Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Mengenal Struktur yang Ada Pada Report Text

Kompas.com - 21/11/2022, 10:30 WIB
struktur report text Sumber: pixabay struktur report text
Rujukan artikel ini:
Easy Grammar For Beginner
Pengarang: Anindha Padukarasa
|
Editor Rahmad

Dalam bahasa Inggris, teks yang berisikan penjelasan detail tentang suatu objek disebut dengan report text.

Jenis teks dalam report text ini hampir mirip dengan laporan hasil suatu observasi atau pengamatan yang ada pada bahasa Indonesia. Hanya saja, terdapat perbedaan pada struktur serta kaidah dalam kebahasaannya.

Report text biasanya disamakan dengan descriptive text, karena kedua jenis teks tersebut sama-sama mendeskripsikan atau menginformasikan mengenai suatu hal. Namun, sebetulnya kedua teks ini berbeda, untuk bisa membedakan antara report text dengan descriptive text, maka kamu perlu untuk mengetahui pengertian dari report text lebih dahulu.

Singkatnya, report text merupakan teks laporan mengenai suatu hal, yang dilakukan melalui penyelidikan atau sebuah pertimbangan yang matang.

Tujuan komunikatif dari report text adalah untuk menyampaikan informasi tentang suatu hal sebagai hasil dari suatu pengamatan serta analisis. Struktur dalam report text terdiri dari dua bagian. Apa saja itu? Simak penjelasannya berikut ini sampai habis, ya.

Struktur Report Text

struktur report text struktur report text

Seperti halnya dalam teks bahasa Inggris lainnya, report text mempunyai struktur atau generic structure yang perlu untuk kamu ketahui. Berikut struktur dari report text.

1. General Classification

General classification atau klasifikasi umum merupakan bagian yang ada di dalam struktur report text yang berisikan pengelompokan umum dari objek yang dibicarakan. Pada bagian ini, biasanya berisikan informasi dasar dari objek tersebut.

Pengelompokkan yang dibahas antara lain berisikan informasi, misalnya jika report text-nya membahas mengenai hewan, pengelompokkan umumnya bisa meliputi nama ilmiahnya, jenis makanan, atau berbagai aspek lainnya yang paling terkenal dari objek yang akan dibahas dalam report text tersebut.

Contoh bagian dalam general classification dalam report text adalah sebagai berikut:

Cats are one of the members of Felidae, an animal family that consists of lions, tigers, bobcats, and cats. They are also called domestic cats or house cats, and their latin name is Felis catus. The domesticated cats have been human companions for around 9,500 years. Nowadays, they are very popular. Many people keep them as pets.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Description

Description atau deskripsi adalah bagian uang di dalam struktur report text yang berisikan sebuah penggambaran dari objek yang dibicarakan secara lebih terperinci. Misalnya saja, mengenai fisik dan fungsinya, habitat, atau bisa juga lama masa hidup dari objek yang dibahas itu.

Contoh bagian description dalam report text adalah sebagai berikut:

On average, the weight of domestic cats ranges from 2.7 to 4.5 kg. The average lengths are 71.1 cm for male cats and 50.8 cm for female cats. In addition, cats maintain their energy by sleeping a lot. They can sleep for 12 to 16 hours a day.

Cats possess sharp claws on their feet that they use to catch their prey, fight, and climb. Despite having a sensitive vision, they cannot see very dark surroundings very well. However, they have a good balance. They are able to quickly pick themselves up when they fall. One of the unique characteristics of cats is they walk on their toes. Moreover, cats like to keep themselves clean by licking their body.

Gimana, mudah atau sulit dalam membuat report text ini? Jika kamu masih belum memahami dan ingin lebih memahaminya lagi, kamu bisa membaca buku yang membahas tentang report text.

Dalam mempelajari bahasa Inggris, grammar memang menjadi hal yang tidak dapat diabaikan begitu saja, meski tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa grammar tidak lebih penting dari kemampuan speaking. Sebab, menguasai grammar tetaplah menjadi hal yang penting dan karena dalam komunikasi tidak melulu dilakukan secara lisan.

Untuk mempelajari bahasa Inggris dengan mudah, kamu bisa membaca buku Easy Grammar For Beginner. Buku ini ditujukan bagi kamu yang baru mempelajari bahasa Inggris. Pembahasan di dalam buku ini sangat simpel, sehingga bisa membuat kamu bisa mempelajari grammar dengan sangat mudah.

Di mulai dari menyusun kalimat, memilih kata yang tepat, mengubah bentuk kata kerja sesuai dengan tense, dan lain sebagainya bisa kamu pelajari melalui buku ini. Di dalamnya juga dijelaskan grammar secara detail dengan bahasa yang mudah untuk dipahami. Selain itu, penyajiannya juga disertai dengan contoh, table, serta latihan, sehingga tidak terkesan rumit dan sulit.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com