Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Perbedaan Explanation Text dan Procedure Text yang Perlu Kamu Ketahui!

Kompas.com - 31/08/2022, 10:30 WIB
perbedaan explanation text dan procedure text photo by Stocksnapon Pixabay perbedaan explanation text dan procedure text
Rujukan artikel ini:
Pasti Bisa! Let`s Write!, Ayo…
Pengarang: Pardiyono, Drs
|
Editor Rahmad

Dilihat dari fungsi sosial explanation text dan procedure text, kita dapat melihat kesamaan antara kedua jenis teks yang menggambarkan bagaimana sesuatu dilakukan. Kedua jenis teks tersebut memberikan gambaran yang mendetail atau mendetail tentang suatu objek, fenomena, produk, atau masalah.

Untuk melihat perbedaan antara dua teks tersebut, kita perlu menganalisis fitur linguistik dan penggunaan teks. Procedure text disebut juga teks instruksional. Jenis teks ini menggunakan pola perintah dalam membentuk struktur teksnya, dan juga menggunakan verba infinitive yang disandingkan dengan preposisi 'to'.

Fungsinya untuk menjelaskan cara membuat sesuatu. Misalnya cara menyeduh teh atau kopi, cara membuat nasi goreng. Instruksi dalam manual produk juga disertakan dalam instruksi. Di sisi lain, kalimat penjelas umumnya dibangun menggunakan kalimat pasif.

Jenis teks ini biasanya digunakan dalam bahan penulisan akademik. Sedangkan explanation text menjelaskan bagaimana fenomena atau peristiwa itu terjadi. Contoh bagaimana tornado atau fenomena alam terbentuk dan bisa terjadi.

Perbedaan Explanation Text dan Procedure Text

Berikut ini perbedaan antara explanation text dan procedure text yang bisa kamu pahami agar bisa membuatnya dengan mudah:

1. Definisi Explanation Text

Pengertian explanation adalah teks yang menjelaskan bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi. Jenis teks ini menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa. Tujuannya adalah untuk menggambarkan setiap langkah dalam proses dan membenarkan mengapa hal itu terjadi, apakah ada kesamaan, bagaimana memecahkan masalah, dll.

Deskripsi umum dalam buku-buku sains, geografi, dan sejarah biasanya menggunakan jenis teks ini. Ada tiga tingkat kualitas dalam menulis teks eksplanasi. Yang pertama adalah pernyataan umum tentang peristiwa yang sedang dideskripsikan.

Kemudian beberapa paragraf menjelaskan bagaimana dan mengapa peristiwa itu terjadi. Tahap terakhir adalah paragraf terakhir. Fitur kebahasaan yang digunakan dalam jenis explanation text adalah seperti berikut ini:

  • simple present tense
  • adverb clause of reason
  • adverb clause of result
  • kalimat pasif
  • chronological connection; to begin with, next, etc.

2. Definisi Procedure Text

Pengertian procedure Text adalah teks yang menggambarkan bagaimana sesuatu dilakukan atau dibuat, dan mengungkapkan bagaimana melakukan atau membuat sesuatu. Jenis teks ini digunakan untuk memberikan instruksi untuk menyelesaikan tugas.

Petunjuk dapat ditemukan dalam resep memasak, rencana perjalanan, manual produk atau alat. Produk yang kami gunakan memiliki banyak petunjuk, sehingga mempelajari teks petunjuk sangat penting di zaman modern ini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Itulah sebabnya kamu mungkin tidak akan kesulitan mencari contoh procedure text dalam berbagai bidang. Hal ini karena segala aktivitas kita mungkin butuh prosedural. Teks prosedur terdiri dari tiga bagian: judul atau tujuan teks, bahan, dan urutan langkah.

Berikut ini fitur bahasa dalam procedure text yang harus ada:

  • Imperative mood (kalimat perintah)
  • Adverb of sequence (kata keterangan urutan)
  • Prepositional phrase (frase preposisi)

Nah, itulah perbedaan perbedaan explanation text dan procedure text yang seringkali orang sulit membedakannya. setiap jenis text tersebut memiliki karakteristik sesuai tujuan dan struktur penulisan teksnya. Apakah kamu sudah bisa membedakan antara kedua jenis text ini?

Buku Pasti Bisa! Let's Write!, Ayo Mengarang! yang ditulis Pardiyono, Drs akan membantu kamu mempelajari berbagai jenis text. Membuat atau menulis text merupakan salah satu keterampilan yang tidak dapat dipisahkan dari keterampilan penting lainnya dalam belajar bahasa Inggris.

Banyak masalah muncul ketika siswa mulai menulis atau menyusun. Salah satunya adalah bagaimana menggunakan rangkaian kalimat yang benar secara tata bahasa untuk mengekspresikan pesan dan ide yang berbeda dalam jenis teks yang tepat.

Siswa sering menemukan diri mereka kehilangan kata-kata selama perjalanan mereka. Mereka tidak tahu harus menulis apa lagi, sehingga perjalanan akhirnya terhenti. Kunci ajaib untuk memecahkan masalah ini adalah buku Let's Write! ini.

Buku ini disusun secara koheren untuk membuat perjalanan siswa menulis lebih mudah dan tidak menghentikan mereka di tengah. Kamu tidak akan pernah speechless lagi.

Siswa yakin mengetahui apa yang harus ditulis setelah menyelesaikan kalimat atau paragraf. termasuk membuat explanation text dengan mudah.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com