Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mempelajari 4 Jenis Recount Text Beserta Contoh Kalimatnya!

Kompas.com - 21/09/2022, 12:30 WIB
macam-macam recount text dan contohnya Sumber: simplilearn macam-macam recount text dan contohnya
Rujukan artikel ini:
Concise Grammar English
Pengarang: Darcy Bruce Berry
|
Editor Rahmad

Mulai dari kita bangun tidur, sampai tidur kembali, tentunya banyak sekali pengalaman dan kejadian ataupun peristiwa yang terjadi pada diri kita. Mulai dari hal yang paling membahagiakan untuk kita, menyedihkan, atau bisa juga hal yang memalukan, dan sebagainya.

Biasanya, dalam mengekspresikan semua perasaan ini, sebagian orang lebih nyaman untuk bercerita atau menuliskannya ke dalam sebuah buku harian. Dalam bahasa Inggris, menceritakan kembali pengalaman yang sudah terjadi dalam bentuk tulisan itu disebut dengan recount text.

Recount text bisa diartikan sebagai sebuah teks yang menceritakan kembali kejadian di masa lalu. Tujuannya untuk menginformasikan, merefleksi, menghibur, maupun mengevaluasi.

Secara umum, dalam membuat recount text, kita bisa berfokus kepada bagian tertentu dari suatu peristiwa atau pun menceritakannya secara keseluruhan. Tapi, perlu diingat juga, penulisan tersebut haruslah berurutan sesuai dengan urutan kejadian.

Recount text sendiri terbagi menjadi 4 jenis, yang penggunaannya disesuaikan dengan tujuan dari tulisan itu sendiri. Untuk mempelajari lengkapnya, simak penjelasan tentang jenis-jenis recount text beserta contoh penggunaannya ini sampai habis, ya.

Jenis-jenis Recount Text

Jenis-jenis Recount Text Jenis-jenis Recount Text

1. Personal Recount

Personal recount text merupakan salah satu jenis teks yang memiliki tujuan untuk menceritakan tentang pengalaman pribadi dari penulis. Baik itu tentang perjalanan liburan yang menyenangkan, pengalaman yang tak terlupakan, meskipun kisah dari pribadinya.

Personal recount adalah jenis teks yang paling umum dan juga paling sering ditemukan dalam penulisan recount teks ini.

Contoh Personal Recount

A Trip to the National Zoo and Aquarium

Yesterday, my family and I went to the National Zoo and Aquarium to visit the new Snow Cubs and the other animals. In the morning, when we got to the Zoo and Aquarium there was a great big line, so we had to wait awhile to get in.

My brother was excited to see the sharks and the tropical fish. At the end of the day when we left we were going to go and get ice cream but we decided we were too tired so we drove straight home, but of course I was very happy.

2. Factual Recount

Apakah kamu sudah pernah mendengar jenis teks factual recount? Factual recount text adalah cerita untuk menyajikan laporan yang berkaitan dengan sebuah peristiwa yang berdasarkan pada kejadian fakta atau yang benar-benar terjadi.

Jadi, jenis teks ini tidak terpaku pada kejadian personal saja, bisa juga kejadian yang dialami oleh orang lain. Misalnya seperti laporan mengenai percobaan sains a.k.a ilmu pengetahuan atau laporan kepolisian.

Contoh Factual Recount

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

On Children's Day in 1999, a technology company treated more than 200 underprivileged children to a 'high-tech' experience. They were given training on information technology. The company wanted to provide opportunities for these children to learn more about the Internet and the latest technology. They wanted to help the less fortunate in the community.

3. Imaginative Recount

Bukan hanya teks naratif, recount text juga mempunyai jenis imaginative. Imaginative recount merupakan teks yang biasa dipakai oleh seseorang sebagai bentuk cerita dari sebuah peristiwa imajinatif yang dialami seseorang. Misalnya recount text yang menceritakan mengenai pengalaman penulis tentang sebuah khayalan yang ia dapatkan dari sebuah mimpi yang dialaminya.

Contoh Imaginative Recount

I dreamed of being a superhero when I was a teenager. I imagined myself as Spiderman.

One day, when I was fishing at the river I was bitten by a spider and luckily I was not dying. At first I felt cold for 24 hours and I was alone in my room. Nobody knew about it. I didn’t tell my family because I was afraid they would be angry with me. After that, something had happened in my body and I still did not recognize it. I lived as I did usually, went to school, went home, ate, did some activities and so on.

4. Historical Recount

Historical recount adalah sebuah bentuk recount text yang berisi tentang cerita sebuah peristiwa sejarah. Intinya, teks ini merupakan cerita sejarah yang berbentuk bahasa Inggris. Tapi, perlu dibedakan dengan narrative text, ya.

Kalau narrative text sifatnya khayalan. Sementara recount text adalah sejarah yang diceritakan benar-benar terjadi pada masa lampau. Misalnya, tentang proklamasi kemerdekaan negara Indonesia.

Contoh Historical Recount

For more than 30 years, Indonesia was governed by Suharto as the president after the era of President Soekarno. As the people started to feel injustice, several cracks emerged that shook the political condition. Political tensions in the capital city increased by the numerous riots that occurred in several cities and violent ethnic clashes.

Nah, itulah jenis-jenis recount text, lengkap dengan contohnya supaya kamu bisa mudah untuk memahaminya. Untuk memahami kaidah-kaidah dalam penulisan bahasa Inggris lainnya, kamu bisa membaca buku Concise Grammar English.

Buku ini bisa membantumu karena berisi sebuah penjelasan yang sangat jelas mengenai bahasa Inggris saat ini. aturan-aturan dijelaskan dengan berbagai contoh dalam bahasa Inggris yang lengkap juga dengan terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Di dalam buku ini kamu bisa mendapatkan penjelasan tentang kata, frasa, aturan tata bahasa Inggris, serta tips untuk memahami dan mengingat aturan dalam bahasa Inggris. Desain bukunya juga sangat menarik dan berwarna sehingga nyaman untuk kamu baca.

Buku tersebut bisa langsung kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com