Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Fungsi Jaringan Komputer Berdasarkan Tujuannya dalam Perangkat

Kompas.com - 17/10/2022, 11:30 WIB
Fungsi Jaringan Komputer Photo by geralt on Pixabay Fungsi Jaringan Komputer
Rujukan artikel ini:
Jaringan Komputer Menggunakan Pendekatan Praktis
Pengarang: Kukuh Nugroho
|
Editor Rahmad

Tentu saja, siapa pun yang bekerja dengan komputer tahu bahwa komputer tidak bekerja secara terpisah. Sebuah komputer membutuhkan beberapa komponen untuk berfungsi dengan baik. Salah satu komponen tersebut adalah topologi jaringan komputer.

Salah satu fungsi jaringan komputer memungkinkan orang untuk terhubung satu sama lain tanpa batas jarak atau waktu. Saat ini, kita hidup di dunia digital dimana jaringan komputer memainkan peran penting dalam mendukung kehidupan kita sehari-hari.

Seperti saat bekerja, belajar, rapat online, bermain game, dan lain-lain. Lalu, apa itu jaringan komputer? Apa saja fungsi jaringan komputer dalam perangkat yang kita gunakan setiap hari? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini tentang fungsi jaringan komputer:

Apa itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer itu sendiri terdiri dari dua atau lebih perangkat komputasi yang terhubung satu sama lain dan dirancang untuk berbagi sumber data. Jaringan komputer itu sendiri dapat bersifat pribadi atau publik.

Saat menggunakan jaringan pribadi, akses biasanya memerlukan kata sandi. Kata sandi ini dapat diperoleh secara manual atau langsung dari pengguna. Akses langsung ke jaringan publik contohnya adalah Internet.

Konsep jaringan komputer sendiri pernah diteliti oleh sebuah kelompok riset di Universitas Harvard yang dipimpin oleh Profesor Howard Aiken dan telah ada di Amerika Serikat sejak tahun 1940-an. Awalnya, ide itu muncul ketika dia sedang mengerjakan tugas umum.

Namun, tanpa membuang banyak waktu, serangkaian proses dibuat yang akhirnya memungkinkan program untuk berjalan di banyak komputer sekaligus.

Sejak saat itu, jaringan komputer yang kita gunakan saat ini lahir, membawa banyak manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari.

Fungsi Jaringan Komputer

Berikut ini fungsi jaringan komputer dalam perangkat yang kita gunakan sehari-hari:

1. Mudah Melakukan Pertukaran Data

Keberadaan jaringan komputer seperti internet dan lain-lain, bisa memudahkan kita untuk melakukan pertukaran data atau dokumen lainnya. Kamu bahkan bisa mengirim dan menerima data melalui berbagai perangkat kapan saja menggunakan internet.

2. Menjaga Keamanan Data

Selain itu, jaringan komputer juga memiliki proteksi atau perlindungan data. Jadi, data atau dokumen penting lainnya yang kamu miliki atau milik perusahaan dapat tersimpan di komputer dengan aman dan terjamin keamanannya.

Fungsi jaringan komputer jadi pelindung data yang berguna, termasuk mencegah kehilangan data penting, contohnya data penting perusahaan.

Jika di perusahaan sedang mendistribusikan salinan informasi penting, maka jaringan komputer berfungsi untuk memastikan semua informasi penting tersebut tidak ada yang hilang saat proses pendistribusian dilakukan.

3. Memudahkan Komunikasi

Selain mudah untuk pertukaran data, fungsi jaringan komputer juga bisa memudahkan dalam komunikasi jarak jauh sekalipun secara optimal.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Menyampaikan Informasi Secara Cepat

Saat ini, kamu mungkin dengan mudah memperoleh informasi dari berbagai sumber karena adanya jaringan komputer. Selain itu, kamu juga bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja tanpa ada batasan jarak dan waktu.

5. Menghemat Biaya

Adanya jaringan komputer membuat pengguna tidak perlu repot-repot mencetak dokumen atau file tertentu. Kamu hanya perlu menyimpannya ke dalam perangkat dan bisa dengan mudah mengirim data lewat internet. Jadi tidak perlu biaya untuk mencetak berkas dan lain-lain.

6. Tetap Up-to-date

Fungsi penting jaringan komputer juga bisa membuat informasi yang diterima selalu up-to-date. Dengan jaringan komputer bisa mengakses kapan saja. Proses pengiriman informasi juga mudah dan cepat, jadi tidak perlu waktu yang lama.

7. Membagi Sumber Daya

Sumber daya ini bisa berupa printer atau sumber daya lain, seperti data-data, software. Sebelum adanya jaringan komputer, printer digunakan hanya untuk satu komputer saja. Namun setelah ada jaringan komputer, jadi bisa digunakan oleh berbagai komputer.

8. Reliabilitas Tinggi

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa fungsi jaringan komputer memungkinkan untuk mengkopi data-data ke lebih dari satu perangkat. Jika ada satu komputer rusak meskipun data-datanya hilang, tetapi data-datanya masih tersimpan di memory komputer lainnya.

9. Mempercepat Transfer data

Prose berbagi data jadi cepat karena transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagai data lainnya yang bukan jaringan. Hal ini juga sangat mempermudah user dalam memperoleh informasi.

Buku Jaringan Komputer Menggunakan Pendekatan Praktis yang ditulis Kukuh Nugroho bisa kamu jadikan referensi memahami fungsi jaringan komputer.

Terutama untuk siswa SMK kejuruan Teknik Jaringan Komputer atau mahasiswa yang mengambil mata kuliah jaringan komputer. Buku ini juga cocok bagi para network engineer yang ingin membuat konsep perencanaan jaringan.

Terutama yang berkaitan dengan mekanisme pengamatan, juga bagi para pembaca yang ingin mendalami ilmu tentang topologi jaringan komputer.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com