Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencari Topik Pembicaraan agar Tidak Berakhir Membosankan

Kompas.com - 20/08/2022, 13:00 WIB
Cara Mencari Topik Pembicaraan Sumber Gambar: Freepik.com Cara Mencari Topik Pembicaraan
Rujukan artikel ini:
How To Win Friends And…
Pengarang: Dale Carniage
|
Editor Ratih Widiastuty

Cara mencari topik pembicaraan yang mengasyikkan mutlak diperlukan jika ingin membangun sebuah percakapan yang seru dan tidak berakhir garing atau awkward.

Bagi sebagian besar orang, membangun sebuah percakapan yang seru dan menarik memang terbilang sulit, karena tidak semua orang lahir dengan bakat alami menjadi seorang pembicara.

Padahal, berbincang merupakan fondasi utama dalam membangun sebuah hubungan sosial dengan orang-orang di sekitar kita, sehingga topik pembicaraan yang menarik harus menjadi kunci utama untuk menciptakan obrolan yang mengasyikkan.

Topik obrolan yang menarik memang menjadi salah satu faktor yang membuat sebuah percakapan akan berjalan lancar, sehingga hubungan atau interaksi dengan orang-orang akan lebih mudah terjalin.

Selain itu, kemampuan mendengarkan pun harus diasah dan ditingkatkan, karena faktanya hampir sebagian besar orang sangat suka membicarakan diri sendiri.

Agar obrolan mampu berjalan dengan lancar dan mengasyikkan, kamu harus mampu mencari topik obrolan yang menarik supaya lawan bicara tidak merasa bosan saat berbincang-bincang denganmu.

Lalu, bagaimana cara mencari topik obrolan yang menarik dan menyenangkan? Simak jawabannya di bawah ini.

Cara Mencari Topik Obrolan

1. Membicarakan Isu-Isu yang Tengah Hangat

Agar obrolan bisa berjalan dengan lancar dan menarik, coba ajak membicarakan isu atau topik yang sedang banyak dibicarakan di media sosial, contohnya bisa tentang gaya hidup, politik, atau olahraga.

Biasanya berita-berita yang masih hangat dibicarakan oleh banyak orang mampu menjadi topik pembicaraan yang seru untuk diobrolkan.

Makanya, agar kamu tidak ketinggalan berita, selalu baca dan cari tahu tentang hal-hal apa saja yang sedang ramai dibahas.

Jika kamu tahu tentang perkembangan berita terkini, itu dapat dijadikan bahan obrolan yang bisa dikeluarkan ketika tengah berbincang-bincang.

2. Membicarakan tentang Buku

Jika kamu dan lawan bicara mempunyai hobi membaca buku, topik pembicaraan yang satu ini akan sangat cocok untuk diobrolkan, karena pastinya akan terasa nyambung dan mengasyikkan.

Cari tahu apa saja bahan bacaan yang paling digemari oleh lawan bicara agar bisa menyamankan diri.

Banyak sekali topik yang dapat kamu bicarakan tentang buku, seperti buku favorit, penulis, buku yang baru terbit, adaptasi buku ke wahana lain, hingga saling memberikan rekomendasi buku.

Sesama pembaca pastinya akan merasa seru sendiri ketika membicarakan buku sebagai topik obrolan.

3. Membicarakan Kondisi Satu Sama Lain

Setiap orang sangat suka membicarakan dirinya sendiri, sehingga ketika kamu mencoba memancing pembicaraan mengenai kondisi saat ini mengenai kehidupan lawan bicaramu, usahakan untuk menjadi seorang pendengar yang baik.

Berikan perhatian dengan cara cukup mendengarkan ucapannya tanpa perlu mengintervensi dengan nasihat maupun saran.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan menanyakan kabar lawan bicara, itu artinya kamu menaruh perhatian yang akan sangat berarti bagi mereka, sehingga obrolan pun dapat berjalan mengalir.

Sesekali, tak mengapa jika diri kita tidak menjadi pusat perhatian, karena dengan menjadi pendengar yang baik merupakan salah satu softskill yang sangat dibutuhkan.

4. Mengobrol tentang Film Terbaru

Siapa di dunia ini yang tidak suka nonton film? Pastinya hampir setiap orang akan menyukai hiburan visual yang menyajikan cerita fiksi ini, sehingga dapat kamu jadikan bahan obrolan yang dapat digunakan.

Apalagi kemunculan film-film baru kini sudah sangat masif dengan munculnya berbagai platform streaming.

Bicarakan film-film apa saja yang kini tengah menjadi box office sekaligus disukai banyak orang, karena pastinya film merupakan bahan obrolan yang tidak ada matinya.

Bicarakan hal-hal seperti para pemerannya, sutradara, hingga keseruan dari film itu sendiri.

5. Berbincang tentang Pekerjaan

Terakhir, topik obrolan yang tidak kalah seru dan menarik untuk dibahas ialah mengenai pekerjaan.

Ceritakan tentang pekerjaan yang sedang kamu geluti saat ini dan tidak lupa tanyakan pula profesi apa yang tengah dijalani oleh lawan bicara.

Biasanya dengan membicarakan tentang pekerjaan akan timbul obrolan yang mengarah pada suatu proyek kolaborasi, yang mungkin dapat mempertemukan dengan berbagai koneksi baru di bidang pekerjaan.

Tidak ada salahnya mencari tahu mengenai dunia kerja lawan bicara, yang mungkin saja dapat menjadi gerbang bagi kesuksesan kamu ke depannya.

Kelima topik obrolan ini dapat kamu jadikan bahan perbincangan yang pastinya tidak akan membuat lawan bicara bosan.

Namun, jika ingin memikat banyak orang agar mampu kamu jadikan teman, maka buku How to Win Friends and Influence People yang ditulis oleh Dale Carnegie dapat menjadi sumber ilmu pengembangan diri yang sangat berharga.

Buku klasik yang telah terbit berpuluh-puluh tahun yang lalu ini nyatanya masih sangat terasa relevan hingga saat ini, karena mempunyai dasar teori untuk menjalin relasi dengan sesamanya.

Banyak orang-orang yang telah membuktikan keampuhan dari isi buku yang terbilang fenomenal ini, karena hampir seluruh teori yang ditulis Dale Carnegie terbukti efektif dalam membangun dan memperkuat relasi.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera pelajari teori dalam membangun relasi dalam buku ini dengan cara memesan dan membelinya melalui Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com