Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Menarik Dalam Komik Jurnal Mukai Usagido

Kompas.com - 02/11/2021, 15:35 WIB
Sumber Foto : Pixabay
Rujukan artikel ini:
Jurnal Mukai Usagido 01
Pengarang: HISA TAKANO
Penulis Adisti
|
Editor Ratih Widiastuty

Latar Belakang Jurnal Mukai Usagido

Pada Era Meiji (23 Oktober 1868 – 30 Juli 1912), Jepang sedang gencar-gencarnya melakukan modernisasi demi mengejar kemajuan negara-negara Barat.

Mereka menyerap berbagai budaya asing demi membangun negeri, juga menyingkirkan semua hal yang berbau ganjil.

Salah satu kebijakan modernisasi adalah dibuatnya Undang-Undang Antiokultisme untuk mengawasi segala sesuatu yang berhubungan dengan hal mistis.

Sampai saat itu manusia dan siluman telah hidup berdampingan, namun sekarang manusia berpikir bahwa takut tanpa alasan kepada makhluk yang tak dapat dijelaskan adalah hal yang bertentangan dengan peradaban.

Akan tetapi, sebuah toko peminjaman buku bernama Mukai Usagido diam-diam menyembunyikan buku-buku tentang makhluk gaib yang dianggap melawan arus perkembangan zaman.

Salah satu alasannya adalah karena sang pemilik toko dapat melihat siluman!

Itulah premis komik Jurnal Mukai Usagido karya Hisa Takano, yang judul aslinya “Mukai Usagido Nikki”.

Komik pendek berjumlah delapan jilid ini telah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo sejak Februari 2021 sebanyak 2 jilid.

Mengambil unsur sejarah dan supernatural, komik ini cocok sekali untuk penggemar kisah slice of life bertema siluman Jepang yang ringan namun tetap bertabur misteri.


Baca Juga: Arti Moodboster


Resensi Jurnal Mukai Usagido

Pemilik Mukai Usagido adalah seorang pria muda bernama Iori Tozaki, yang mengelola toko tersebut agar orang-orang tidak melupakan para makhluk gaib.

Namun, bukan hanya itu yang dia sembunyikan dari pihak berwenang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Iori bisa melihat makhluk gaib, bahkan tinggal bersama beberapa siluman, yaitu Gin, si nekomata alias siluman kucing dan Chiyo si gadis tanuki, alias siluman anjing rakun.

Ada juga Narikama, siluman periuk berusia ratusan tahun yang nantinya ikut tinggal di sana karena tertarik akan jati diri Iori.

Atas ulah iseng Gin yang “mengiklankan” Mukai Usagido sebagai tempat penampungan para siluman yang bermasalah, toko tersebut kemudian memiliki fungsi rahasia sebagai tempat konsultasi siluman.

Berbagai siluman pun berkunjung ke Mukai Usagido untuk meminta bantuan atas masalah mereka, mulai dari siluman bunga, hantu seram, ikan terbang, roh penurun hujan, dan masih banyak lagi.


Baca Juga: Model Rambut Pria


Akan tetapi, bukan hanya siluman yang datang ke sana. Polisi dari Biro Pengawasan Okultisme yang melakukan razia ke seluruh penjuru kota mendengar kabar burung bahwa Mukai Usagido menyimpan buku-buku mistis.

Berkat tindakan sigap Chiyo, Iori berhasil mengelabui mereka, tapi para polisi tersebut masih menyimpan rasa curiga.

Selain kucing-kucingan dengan pihak berwenang dan pemecahan masalah pribadi para siluman lucu, komik ini juga dipenuhi misteri mengenai para tokohnya.

Penyebab Iori memakai penutup di mata kanannya, kenapa dia bisa melihat siluman, juga masa lalunya masih menjadi tanda tanya.

Begitu juga dengan seluk-beluk Biro Pengawasan Okultisme dan para anggotanya. Kisah berbalut misteri ini akan membangkitkan rasa penasaran sekaligus menenangkan pikiran karena gaya penceritaannya yang santai.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com