Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Melanjutkan Pendidikan? Ini 7 Program Beasiswa Kuliah S1 di Indonesia yang Bisa Kamu Coba

Kompas.com - 16/03/2022, 10:00 WIB
Rujukan artikel ini:
Taklukkan Wawancara Beasiswa
Pengarang: RIZKI PUTRI REZNA HASSAN
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Semakin mahalnya biaya pendidikan saat ini masih menjadi hambatan bagi para siswa dan siswi yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Tapi sebenarnya, masalah ini sudah bisa sedikit diatasi dengan banyaknya lembaga dalam negeri yang menawarkan sejumlah program beasiswa, yang bisa membantu pada calon mahasiswa untuk mendaftar kuliah S1.

Secara umum, beasiswa memang menjadi salah satu sarana yang paling tepat dan bisa memberikan keuntungan terutama dalam mengatasi masalah keuangan.

Saat ini sudah banyak sekali jenis program beasiswa yang tersedia dengan kriteria dan ketentuan yang berbeda, misalnya beasiswa khusus untuk keluarga yang kurang mampu, atau ada juga program beasiswa jalur prestasi akademik maupun non akademik.

Dari beberapa program beasiswa yang bisa dipilih, ada dua jenis bantuan yang akan didapatkan, yaitu bantuan biaya secara penuh (beasiswa penuh), atau bantuan biaya sebagian (beasiswa parsial).

Penasaran apa saja contoh beasiswa S1 yang bisa kamu ikuti? Yuk, simak beberapa pilihannya berikut ini.

Program Beasiswa Kuliah S1 di Indonesia

1. Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah)

Kartu Indonesia Pintar ini merupakan program pengganti beasiswa Bidikmisi yang disediakan langsung oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi, tapi memiliki potensi atau prestasi dalam bidang akademik, dan mendapat rekomendasi langsung dari sekolah asalnya.

Jika kamu mendapatkan beasiswa ini, kamu akan menerima bantuan berupa bebas uang SPP sampai delapan semester, tunjangan buku, dan uang saku yang biasanya akan diberikan tiap semester.

Untuk nominal bantuan SPPnya pun dibedakan berdasarkan tingkat akreditasi universitas itu sendiri.

2. Tanoto Foundation

Setiap tahunnya, Tanoto Foundation selalu rutin menyediakan program Beasiswa Teladan bagi mahasiswa S1 yang berkuliah di salah satu perguruan tinggi yang menjadi mitranya.

Tanoto Foundation akan memberikan dukungan penuh bagi para mahasiswa yang memiliki prestasi dalam bidang tertentu, punya pengalaman berorganisasi, dan memiliki sikap kepemimpinan yang baik.

Bantuan beasiswa yang akan diberikan dalam program ini berupa gratis biaya kuliah selama delapan semester dan tunjangan biaya hidup lainnya.

3. Quipper Scholarship Award

Quipper Scholarship Award merupakan suatu ajang kompetisi tahunan yang terbuka bagi siswa-siswi se-Indonesia yang ingin memperebutkan kuota beasiswa dari berbagai perguruan tinggi swasta yang terkemuka, seperti Universitas Tarumanagara, Telkom University, PPM School of Management, Universitas Paramadina, dan masih banyak lagi.

Pada ajang QSA tahun ini, ratusan siswa Indonesia akan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh bantuan beasiswa senilai miliaran rupiah, yang akan diberikan dalam bentuk partial scholarship (beasiswa sebagian) hingga full scholarship (beasiswa penuh).

4. Beasiswa BCA

Sebagai salah satu bank swasta dengan pengguna terbesar di Indonesia, bank BCA juga rutin memberikan beasiswa kuliah S1 bagi siswa dan siswi lulusan SMA/SMK/sederajat yang berprestasi.

Bantuan beasiswa ini akan diberikan dalam bentuk Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Beasiswa Teknik Informatika (PPTI).

Kedua program ini akan dilangsungkan selama 2,5 tahun dan bertempat di BCA Learning Institute.

Penerima beasiswa BCA ini akan dibebaskan dari biaya pendidikan dan mendapat uang saku bulanan.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan berbagai fasilitas lain seperti laptop, asrama, shuttle bus, dan masih banyak lagi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bahkan setelah lulus pun, para penerima beasiswa ini juga punya kesempatan besar untuk bisa magang atau bekerja di BCA.

5. Beasiswa Aperti BUMN

Beasiswa ini disediakan oleh Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara yang akan diberikan kepada siswa dan siswi yang memiliki minat untuk berkuliah di salah satu perguruan tinggi mitra BUMN, seperti Universitas Pertamina, Telkom University, Institut Teknologi PLN, Universitas Internasional Semen Indonesia, dan masih banyak lagi.

Calon penerima beasiswa ini akan diseleksi berdasarkan nilai rapot, sertifikat penghargaan yang pernah didapatkan, dan wawancara online.

Jika berhasil diterima, para calon mahasiswa ini akan mendapatkan bantuan pendidikan secara penuh sampai masa studinya selesai atau sekitar delapan semester.

6. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Merupakan salah satu program beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa kurang mampu dan berprestasi, yang sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas yang berada di wilayah Indonesia Barat dan Tengah.

Untuk mahasiswa yang berkuliah di Indonesia Timur juga bisa mendapatkan bantuan melalui beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur.

Bantuan yang akan diterima oleh mahasiswa ini sebesar Rp5 juta per semester, dan bantuan biaya hidup sebesar Rp500.000 yang akan diberikan setiap bulan.

7. Beasiswa LPDP

LPDP merupakan program beasiswa yang dibiayai langsung oleh pemerintah Indonesia, yang pengelolaannya diurus oleh Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Beasiswa ini terbuka bagi siapapun yang ingin melanjutkan pendidikan, baik di tingkat S1, S2, maupun S3.

Pilihan universitasnya pun tersebar di dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk bantuannya sendiri, kamu akan mendapatkan berbagai keringanan seperti bebas biaya pendaftaran dan SPP per semester, dana tunjangan buku, uang saku, dan beberapa dana bantuan khusus penelitian dan publikasi jurnal.

Dari beberapa program beasiswa yang tersedia, banyak diantaranya yang menjadikan wawancara sebagai salah satu tahapan seleksi yang harus dijalani oleh para calon penerima beasiswa.

Terutama bagi kamu yang ingin mendaftar program beasiswa di kampus luar negeri, tes wawancara menjadi salah satu tahapan seleksi yang utama dan tidak boleh dilewatkan.

Untuk melatih kemampuan menjawab berbagai pertanyaan dalam wawancara beasiswa, kamu bisa coba belajar melalui buku Taklukkan Wawancara Beasiswa yang ditulis oleh Rizki Putri Rezna Hassan.

Seleksi wawancara memang sering menjadi tahapan yang menggagalkan langkah seseorang yang ingin mendaftar beasiswa, kebanyakan dari mereka yang gagal memang dinilai belum bisa memenuhi kriteria yang dicari oleh lembaga pemberi beasiswa tersebut.

Melalui buku ini, kamu akan menyadari bahwa seleksi wawancara tidak akan menjadi momok yang menakutkan jika kamu sudah mempersiapkannya dengan matang.

Jadi, buku ini akan mengajak kamu untuk belajar strategi dan cara untuk bisa memantapkan jawaban dari pertanyaan yang akan diberikan dalam wawancara beasiswa.

Setelah membaca buku ini, kamu diharapkan akan lebih siap dalam menghadapi dan menaklukan seleksi wawancara beasiswa sampai tuntas.

Untuk membaca buku ini lebih lanjut, kamu bisa membelinya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com