Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Lulus Sekolah Tanpa Bayar SPP? Bisa! Ini Kiat Belajar untuk Mendapatkan Beasiswa

Kompas.com - 08/06/2022, 12:00 WIB
Cara Lulus Sekolah Tanpa Bayar SPP Sumber Gambar: Pexels.com Cara Lulus Sekolah Tanpa Bayar SPP
Rujukan artikel ini:
Cara Belajar Gue Bangeeeettt
Pengarang: Ibay Toyyibah, M.Pd
|
Editor Ratih Widiastuty

Cara lulus sekolah tanpa bayar SPP ialah dengan mendapatkan beasiswa, yang biasanya diberikan kepada siswa berprestasi, baik secara akademik maupun non akademik.

Salah satu jalan yang banyak ditempuh adalah secara akademik dengan meningkatkan nilai mata pelajaran agar bisa memperoleh beasiswa.

Belajar adalah kunci utama untuk bisa mendapatkan beasiswa dari pihak sekolah maupun swasta, yang biasanya memberikan beberapa persyaratan khusus, salah satunya ialah nilai mata pelajaran yang stabil dan prestasi akademik lainnya, seperti mengikuti olimpiade, lomba debat, atau lomba pidato.

Memang tidak mudah jika ingin mendapatkan beasiswa, karena dibutuhkan dedikasi dan usaha demi mempertahankan nilai dan mampu bersaing.

Biasanya, jika kamu sudah mendapatkan beasiswa di tahun pertama sekolah, untuk tahun-tahun selanjutnya beasiswa tersebut harus bisa dipertahankan agar bisa lulus sekolah tanpa bayar SPP.

Usahakan untuk selalu menemukan waktu dan cara belajar yang efektif agar tidak mengganggu aspek kehidupan lainnya.

Maka dari itu, cara belajar yang efektif mutlak harus diterapkan agar proses belajar yang kamu jalani tidak terlalu menekan dan memberikan pressure kepada diri sendiri, demi lulus sekolah tanpa bayar SPP.

Namun, bagaimanakah cara belajar yang efektif itu? Simak cara belajar yang efektif untuk mendapatkan beasiswa berikut ini.

Cara Belajar yang Efektif untuk Dapat Beasiswa dan Lulus Sekolah Tanpa Bayar SPP

1. Susun Target Belajar

Untuk dapat menguasai sebuah materi pelajaran, cobalah untuk menyusun target belajar dengan durasi waktu yang ditentukan untuk memahami sebuah materi.

Penting sekali untuk mempunyai target belajar agar kita tahu akan mulai dari mana dan apa yang ingin didapatkan dari target tersebut.

Jika target belajar sudah tercapai, maka tidak ada salahnya untuk memberi sedikit self reward bagi diri sendiri untuk semakin memotivasi kamu, agar bisa mencapai target belajar selanjutnya.

Maka ketika setiap target belajar memiliki rewards-nya sendiri, kamu akan merasa seperti mendapatkan challenge untuk segera menyelesaikannya.

2. Biasakan Belajar sebagai Kebutuhan

Ubah sudut pandang kamu tentang kegiatan belajar, dari hanya sekadar keperluan menjadi sebuah kebutuhan yang wajib hukumnya untuk segera dilakukan, tanpa ada perasaan tertekan sama sekali.

Contohnya seperti makan dan minum yang bisa kita penuhi tanpa harus perlu berpikir panjang, coba terapkan hal serupa pada kegiatan belajar agar bisa menjadi sebuah kebiasaan yang menyenangkan.

Mengubah mindset belajar adalah hal yang harus dilakukan untuk memudahkan kamu dalam fokus dan memahami setiap materi yang dipelajari.

Dengan cara ini pula, kamu akan merasa enjoy ketika harus belajar setiap harinya, karena kegiatan ini memang bukan suatu aktivitas yang menjadi beban.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Pilih Tempat Belajar yang Nyaman dan Tenang

Agar mampu fokus menyerap setiap materi yang dipelajari, kondisi tempat kita belajar haruslah mendukung dan kondusif, yakni tenang dan nyaman.

Carilah tempat yang tenang dan tidak bising agar kamu bisa lebih berkonsentrasi ketika belajar, sehingga mampu memahami setiap materi pelajaran.

Tidak lupa kenyamanan pun patut dipikirkan, mungkin dengan menyediakan makanan ringan dan minuman bisa menambah rasa nyaman saat sedang belajar.

Kamu bisa memilih tempat belajar, seperti kamar tidur, perpustakaan, hingga taman kota sebagai opsi pilihan yang tepat.

4. Usahakan untuk Mengerti, Bukan Menghafal Materi Pelajaran

Kebanyakan dari kita kerap berusaha untuk menghafalkan materi pelajaran tanpa memahami isi dan artinya sendiri, sehingga ilmu yang didapatkan akan terasa sia-sia saja karena hanya akan menempel sementara di otak.

Beda halnya dengan memahami setiap materi yang dipelajari, hal tersebut akan bisa kita pahami dan kuasai dalam waktu yang lama.

Maka dari itu, usahakan selalu untuk mampu memahami setiap materi yang dipelajari agar bisa belajar secara efektif.

5. Rangkum Pokok Materi Pembelajaran

Agar kamu mudah memahami setiap aspek dari materi pelajaran, cobalah untuk merangkum pokok materi dari setiap pelajaran, agar bisa membentuk cara belajar yang efektif dan efisien tanpa perlu membuang banyak waktu ketika melakukannya.

Dengan merangkum setiap pokok materi pelajaran, kamu akan dengan mudah memahami aspek dari setiap materi, tanpa perlu capek-capek mempelajari semuanya yang belum tentu juga masuk ke dalam otak.

Jika kelima cara ini masih belum mampu membantu kamu belajar secara efektif, maka buku berikut ini semoga bisa menjadi solusi yang pasti.

Buku Cara Belajar Gue Bangeeeettt karya Ibay Toyyibah, M.Pd ini adalah buku yang berisi cara efektif yang akan memberikan solusi untuk masalah belajar yang selama ini sering dialami oleh anak-anak.

Banyak sekali kesulitan belajar yang sering dialami oleh anak-anak, sehingga menghambat mereka dalam memahami materi pelajaran.

Buku ini akan membantu memberikan solusi dari masalah-masalah yang muncul ketika belajar.

Akan ada trik dan desain cara belajar yang pastinya sangat aplikatif untuk segera dipraktikkan, sebagai bantuan yang efektif untuk membantu belajar dalam memahami materi pelajaran.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com