Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Report Text? Ini Penjelasan Lengkapnya

Kompas.com - 21/11/2022, 09:30 WIB
report text Sumber: pixabay report text
Rujukan artikel ini:
Belajar Tenses Gampang Lewat Cerita,…
Pengarang: Inet Gunawan
|
Editor Rahmad

Pada saat kita belajar bahasa Inggris di sekolah, kamu pasti sering mendengar atau bahkan kamu mempelajari tentang report text, bukan? Pasalnya, report text merupakan salah satu materi yang sebaiknya diketahui oleh setiap murid yang mempelajari bahasa Inggris.

Istilah report text biasanya dijadikan sebagai bahan tugas sekolah untuk para siswa dalam membuat laporan setelah mereka selesai melakukan sebuah kunjungan ke suatu tempat, misalnya study tour atau pergi ke suatu museum untuk mempelajari sesuatu. Tugas dalam membuat laporan semacam ini disebut dengan report text.

Lalu, seperti apakah report text itu? Nah, untuk menambah pengetahuan kamu tentang report text, berikut ini akan diulas mengenai report text beserta ciri-cirinya. Jadi, simak pembahasannya sampai habis, ya!

Definisi Report Text

Report text merupakan sebuah laporan yang berupa teks yang mana mampu menyajikan informasi mengenai sesuatu yang apa adanya atau berdasarkan pada kejadian yang sebenarnya dari suatu hasil analisis atau penelitian sistematis.

Teks pada report text ini mempunyai salah satu jenis tulisan yang ada di dalam ilmu bahasa Inggris itu sendiri. Teks di sini juga termasuk ke dalam descriptive text yang memiliki fungsi untuk menjelaskan mengenai sesuatu. Baik itu tentang mahluk hidup, fenomena, atau suatu benda.

Kalau di dalam teks deskriptif menggambarkan mengenai sesuatu secara spesifik seperti nama, warna, dan sebagainya, berbeda dengan report text, maka kalau report text lebih kepada menggambarkan sesuatu hal secara umum, misalnya fungsi, kekuatan, dan sifat-sifat umum yang lainnya yang menarik untuk dibahas.

Report text juga memiliki beberapa tujuan. Berikut ini adalah tujuan dari report text.

Tujuan Report Text

report text report text

Berikut ini beberapa tujuan dari dibuatnya report text.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

  1. Memberikan berbagai macam informasi kepada para pembaca tentang suatu objek dari teks yang disampaikan itu.
  2. Memberikan informasi mengenai suatu hal. Biasanya, akan menggambarkan kelas-kelas benda, baik itu benda alam maupun benda buatan. Misalnya seperti tanaman, mamalia, batu, planet, negara, budaya, transportasi, dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan teks lainnya dalam bahasa Inggris, report text ini juga memiliki beberapa ciri yang perlu untuk kamu ketahui. Pada pembahasan selanjutnya adalah ciri-ciri report text.

Ciri-Ciri Report Text

Report text memiliki beberapa karakter yang perlu untuk kamu pahami, supaya dapat membedakan dengan jenis teks bahasa Inggris lainnya. Jadi, berikut ini ciri-ciri report text, yaitu:

  1. Membahas tentang fakta yang bersifat ilmiah.
  2. Judul dalam report text dibuat umum, sehingga mudah untuk dikenal oleh pembaca. Bahkan, bagi para pembaca yang tidak kompeten pada bidang keilmuan pada topik yang dibahas.
  3. Report text biasanya didukung oleh gambar dan data statistik sebagai bukti pengamatan dari si penulis. Namun, ciri ini sebetulnya tidak wajib ada pada report text.
  4. Kalimatnya memiliki pola menggunakan simple present tense.
  5. Penulisan pada report text menggunakan kata benda umum, seperti kucing persia. Misalnya dengan menggunakan general nouns (language features).
  6. Terdapat kata kerja di dalamnya yang saling berkaitan berdasarkan pada language feature. Biasanya, yang digunakan adalah relative verbs atau bisa juga menggunakan linking verbs. Misalnya seem, taste, look, atau bisa juga to be (am, is, are: present) dan lain sebagainya.
  7. Terdiri dari objek serta ada juga objek lain yang ada di dalamnya.
  8. Menjelaskan mengenai berbagai kelompok, bukan hanya menjelaskan suatu individu khusus saja.
  9. Report text biasanya menggunakan conditional logical conjunction dalam penulisannya. Seperti menggunakan kata so, when, dan sejenisnya.
  10. Penggunaan paragraf kalimat topik yang mengatur kumpulan dari informasi: Penamaan pada topik diulangi yang menjadi fokus awal dari klausa tersebut.

Itulah penjelasan mengenai report text beserta ciri-cirinya untuk menambah wawasan kamu. Report text menggunakan present tense untuk menggambarkan mengenai masa depan. Kalau kamu ingin mempelajari lebih dalam tentang berbagai tenses yang ada di dalam Bahasa Inggris, kamu bisa membacanya melalui buku Belajar Tenses Gampang Lewat Cerita, Tenses Thru Stories+cd yang ditulis oleh Inet Gunawan.

Inet Gunawan memang keluar dari pakemnya dalam pengajaran bahasa Inggris menggunakan rumus-rumus. Ia menganggap bahwa rumus mengganjal logika berpikir dan kurang memperhatikan tentang kondisi yang bisa diungkapkan melalui kalimat.

Jadi, buku ini menjadi impian agar siapa saja yang “mengkalimatkan” bahasa Inggris tidak perlu untuk menghafal rumus.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com