Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, Begini 6 Langkah dan Cara Membuat Surat Pribadi yang Tepat!

Kompas.com - 06/10/2022, 12:30 WIB
cara membuat surat pribadi Sumber: Gramedia.com cara membuat surat pribadi
Rujukan artikel ini:
Template Penulisan
Pengarang: SAHALA ARITONANG
|
Editor Rahmad

Surat adalah salah satu media komunikasi manusia melalui sebuah teks yang tertulis. Terdapat banyak sekali jenis surat, mulai dari surat resmi, surat dinas, sampai surat pribadi.

Surat pribadi adalah sebuah surat yang dibuat oleh seseorang yang berisikan tentang kepentingan pribadi seseorang. Biasanya, contoh surat pribadi ini membahas mengenai hal-hal yang personal atau yang dialami oleh penulis.

Menulis surat pribadi menjadi salah satu cara berkomunikasi yang banyak sekali digunakan sejak dulu hingga saat ini meskipun kini sudah ada internet. Apabila dulu menulis surat pribadi menggunakan tulisan tangan yang dibuat langsung sendiri, kini teknologi gadget bisa melaksanakan tugas menulis surat pribadi tersebut.

Surat pribadi adalah sebuah contoh surat yang ditulis oleh seseorang yang sifatnya tidaklah resmi. Contoh surat pribadi ini dapat menjadi sarana untuk berkomunikasi antar anggota keluarga, seperti komunikasi seorang anak dengan orang tuanya, anak dengan saudara kandungnya, antar kerabat, antar sahabat, antar teman, dan lain sebagainya.

Selain itu, contoh surat pribadi juga dapat disampaikan secara langsung kepada orang yang dituju. Akan tetapi, jika jarak antara penulis dengan orang yang dituju sangatlah jauh, maka dapat dikirim menggunakan pos atau sebuah layanan jasa kirim lainnya.

Tujuan Surat Pribadi

Surat pribadi mempunyai beberapa tujuan, di antaranya adalah:

  1. Surat pribadi bertujuan untuk berkomunikasi dengan orang yang dituju di dalam surat.
  2. Memiliki tujuan untuk menjangkau jarak orang yang menulis surat dengan orang yang dituju cukup jauh.
  3. Untuk membudayakan cara berkomunikasi dengan cara yang santun.
  4. Untuk menyampaikan sebuah perasaan atau gagasan dengan cara panjang lebar.

Cara Membuat Surat Pribadi

cara membuat surat pribadi cara membuat surat pribadi

Membuat contoh surat pribadi sangatlah mudah dibandingkan dengan menulis jenis surat yang lainnya. Untuk membuat contoh surat pribadi, kita hanya cukup merangkainya menggunakan unsur-unsur yang ada di dalam surat pribadi.

1. Menulis Tempat dan Tanggal Surat

Langkah pertama yang harus dilakukan saat menulis contoh surat pribadi adalah menuliskan tanggal dan tempat surat dibuat. Hal ini untuk menginformasikan kepada orang yang dituju oleh surat, kapan dan dimana surat pribadi ini dibuat.

2. Mencantumkan Nama dan Alamat yang Dituju

Setelah menulis tempat dan tanggal contoh surat pribadi dibuat, jangan lupa untuk mencantumkan alamat dari orang yang dituju. Hal itu berguna untuk menerangkan kepada siapa contoh surat pribadi tersebut dituju.

3. Menuliskan Salam Pembuka

Salam pembuka adalah sapaan awalan dari penulis kepada seseorang yang ditujunya di dalam contoh surat pribadi. Salam ini juga digunakan sebagai pembuka menuju kepada isi surat tersebut. Biasanya, salam pembuka pada contoh surat pribadi menggunakan kalimat sapaan nonformal serta menanyakan kabar dari orang yang dituju dalam surat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Menuliskan Isi Surat

Isi surat adalah unsur yang terpenting dalam surat pribadi. Contoh surat pribadi isinya dapat disampaikan dengan bebas, karena tidak ada aturan yang baku pada penulisan contoh surat pribadi.

Akan tetapi, menulis contoh surat pribadi tetap harus memperhatikan sopan santun atau etika dalam berbahasa. Isi surat pribadi disampaikan dengan jelas serta menggunakan Bahasa yang santun.

Isi surat pribadi sangatlah bervariasi karena sifatnya yang pribadi. Ada yang menggambarkan sebuah kabar tentang kondisi yang dialaminya saat ini, ada yang mengekspresikan sebuah perasaan dari penulis, ada pula yang menginformasikan tentang suatu hal yang sifatnya sangat pribadi, dan sebagainya.

5. Tulis Salam Penutup

Setelah kamu menyampaikan isi surat pribadi, jangan lupa untuk mencantumkan salam penutup untuk menutup isi surat tersebut. Biasanya salam penutup juga disertai dengan harapan penulis kepada orang yang dituju.

6. Cantumkan Identitas Pengirim

Pada akhir surat, cantumkanlah nama penulis. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai siapa yang mengirimkan atau pembuat dari surat pribadi tersebut.

Itulah 6 cara yang bisa kamu lakukan saat membuat contoh surat pribadi agar tidak salah dalam menuliskannya. Kamu juga bisa mempelajari cara penulisan jenis surat lainnya melalui buku Template Penulisan.

Buku ini bertujuan bagi kamu yang membutuhkan template penulisan surat yang berkaitan dengan persidangan, seperti surat kuasa, gugatan, jawaban, eksepsi, dan sebagainya antara kuasa hukum yang satu dengan kuasa hukum yang lainnya.

Di dalam buku ini dijabarkan pula tata cara penulisan surat yang diajukan kepada pengadilan dengan berpedoman pada Buku II Mahkamah Agung, Template Penulisan Penetapan/Putusan Pengadilan dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com