Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Memiliki Circle Pertemanan yang Harus Kamu Tahu

Kompas.com - 01/03/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Young Adult: Anotasi Ekspetasi
Pengarang: DHARMAWATI CHEN
|
Editor Ratih Widiastuty

Selain keluarga, teman adalah sosok yang paling dibutuhkan dan terasa sangat penting keberadaannya sebagai bentuk support system yang selalu ada, baik di saat senang maupun susah, untuk menjadi tempat berbagi yang menenangkan.

Circle pertemanan yang tepat mampu menjadi pendorong semangat yang akan menambah kualitas hidup jadi jauh terasa lebih berarti, bermakna, dan memiliki tujuan yang menunjukkan kasih dan emosi terhadap satu sama lain.

Penting sekali untuk kamu mencari lingkungan circle pertemanan yang produktif, baik dari segi aktivitas fisik maupun tempat mencurahkan emosi, agar mampu membentuk karakter yang lebih berempati lagi terhadap sesama makhluk hidup.

Tidak bisa dipungkiri juga jika circle pertemanan yang sedang kamu jalin akan memengaruhi bagaimana karakter dan nasib kamu ke depannya, karena energi yang disalurkan dari pertemanan akan diserap oleh diri kamu sebagai bahan bakar dalam menjalani kehidupan.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mulai mempertimbangkan circle pertemanan yang tepat dan mendukung agar bisa mendapatkan manfaatnya, seperti lima manfaat circle pertemanan berikut ini.

5 Manfaat Circle Pertemanan

1. Pemberi Semangat dan Dukungan Emosional

Mempunyai circle pertemanan yang tepat bisa menjadi sumber semangat dan dukungan emosional yang dibutuhkan ketika sedang mengalami masalah atau mood yang down akibat gejolak kehidupan.

Circle pertemanan yang solid dan kokoh akan saling mendukung satu sama lain di saat sedang susah dan sedih, sehingga bisa memicu kamu untuk mendapatkan suntikan semangat untuk menatap kehidupan secara lebih positif dan optimis.

2. Memberikan Quality Time

Menghabiskan waktu bersama circle pertemanan yang produktif akan memberikan quality time yang tidak hanya menyenangkan secara emosi, tapi juga akan menjadi momen yang mampu mempererat hubungan antara satu sama lain.

Quality time yang dihabiskan bersama circle pertemanan akan membuat kamu dapat menghargai serta mensyukuri setiap waktu yang dijalani dengan melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat sebagai bentuk optimisme terhadap kehidupan.

3. Meningkatkan Kepribadian

Circle pertemanan yang positif secara tidak langsung juga mampu meningkatkan kepribadian kamu dengan menularkan perilaku positif mereka dengan setiap kebiasaan baik yang dilakukan.

Contohnya saat ada salah satu sahabat kamu dalam circle pertemanan yang sering melakukan street feeding terhadap kucing-kucing jalanan, secara tidak langsung kamu akan mulai merasakan empati yang muncul terhadap sesama makhluk hidup.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Mempermudah Mendapatkan Jalan Keluar Saat Ada Masalah

Pastinya tidak akan ada orang yang mampu menghadapi sebuah masalah secara sendirian karena beban yang akan dirasakan akan terasa lebih menekan dan menuntut sehingga hanya akan menimbulkan stres dan perasaan tidak aman.

Oleh sebab itu, kehadiran circle pertemanan yang produktif akan sangat membantu kamu dalam menemukan jalan keluar yang tepat untuk masalah yang sedang dihadapi, baik melalui berbagi perasaan, mendiskusikan solusi, hingga membantu secara langsung terhadap masalah tersebut.

5. Sumber Motivasi dalam Menjalani Kehidupan

Kehadiran circle pertemanan yang produktif mampu memunculkan motivasi untuk menjalankan segala sesuatunya secara lebih positif, karena energi yang disalurkan membawa kebahagiaan.

Dukungan dan perhatian yang diberikan oleh circle pertemanan akan mendorong kamu untuk merasa jauh lebih percaya diri, sehingga bisa menjadi sumber motivasi yang meningkatkan kualitas hidup.

Penting sekali untuk mendapatkan circle pertemanan yang produktif agar kamu bisa menjalankan kehidupan yang lebih positif dan optimis.

Sebagai bahan bacaan tentang circle pertemanan, novel berikut ini bisa menjadi pilihan karena memiliki cerita yang kuat dari segi pertemanan, yang mampu menginspirasi kamu untuk semakin mempererat hubungan dengan sahabat.

Novel Anotasi Ekspektasi yang ditulis oleh Dharmawati Chen menceritakan kisah persahabatan antara Vio, Erin, dan Mara yang saling melindungi dan peduli terhadap satu sama lain.

Tidak hanya menyoroti tentang persahabatan, novel ini juga mengupas permasalahan perihal asmara dan keluarga yang dialami oleh Vio, di mana ekspektasi biasanya tidak sesuai dengan realita yang terjadi.

Novel ini mempunyai kekuatan cerita yang bisa menghadirkan berbagai emosi sekaligus sumber inspirasi untuk lebih memahami dan peduli lagi terhadap persahabatan yang terjalin.

Novel Anotasi Ekspektasi bisa kamu beli dan pesan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com