Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyimak Kiprah Novel Asia di Kancah Asia dalam Festival Literasi Ruang Tengah 2022

Kompas.com - 31/07/2022, 09:29 WIB
Festival Ruang Tengah Dok Gramedia Pustaka Utama Festival Ruang Tengah
Rujukan artikel ini:
Going Offline
Pengarang: Desi Anwar
|
Editor Ratih Widiastuty

Kiprah Novel Asia yang Dibahas oleh Berbagai Penulis Kenamaan

Sebagai sesi terakhir festival literasi Ruang Tengah, Gramedia Pustaka Utama akan menyelenggarakan acara bertajuk “Dari Asia Untuk Asia” pada Minggu, 31 Juli 2022 pukul 14.00-16.00 WIB.

Dipandu host Nathalie Indry, acara ini akan diisi oleh narasumber terkait penerbitan buku-buku Asia di kancah Asia sendiri, seperti Wedha Stratesti, Foreign Rights Manager of Gramedia International, Desi Anwar, penulis dan jurnalis, Tatsuki Hirayanagi, international coordinator and publisher, Tran Thi Nga, Founder of Squirrel Rights Agency, dan Pinyada Lin, Corporate Planner at Jamsai Publishing.

Peserta dapat mengikuti acara secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting Cloud.

“Buku-buku Indonesia yang dapat diterbitkan di kancah Asia tidak terbatas pada tema tertentu.

Penerbit di Asia cukup terbuka dan punya banyak ketertarikan terhadap naskah-naskah yang berasal dari Indonesia. Mereka punya pertimbangan sendiri sesuai standar penerbitan masing-masing,” terang Wedha Stratesti, yang menangani penjualan rights buku-buku Gramedia ke luar negeri.

Di antara buku Indonesia yang telah masuk ke kancah Asia adalah Offline dan Growing Pains karya Desi Anwar, yang diterbitkan di Vietnam.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Desi Anwar akan bercerita tentang proses dan pengalamannya dalam menuliskan buku tersebut sehingga karyanya bisa dilirik oleh Vietnam. Selain itu, kita juga akan mendengarkan secara langsung pendapat narasumber dari Vietnam saat memilih buku tersebut sehingga mereka tertarik untuk menerbitkannya.

Para narasumber akan berbagi tentang tren-tren buku yang saat ini mendominasi dunia perbukuan di negara masing-masing.

Tren ini tentu dapat menginspirasi para penulis ketika menciptakan karyanya. Dari sini, penulis akan mengetahui kiat dan langkah apa saja yang perlu dilakukan sehingga karyanya dapat menembus kancah Asia.

“Tembus pasar Asia tentu punya benefit tersendiri bagi penulis. Ini akan membuka banyak peluang. Tak hanya sebatas memiliki pembaca yang luas, tapi juga kesempatan lainnya jadi lebih terbuka, seperti masuk dalam nominasi penghargaan internasional,” tambah Wedha Stratesti.

Melalui acara-acara festival Ruang Tengah yang telah digelar sejak Sabtu, 23 Juli 2022 lalu, para pembaca dan pegiat literasi Indonesia diharapkan dapat menggali banyak wawasan dari para penulis Asia yang hadir di festival ini. Informasi mengenai tiket dan program promosi buku-buku yang diperbincangkan dapat diakses melalui tautan https://promo.gramedia.com/ruang-tengah-membacaasia/.








Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com