Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tingkatan Wibu dalam Menggemari Anime, Ada di Posisi Berapakah Kamu?

Kompas.com - 12/05/2022, 11:00 WIB
Rujukan artikel ini:
Mob Psycho 100 01
Pengarang: One
|
Editor Novia Putri Anindhita

Mendengar istilah wibu mungkin sudah tidak terasa asing lagi di telinga, sebab biasanya kata ini akan langsung diasosiasikan dengan seseorang yang teramat sangat menyukai kebudayaan Jepang, salah satunya ialah anime.

Kebudayaan Jepang memang bisa menjadi sebuah fenomena yang menginvasi seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia sendiri, di mana beragamnya kebudayaan Jepang mampu menghipnotis banyak orang untuk menikmati dan menyukainya.

Salah satu kebudayaan Jepang yang paling banyak digemari adalah anime atau serial animasi Jepang.

Biasanya, anime juga diadaptasi dari sebuah manga yang terlebih dahulu fenomenal dan disukai oleh banyak orang, sehingga tak lengkap rasanya jika tidak diangkat ke dalam bentuk anime yang jauh tampak lebih nyata.

Kehadiran para wibu inilah yang semakin menghidupkan industri anime.

Namun, tahukah kamu, jika wibu sendiri merupakan suatu tingkatkan dari penggemar anime?

Ternyata, ada tingkatkan tertentu sebagai penggemar anime yang menentukan apakah kamu sudah menjadi wibu atau justru kamu ada di tingkatan lain dengan sebutan atau istilah lainnya.

Daripada penasaran, berikut delapan tingkatan penggemar anime yang perlu kamu ketahui.

8 Tingkatan Wibu dalam Menggemari Anime

1. Newbie

Dalam tingkatan ini, biasanya penggemar anime hanya mempunyai pengetahuan yang awam tentang anime yang mereka tonton.

Di tingkatan ini, para newbie masih dalam level normal karena baru mengetahui beberapa judul anime populer saja, seperti One Piece, Naruto, Dragon Ball, Attack on Titan, dan lain sebagainya.

2. Anime Lovers

Di tahap ini dapat dikatakan penggemar anime mulai mengetahui banyak judul-judul anime lainnya, sehingga tidak hanya tahu judul-judul anime populer saja.

Selain itu, biasanya mereka juga terkadang sudah mulai menghafal nama tokoh dan alur cerita dari judul-judul anime tersebut meskipun baru mencoba.

3. Otaku

Nah, di tingkatan ini, penggemar anime sudah masuk ke tahap fans berat anime dan manga.

Saking mencintai anime, mereka bahkan rela menghabiskan waktu berdiam diri di rumah saja hanya untuk sekedar menonton anime.

Bahkan, saking mencintai anime dan manga, mereka sampai lupa waktu untuk bersosialisasi karena sudah merasa nyaman diam di rumah saja.

4. Otamega

Otamega berada satu tingkat dari otaku yang bisa dikategorikan lebih candu lagi terhadap anime, sehingga setiap harinya mereka rela membaca manga atau menonton anime seharian.

Bahkan karena saking sering dan intensnya menonton anime, banyak dari mereka yang harus menggunakan kacamata karena penglihatannya yang jadi kurang tajam.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Nikijon

Di tingkatan ini, penggemar anime bukan hanya suka terhadap anime itu sendiri, tapi sudah beralih terobsesi dengan karakter yang ada dalam anime tersebut.

Mereka bahkan sampai rela berdandan mirip dengan karakter anime dan sering berkhayal jika seandainya menjadi karakter tersebut.

6. Hikikomori

Tingkatan ini boleh dibilang sudah masuk tahap ekstrem dari seorang penggemar anime, karena hampir seluruh waktu yang mereka punya hanya untuk membaca manga, menonton anime, atau bermain video game seharian penuh.

Maka, tidak ada waktu sama sekali untuk bersosialisasi dengan orang-orang di luar dunia mereka.

7. Weeaboo

Weeaboo alias wibu masuk ke dalam kategori penggemar anime yang bukan hanya sekadar suka terhadap anime itu sendiri, tapi juga sangat menyukai dan terobsesi terhadap negara asalnya, Jepang.

Para weeaboo ini bahkan sampai bertingkah mirip dengan orang Jepang, mulai dari cara berbicara, berpakaian, hingga gaya hidup.

8. Wapanesee

Di tingkatan terakhir ini, penggemar anime sudah memasuki tahap yang paling maksimal karena kecintaan mereka terhadap budaya Jepang sudah mencapai persentase 100%.

Bahkan, saking terobsesinya, mereka sering berdelusi mengenai Jepang.

Jadi, ada di tingkatan manakah kamu sebagai seorang penggemar anime?

Untuk melengkapi rasa cinta kamu terhadap anime, komik yang satu ini rasanya akan sangat cocok untuk dibaca.

Komik Mob Psycho 100 akan memberikan sensasi cerita manga yang unik dan menarik dengan style gambar yang berbeda.

Manga ini bercerita tentang Shigeyo Kageyama atau yang biasa dipanggil dengan Mob, yang mempunyai kekuatan cenayang sejak masih kanak-kanak.

Kekuatannya tersebut bisa membawa petaka jika tidak mampu dikuasai dengan benar.

Maka dari itu, Mob sering menutupi kekuatannya tersebut agar tidak menimbulkan petaka dan hanya menggunakannya untuk hal-hal yang krusial saja.

Selain itu, Mob juga merasa menjadi sosok yang aneh dan berbeda karena kekuatannya tersebut.

Komik Mob Psycho 100 bisa langsung kamu beli dan pesan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com