Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Alasan Mengapa Matematika Tidak Akan Pernah Lepas Dari Kehidupan Sehari-hari Kita! Simak Informasinya!

Kompas.com - 19/07/2022, 15:30 WIB
matematika pixabay matematika
Rujukan artikel ini:
30 Solusi Unik Taklukkan Matematika
Pengarang: Risa Maulana Romadon, S.s,…
|
Editor Rahmad

Bagi sebagian orang mungkin ilmu matematika sangat sulit atau cenderung membosankan, tetapi sebenarnya di balik ilmu matematika banyak sekali manfaatnya. Bahkan hampir setiap manfaat dari belajar matematika bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, beberapa pekerjaan yang cukup menjanjikan juga membutuhkan kemampuan dalam bidang ilmu matematika.

Pada dasarnya, ilmu matematika sudah melekat dengan kehidupan seseorang, bahkan sudah ada sejak seseorang belum menempuh sekolah. Ketika masih kecil, tak sedikit orang tua yang sudah mengajarkan anaknya untuk mempekenalkan angka. Dari angka itulah, seorang anak sudah mulai mengenal apa itu matematika. Hal ini dapat terjadi karena matematika itu sendiri tidak bisa dilepaskan dari angka.

Barulah ketika seorang anak masuk sekolah, ilmu matematika diperkenalkan secara resmi. Saat di sekolah itu juga, para siswa akan diberikan teori-teori matemarika hingga cara berhitung.

Matematika yang selalu identik dengan angka dan berhitung ini sebenarnya bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Lalu kegiatan apa saja yang sering menggunaan ilmu matematika untuk menyelesaikannya?

Kegiatan yang Memerlukan Ilmu Matematika

Di bawah ini akan disebutkan beberapa kegiatan yang tidak bisa dilepaskan dari matematika.

1. Selalu Melekat dalam Kegiatan Jual Beli

Apakah kamu pernah menemani orang tua pergi ke pasar? Atau kamu sangat suka berbelanja? Benar sekali, kegiatan belanja akan memunculkan suatu transaksi jual beli yang di mana akan terjadi proses berhitung. Misalnya, seseorang akan membeli baju dengan harga 175 ribu rupiah dan kemudian membayarnya dengan 200 ribu rupiah, maka kembalian adalah 25 ribu rupiah (200.000 – 175.000).

Terlebih lagi, bagi seseorang yang sering sekali menawar ketika membeli sesuatu, pastinya harus pandai berhitung agar bisa mendapatkan barang yang bagus dengan harga yang relatif murah.


Baca juga: Rekomendasi Buku Rumus Matematika SD SMP SMA


2. Selalu Digunakan Pada Saat Membuat Suatu Benda

Selain digunakan untuk berhitung dalam transaksi jual beli, matematika juga digunakan pada saat mengukur suatu benda terutama pada saat membuat suatu benda atau membangun suatu bangunan. Untuk hal ini, dalam menghitung benda tidak boleh asal-asalan karena bisa membuat benda yang dibuat atau bangunan yang dibangun menjadi kurang bagus atau bahkan mudah sekali rusak.

Adapun yang biasa diukur dengan matematika biasanya menggunakan ukuran, seperti ukuran panjang, ukuran liter, dan sebagainya. Biasanya kelompok pekerja yang sering menggunakan matematika (membuat benda atau membangun ruang) adalah tukang bangunan, pembuat furniture, dan arsitek.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Selalu Digunakan Untuk Menimbang Berat

Bukan hanya untuk mengukur panjang saja, tetapi matematika bisa juga digunakan untuk mengukur berat, seperti menimbang berat telur, terigu, gula, dan sebagainya. Dengan adanya matematika, maka seseorang bisa menemukan takaran yang tepat terutama ketika ingin membuat adonan kue.

Dengan adonan yang sesuai takaran, maka bisa menghasilkan kue yang sempurna. Bahkan, kamu bisa menjual kue yang sudah jadi, siapa tahu aja kan banyak sekali peminatnya.

Contoh Bangun Ruang dan Bangun Datar yang Sering Kita Temukan

Pada saat masih SD, di dalam materi pembelajaran matematika ada yang namanya bangun datar dan bangun ruang. Ternyata, kedua bangun tersebut bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, contohnya apa saja yang termasuk bangun ruang dan bangun datar?

Contoh bangun datar yang ada di sekitar kita

Bangun datar merupakan suatu bangun yang tidak memiliki ruang dan bentuknya seperti persegi, persegi panjang, lingkarang, laying-layang, trapezium, dan sebagainya. Adapun contoh bangun datar yang ada di sekitar kira, seperti layang-layang, genteng rumah, ubin lantai, uang koin, pintu, dan lain-lain.

Contoh bangun ruang yang ada di sekitar kita

Setelah bangun datar, kini bangun ruang juga ada di sekitar kita. Bangun ruang merupakan suatu bangun yang memiliki ruang didalamnya. Beberapa bentuk bangun ruang, seperti kubus, balok, tabung, kerucut, dan lain-lain. Contoh bangun ruang yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti lemari, kulkas, bola, botol minu, bak mandi, dan sebagainya.

Di dalam matematika memang banyak sekali rumus, salah satunya rumus persamaan kuadrat. Akan tetapi, bukan berarti seseorang harus memahami setiap rumus matematika. Dengan kata lain, seseorang hanya perlu memahami dasar dari matematika itu sendiri, seperti berhitung (kali, bagi, tambah, dan kurang), memahami beberapa ukuran yang sering digunakan, (panjang, berat, dan liter), dan memahami bentuk bangun ruang serta bangun datar.

Demikian pembahasan tentang kegiatan serta contoh metamatika yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga setelah membaca artikel ini sampai habis, pengetahuan tentang matematika menjadi bertambah dan menjadi lebih semangat dalam belajar matematika.

Bagi para pembaca yang ingin memperdalam ilmu matematika yang dimilikinya, buku 30 Solusi Unik Taklukkan Matematika dapat menjadi salah satu solusi yang tepat! Dimana, buku ini menghadirkan cara-cara terbaik untuk belajar matematika agar lebih mudah dan menyenangkan. Tak hanya itu buku ini pun menghadirkan berbagai trik menarik tentang matematika yang bisa dipelajari oleh setiap anak.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com