Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Menjadi Wibu Bagi Kamu yang Tertarik untuk Menjadi Ras Terkuat di Bumi

Kompas.com - 13/02/2022, 16:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Lc : Attack On Titan…
Pengarang: Hajime Isayama
|
Editor Almira Rahma Natasya

Saat ini, istilah wibu sudah menjadi istilah umum yang diketahui oleh banyak orang.

Namun jika kamu belum mengetahui apa itu wibu, wibu merupakan sebuah ungkapan atau julukan yang diberikan kepada seseorang yang menyukai, atau bahkan terobsesi dengan budaya Jepang, meskipun mereka bukanlah warga negara Jepang dan tidak tinggal di Jepang.

Wibu sering kali dikatakan sebagai ras terkuat di bumi, karena mereka bisa bertahan dan tetap percaya diri menjalani hobi yang mereka sukai, meskipun memiliki stigma yang kurang baik di mata masyarakat dan sering kali dicap sebagai pribadi yang aneh serta senang berhalusinasi.

Hal-hal tersebut tidaklah benar, bahkan sebaliknya.

Seorang wibu biasanya memiliki beberapa kelebihan, seperti memiliki kepribadian yang humoris, memiliki pengetahuan-pengetahuan unik dari komik yang mereka baca atau dari anime yang mereka tonton, serta jago berbahasa Inggris dan juga bahasa Jepang.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui dan bergabung ke dalam ras ini karena memiliki gebetan atau pacar seorang wibu, berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang wibu.

Cara Menjadi Wibu

Pada dasarnya, kamu bisa menjadi seorang wibu dengan menggeluti hobi yang berkaitan dengan kebudayaan Jepang.

Kegiatan-kegiatan menyenangkan yang bisa kamu nikmati sebagai hobi baru, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Menonton Anime

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk terjun ke dalam dunia wibu adalah dengan mengikuti dan menonton serial anime atau film animasi yang tidak bersambung.

Terdapat berbagai macam genre anime yang bisa kamu nikmati, mulai dari action, romansa, komedi, fiksi sains, fantasi, thriller, dan masih banyak lagi, yang bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu.

Kamu juga bisa memulai dengan menonton anime-anime yang sedang populer dan ramai dibicarakan saat ini, seperti Attack on Titan, Demon Slayer, Jujutsu Kaisen, Haikyuu, The Promised Neverland, Made in Abyss, dan lain-lain.

Selain itu, kamu juga bisa melihat daftar anime-anime terpopuler sepanjang masa melalui website My Anime List dan memilih kategori Top Anime.

Anime Jepang cenderung memiliki durasi yang lebih singkat dibandingkan dengan drama atau sinetron, yaitu berkisar antara 20 – 25 menit yang membuat kamu jadi lebih mudah dan lebih cepat untuk menyelesaikan satu seriesnya.

Dengan berbagai cerita menarik, menghibur serta mendebarkan yang disuguhkan, tidak akan sulit bagi kamu untuk jatuh cinta dan terobsesi dengan anime-anime Jepang ini.

2. Membaca Manga

Selain menyukai anime, biasanya para wibu juga senang membaca komik Jepang, atau yang biasa disebut dengan manga. Ketahui pula, perbedaan antara wibu dan otaku.

Kelebihan dari wibu yang juga suka membaca manga dibandingkan dengan wibu yang hanya menikmati anime saja adalah mereka sudah mengetahui jalan cerita dari anime yang baru akan dirilis.

Hal ini disebabkan karena banyak sekali anime yang merupakan cerita orisinal dari sebuah manga populer yang kemudian diangkat menjadi animasi.

Oleh karena itu, jika ada anime yang baru akan dirilis, biasanya mereka sudah membaca manganya terlebih dahulu dan terkadang dengan usil senang menebar spoiler atau bocoran cerita.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain untuk mencari daftar anime-anime terpopuler, kamu juga bisa menggunakan website My Anime List untuk melihat daftar manga-manga terpopuler melalui kategori Top Manga.

3. Mengikuti Event Jejepangan

Festival Jepang atau yang biasa disebut dengan J-Fest merupakan sebuah acara yang bisa menjadi wadah di mana wibu-wibu bisa berkumpul dan menikmati kebudayaan Jepang bersama.

Event Jejepangan ini biasa diadakan di tiap-tiap kota dan diselenggarakan di mal atau bahkan di wilayah kampus.

Universitas yang memiliki jurusan atau program studi Sastra Jepang biasanya secara rutin mengadakan festival Jepang tiap tahunnya.

Festival Jepang ini biasanya diramaikan dengan stan-stan yang menjual berbagai merchandise unofficial dari karakter-karakter anime atau manga, dan juga stan-stan yang menjual makanan-makanan khas Jepang, seperti sushi, onigiri, takoyaki, okonomiyaki, dan lain-lain.

Selain itu, biasanya juga terdapat wibu-wibu yang melakukan cosplay dengan mengenakan kostum untuk menyerupai karakter atau tokoh anime tertentu.

Jika kamu tertarik, kamu boleh meminta izin untuk berfoto bersama dengan mereka.

Nah, itulah ketiga cara yang bisa kamu lakukan bila kamu ingin menjadi seorang wibu.

Meskipun memiliki stigma negatif di mata masyarakat, namun menjadi seorang wibu bukanlah suatu hal yang buruk untuk dilakukan selama tidak mengganggu kegiatan dan kehidupan sehari-hari.

Hal ini dikarenakan menjadi wibu sebenarnya sama saja dengan hobi-hobi lain yang juga dimiliki oleh kebanyakan orang.

Salah satu manga paling populer saat ini yang bisa kamu baca untuk terjun ke dalam dunia wibu adalah seri Attack on Titan yang ditulis oleh Hajime Isayama.

Manga yang dalam bahasa Jepang berjudul Shingeki no Kyojin ini menceritakan mengenai sebuah dunia di mana umat manusia telah dibantai sejak berabad-abad yang lalu oleh makhluk-makhluk mengerikan menyerupai manusia yang disebut Titan.

Umat manusia yang tersisa pun lalu membangun tembok-tembok raksasa yang menjadi tempat mereka hidup dan bersembunyi dari serangan para Titan di luar sana.

Namun di tengah ketenangan yang telah mereka lalui selama bertahun-tahun, muncul Titan Kolosal raksasa yang entah datang dari mana, menghancurkan Dinding Maria yang merupakan dinding terluar untuk menghadang para Titan.

Seketika itu juga, kengerian dan keputusasaan melanda umat manusia yang selama ini telah hidup dengan aman dan tentram di dalam tembok.

Namun hal ini tidak berlaku pada Eren Yeager, yang sebaliknya, memiliki ambisi yang kuat untuk membunuh para Titan dan membalaskan dendam atas kematian ibunya, Carla.

Kamu bisa mendapatkan seri manga Attack on Titan ini dengan mudah melalui di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan untuk koleksi banyak manga dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com