Ketahui 5 Jenis Peluang Usaha di Desa, Mudah Sekaligus Menguntungkan

Kompas.com - 24/11/2021, 09:00 WIB
Sumber foto: Pexels
Rujukan artikel ini:
Business Plan Usaha Kuliner Skala…
Pengarang: Wulan Ayodya
|
Editor Almira Rahma Natasya

Membangun bisnis di pusat perdagangan dan hubungan bisnis skala besar seperti di kota-kota besar sudah sering dilakukan masyarakat kita.

Kehidupan kota yang terlihat menjanjikan sering kali dijadikan pilihan sebagai pijakan awal untuk memulai bisnis usaha agar dapat menanjak dengan cepat.

Selain itu, keberagaman dan banyaknya jumlah pangsa pasar di kota-kota besar juga menjadi daya tarik untuk pengembangan usaha.

Namun, pernahkah terpikir oleh Anda bahwa yang tinggal di pedesaan juga punya kesempatan yang sama dengan orang-orang perkotaan dalam membangun sebuah usaha?

Ya, tentu saja Anda punya kesempatan itu asalkan jeli dalam melihat peluang usaha di daerah pedesaan.

Pedesaan mungkin tidak memiliki lalu lintas bisnis yang sama dengan kota-kota besar.

Meski begitu, daerah pedesaan masih bisa berpotensi ramai dengan aktivitas usaha dan dapat menjadi titik awal yang ideal untuk berbagai macam bisnis.

Ditambah lagi, daerah pedesaan menawarkan biaya hidup yang rendah dan persaingan bisnis juga relatif sedikit daripada kota besar.

Selain itu, laju keseharian yang lebih santai dan banyak peluang untuk menghasilkan uang melalui kegiatan sampingan yang mampu membantu masyarakat.

Dengan pasar yang berbeda dan tantangan yang berbeda pula, ada beberapa ide bisnis potensial di daerah yang dapat menjadi inspirasi Anda.

Jenis Peluang Usaha di Desa yang Mudah dan Menguntungkan

1. Bisnis Kuliner

Dunia boga atau kuliner memang disukai oleh banyak kalangan.

Kebutuhan akan makanan membuat dunia kuliner akan terus ada dan tak akan pernah mati.

Hal ini mendorong usaha kuliner mulai dari bisnis masakan rumahan, restoran, katering, dan sebagainya. Lihat rekomendasi buku usaha rumahan.

Usaha kuliner di bidang makanan ringan juga sekarang ini makin kreatif dan bermunculan jenis-jenis makanan dengan berbagai modifikasi.

Misalnya jenis kudapan kekinian seperti cireng bumbu rujak, ketan susu, mango sticky rice, alpukat kocok, croffle, dan sebagainya.

Olahan masakan atau minuman dapat menjadi pilihan bisnis Anda, keuntungannya pun dapat menjanjikan bila Anda mengulik produk yang khas dan cita rasa yang kuat.

2. Mengelola Pertanian atau Perkebunan

Peluang usaha lainnya yang dapat Anda coba adalah bertani dan mendistribusikan hasil pertanian.

Ada banyak jenis tanaman yang dapat Anda coba mulai dari cabai, bawang, segala jenis sayur-sayuran, hingga budidaya jamur.

Pemilihan jenis komoditas pertanian bisa Anda sesuaikan dengan iklim di daerah dan ketersediaan lahan yang Anda punya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Bisnis Budidaya Ikan

Tak jauh berbeda dengan bisnis pertanian atau perkebunan, bisnis budidaya ikan juga dapat menjadi pilihan peluang usaha rumahan di pedesaan.

Budidaya ikan yang bisa menjadi peluang usaha Anda diantaranya ternak lele, ikan hias, atau keramba jaring apung untuk desa di dekat pesisir.

Bisnis ini cukup menguntungkan dan Anda tak perlu modal besar atau biaya pemeliharaan yang tinggi.

4. Toko Online

Saat ini, e-commerce atau toko online dapat dimanfaatkan oleh orang-orang desa asal tersedia komputer dan jaringan internet.

Pebisnis di daerah pedesaan dapat menjual berbagai komoditas yang dihasilkan melalui toko online dengan mudah.

Hanya dengan membuat akun secara gratis, Anda dapat memasang produk Anda di etalase e-commerce contohnya Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain-lain.

Anda dapat menjual produk seperti makanan oleh-oleh khas daerah, hasil kerajinan tangan, hasil pertanian, hingga produk home industry.

5. Kedai Kopi

Kini kedai kopi atau kafe menjadi daya tarik tersendiri dan sudah mulai berjamur sampai ke desa-desa.

Kafe menawarkan kenyamanan tersendiri tidak hanya dari cita rasa kopi, tetapi juga estetika tempat, ketersediaan wi-fi, dan workspace yang dapat disewa.

Modal yang dibutuhkan juga relatif lebih sedikit karena Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk belanja bahan masakan yang rumit.

Sebagai teman minum kopi, Anda cukup menyediakan aneka ragam camilan minimalis seperti kentang goreng, onion ring, atau sosis bakar yang dapat menjadi opsi.

Dalam memulai peluang usaha di daerah pedesaan terutama bagi Anda yang sangat berminat pada bidang kuliner, Buku Business Plan Usaha Kuliner Skala UMKM karya Wulan Ayodya dapat menjadi bacaan Anda untuk persiapan.

Buku ini membahas cara membuat rencana bisnis di dunia kuliner mulai dari usaha restoran atau cafe, warung makan, gerobakan, katering, hingga produk home industry seperti aneka kue dan camilan.

Pengetahuan Anda akan lebih bertambah karena buku ini juga dilengkapi dengan tips dan trik memilih lokasi usaha, cara perizinan, dan bagaimana memprediksi untung rugi usaha di bidang kuliner.

Buku ini disajikan dengan sederhana, mudah dimengerti, dan mudah diikuti setiap arahannya sehingga Anda punya gambaran jelas tentang usaha perkulineran.

Bagi Anda yang ingin menjajal keuntungan dengan membuka toko online, buku Mencari Uang Dari Bisnis Toko Online Untuk Kelompok Usaha Desa memaparkan materinya untuk Anda.

Buku ini menjelaskan soal cara membuat toko online yang mudah dan praktis, Anda dapat menjual apapun untuk pasar yang sangat luas bahkan hingga mengekspor ke luar negeri.

Di samping itu, buku “Budidaya Dan Bisnis Cabai Merah Dan Hijau” dan “Panduan Berkebun Kopi” memberikan pengetahuan bagi Anda yang tertarik untuk mengolah hasil bumi.

Mari mulai berbisnis dengan memanfaatkan peluang usaha rumahan di pedesaan!


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.