Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Nama-Nama Unik untuk Makanan, Bisa Dijadikan Inspirasi dalam  Membuka Usaha Kuliner

Kompas.com - 20/10/2022, 11:00 WIB
Nama-Nama Unik untuk Makanan Sumber Gambar: Freepik.com Nama-Nama Unik untuk Makanan
Rujukan artikel ini:
50 Ide Bisnis Yang Bisa…
Pengarang: KIM MINJEONG
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Membicarakan soal makanan memang tidak akan pernah ada habisnya.

Seperti yang sudah kamu ketahui, bisnis kuliner merupakan salah satu peluang yang sangat menjanjikan untuk dijalani saat ini.

Ada berbagai macam makanan yang potensial untuk dijual dan mudah untuk menarik minat pelanggan, mulai dari makanan ringan sampai makanan berat.

Namun, ternyata ada satu hal penting yang sering dilupakan, yakni soal pemilihan nama menu makanan yang akan dijual.

Menggunakan nama-nama yang unik dan lucu untuk menu makanan tentunya bisa membuat banyak orang penasaran untuk segera mencobanya.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak beberapa ide nama unik untuk makanan berikut ini.

Apa Itu Usaha Makanan?

Bisnis makanan adalah salah satu peluang usaha paling menjanjikan saat ini, karena memiliki pasar yang sangat luas dan mencakup semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Tidak hanya itu, modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha makanan juga bisa dikatakan terjangkau, apalagi jika bahan bakunya mudah dijumpai di pasaran.

Tapi jangan terlalu berharap dulu karena angka persaingan bisnis makanan juga termasuk tinggi sehingga diperlukan berbagai inovasi dan terobosan baru, supaya usaha kamu tetap diminati masyarakat.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengkreasikan beragam varian rasa dan topping dalam satu menu makanan, dengan begitu konsumen juga bisa memilih menu makanan sesuai keinginannya.

Ide Nama-Nama Makanan yang Unik

  • Sushinesia
  • We Can Donuts
  • Iceland Cream
  • Steak Addict
  • Bebekologi
  • De Saladin
  • Mie Jimat
  • Teri-Yummy
  • Pudding Island
  • World Juice
  • Keripique
  • Meat & Great
  • Happy Mie
  • Hola Pizza
  • Hi Milky Bread

Keuntungan Saat Menggunakan Nama Unik untuk Makanan

  1. Nama yang mudah untuk diucapkan tentu akan mempermudah pelanggan dalam mengingat nama usaha dan menu makanan yang kamu jual.
  2. Nama usaha menjadi salah satu sarana promosi yang paling efektif, semakin mudah suatu nama untuk diingat makan akan semakin tinggi juga peluangnya untuk dibicarakan khalayak ramai.
  3. Semakin populer nama usaha dan menu makanan yang kamu jual, maka akan semakin mudah pula dalam membangun dan membesarkan branding, brand yang sudah terkenal biasanya akan mudah menarik minat pelanggan.
  4. Kesempatan untuk meraup keuntungan yang melimpah menjadi semakin besar, karena akan ada banyak orang yang mengenal dan membeli produk dari usahamu.

Tips Memulai Bisnis atau Usaha Kuliner untuk Pemula

1. Tetapkan Bisnis yang Diinginkan

Jangan pernah memulai usaha kuliner hanya karena mengikuti tren saja, karena sesuatu yang ngetren biasanya bisa hilang kapan saja.

Untuk itu, cobalah untuk memulai usaha kuliner di saat kamu sudah benar-benar tertarik dan berminat untuk menjalaninya, karena dengan begitu, kamu bisa lebih niat dan berkomitmen dengan usaha yang akan kamu jalani.

2. Survei Pasar dan Potensi Bisnis

Sebelum memulai usaha, ada baiknya kamu melakukan beberapa survey terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana persaingan dan potensi bisnis yang akan kamu jalankan setelah ini.

Melakukan survey ini terbilang cukup penting karena dari sini kamu juga bisa mengetahui bagaimana perkiraan daya beli masyarakat terhadap usaha kuliner kamu.

3. Siapkan Modal Awal

Modal tentunya menjadi salah satu aspek paling penting yang harus diperhatikan jika ingin membuka usaha.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika kamu baru memiliki modal yang kecil, kamu bisa saja melakukan beberapa cara untuk menutupi kekurangan modal tersebut, seperti mengajak teman untuk berbisnis bersama atau bisa juga dengan meminjam ke koperasi atau bank tertentu.

Saat usaha yang kamu rintis ini sudah berjalan dengan stabil, kamu bisa mulai menyisihkan sekian persen keuntungan untuk menjadikannya sebagai modal tambahan atau bisa juga untuk melunasi utang yang kamu pinjam sebelumnya.

4. Milikki Menu Andalan

Setelah melakukan survey, kamu tentunya bisa mengetahui jenis makanan apa yang saat ini sedang diminati banyak orang.

Pilihlah jenis usaha yang belum banyak dijual di pasaran untuk mengurangi tingkat persaingan, kamu juga bisa mengkreasikan berbagai jenis menu makanan untuk bisa lebih mudah menarik minat pelanggan.

5. Siapkan Strategi Pemasaran yang Tepat

Menyesuaikan jenis usaha dengan target pasar tentunya menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam menjalankan usaha kuliner.

Selain menentukan target pasar, kamu juga harus menyiapkan berbagai strategi pemasaran yang tepat untuk bisa mempromosikan usaha kamu ke banyak orang.

Kamu bisa lakukan promosi dari mulut ke mulut, atau bisa juga dengan memasarkannya melalui berbagai media seperti spanduk, papan nama, pamflet, dan melalui media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Tidak harus langsung besar, kamu bisa coba membuka usaha rumahan kecil-kecilan terlebih dahulu sampai kamu mendapatkan modal yang cukup untuk memiliki toko sendiri.

Buku 50 Ide Bisnis yang Bisa Kamu Lakukan dari Rumah karya Kim Minjeong bisa memberikan beberapa ide dan inspirasi bisnis yang bisa kamu coba.

Sebagai milenial yang saat ini tengah berada di titik jenuh dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan, menekuni bisnis tentu bisa menjadi alternatif terbaik yang patut untuk dicoba.

Bagi kamu yang masih bingung, buku ini akan memberikan banyak sekali inspirasi bisnis dan tips terbaik untuk memulai bisnis yang bisa kamu lakukan dari rumah sendiri.

Tidak hanya itu, buku ini juga akan membagikan beberapa tips untuk menghitung modal awal dan mengoptimalkan kreativitas supaya produk jualanmu bisa laris manis di pasaran.

Jika tertarik, kamu bisa segera checkout buku ini di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com