Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenalkan Afirmasi Positif pada Anak melalui Kalimat-Kalimat Ajaib

Kompas.com - 13/06/2022, 14:00 WIB
Buku Motivasi untuk Anak Aku Berprestasi Sumber Gambar: Dok. Bhuana Ilmu Populer Buku Motivasi untuk Anak Aku Berprestasi
Rujukan artikel ini:
Buku Motivasi untuk Anak Aku…
Pengarang: Helen Mortimer, Cristina Trapanese
|
Editor Novia Putri Anindhita

Afirmasi secara singkat berarti self-talk positif.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), afirmasi artinya penetapan yang positif.

Secara garis besar, meneguhkan atau menegaskan hal-hal yang positif dan ditujukan pada diri sendiri.

Melalui afirmasi, setiap orang ibaratnya “memasukkan” atau “menginternalisasi” hal-hal positif ke dalam dirinya.

Ketika seseorang berkata pada dirinya sendiri bahwa ia mampu melakukan suatu hal atau memiliki keahlian tertentu, secara bertahap kepercayaan dirinya akan bertambah hingga ia mampu mengatasi tantangan yang menghadang.

Kesalahan pun tak lagi dianggap semata-mata sebagai “cela” melainkan pelajaran untuk melakukan hal lain secara lebih baik di masa depan.

Afirmasi tak hanya bermanfaat untuk memotivasi anak, tetapi juga berpengatuh besar terhadap keadaan emosi dan perilaku mereka.

Anak-anak yang berpandangan positif umumnya tak hanya memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih baik, tetapi juga memiliki ketahanan yang lebih baik dalam menangani stres di masa depan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, tampak betapa pentingnya afirmasi bagi nilai diri kepercayaan diri, dan pengelolaan emosi tak hanya pada orang dewasa tetapi juga anak-anak.

Meski tampaknya kompleks, kita bisa mengenalkan konsep afirmasi ini pada anak lewat kalimat-kalimat sederhana, termasuk melalui buku cerita.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Seri Buku Motivasi untuk Anak adalah salah satu buku berkonsep afirmasi yang dapat dihadiahkan pada si buah hati.

Buku ini tersusun atas kalimat-kalimat sederhana yang dapat menumbuhkan emosi positif pada anak dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Dalam Buku Motivasi untuk Anak: Aku Berprestasi misalnya, disajikan beberapa topik bermuatan afirmasi seperti “Jadilah Diri Sendiri”, “Bercita-cita Tinggi”, “Tantangan”, “Belajar”, “Merancang”, “Berlatih”, “Bekerja Sama”, “Optimis”, “Pujian”, “Bangga”, “Percaya Diri”, dan “Berprestasi”.

Setiap topik pun dirinci lagi dengan kalimat-kalimat yang memotivasi anak dan bernada positif sehingga dapat menumbuhkan semangat mereka.

Contohnya, dalam topik “Jadilah Diri Sendiri”, berisi kalimat yang menjelaskan bahwa semua orang itu berbeda, dan untuk bisa berprestasi, pertama-tama, kamu harus menjadi diri sendiri.

Atau dalam topik “Belajar” yang disajikan dalam kalimat “Jangan pernah takut melakukan kesalahan,” dan “Saat terjadi kesalahan, hal itu akan menjadi pelajaran bagi kita untuk melakukan sesuatu secara lebih baik pada kali lainnya.”

Seluruh kalimat dalam buku ini sifatnya tidak bertele-tele, bahkan berhasil disampaikan tanpa menggurui dan sesuai dengan “suara” anak-anak.

Terdapat juga section Glosarium serta “Sepuluh Ide Bermanfaat dari Buku Ini” pada halaman akhir yang menjelaskan tentang cara menggunakan dan memanfaatkan buku seefektif mungkin.

Seri Buku Motivasi untuk Anak ini bisa Anda dapatkan secara online di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com