk menerima tawaran pertama seseorang. Misalnya, jika kamu menjual rumah dan menerima penawaran, kamu harus menawarkan harga yang lebih tinggi atau persyaratan yang lebih baik (walaupun tidak ada penawaran lain).

15. Siapkan Letter of Intent atau Term Sheet yang Mencerminkan Kesepakatan

Lembar persyaratan dapat membantumu mencapai kesepakatan lebih cepat, menghemat biaya hukum, dan mempertahankan momentum menuju kesepakatan.

Buku Cara Ampuh Negosiasi, 15 Strategi Dahsyat yang ditulis Restia Ningrum bisa kamu jadikan referensi lebih lengkap tentang tips sukses negosiasi.

Kamu akan menemukan banyak hal tentang cara memenangkan negosiasi dalam buku ini yang bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com