Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Buku Grit, Ketika Bakat Bukan Menjadi Satu-satunya Faktor Penentu Kesuksesan

Kompas.com - 10/05/2022, 16:00 WIB
Review Buku Grit Sumber Gambar: instagram.com/fahrirasihan Review Buku Grit
Rujukan artikel ini:
Grit: Kekuatan Passion dan Kegigihan…
Pengarang: Angela Duckworth
|
Editor Almira Rahma Natasya

Banyak orang yang mengira jika untuk mencapai sebuah kesuksesan, faktor yang paling berpengaruh ialah bakat alami, sehingga saat seseorang tidak mampu meraih kesuksesan, hal tersebut dirasa karena tidak mempunyai bakal alami di suatu bidang.

Akibat stigma dan prasangka tersebut, banyak orang yang mulai merasa pesimistis ketika tidak mampu meraih tujuan yang mereka inginkan, sehingga perasaan rendah diri pun langsung menguasai karena sepertinya sudah tidak ada harapan lagi untuk memiliki bakat.

Namun, ternyata bakat bukanlah satu-satunya faktor yang bisa menentukan keberhasilan atau kesuksesan seseorang, sebab ada faktor lain yang mampu mengantarkan kita pada kesuksesan, yaitu ketabahan.

Jika kamu memiliki kekuatan passion dan kegigihan, niscaya ketabahan akan muncul di dalam diri.

Agar ketabahan mampu hadir di dalam diri, diperlukan waktu yang tidaklah sebentar, karena diperlukan proses yang lama dan panjang untuk bisa menumbuhkan ketabahan, yang akan membawa kamu ke dalam sebuah pencapaian puncak.

Meskipun terdengar sulit, tapi jika kita yakin dan memiliki komitmen yang kuat, ketabahan akan muncul dengan sendirinya di dalam diri kita.

Semua pembahasan mengenai ketabahan ini pun bukan hanya isapan jempol belaka, sebab sudah ada penelitian yang dilakukan oleh Angela Duckworth tentang ketabahan yang menjadi salah satu faktor penentu dalam meraih kesuksesan.

Semua penelitian, wawancara, dan eksperimen yang dilakukan oleh Duckworth ia tulis dalam buku Grit: Kekuatan Passion + Kegigihan.

Buku Grit: Hasrat dan Kegigihan yang Menghasilkan Ketabahan

Menurut Duckworth, ketabahan ialah hasrat serta kegigihan yang dimiliki oleh setiap individu ketika mengerjakan sesuatu.

Duckworth juga berpendapat jika orang-orang yang memiliki ketabahan cenderawasih akan jauh lebih sukses dibandingkan orang-orang yang memiliki bakat alami, namun tidak diiringi dengan ketabahan.

Demi mendapatkan hasil yang pasti, Duckworth melakukan berbagai macam penelitian untuk mengukur keterlibatan faktor ketabahan dalam menentukan sebuah kesuksesan seorang individu.

Contohnya seperti para tentara yang mampu bertahan dalam kamp pelatihan di West Point, yang secara khusus dibuat skala ketabahan untuk mengukur seberapa tabah mereka.

Dari penelitian tersebut, Duckworth memperoleh kesimpulan jika ketabahan memiliki dua komponen utama, yaitu hasrat dan kegigihan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Mungkin banyak orang yang bersemangat jika berhubungan dengan hasrat, tapi sangat jarang sekali ada yang mampu bertahan dan gigih untuk menjalaninya.

Antusiasme itu umum, namun daya tahan itu langka.

Maka bisa disimpulkan untuk meraih sebuah kesuksesan, faktanya bukan hanya membutuhkan bakat alami, tapi juga ketabahan yang biasanya terasah akibat hasrat dan kegigihan.

Di mana untuk mampu bertahan dan konsisten dalam suatu hal ternyata amatlah sulit, tapi jika kita mampu melakukannya dijamin kesuksesan adalah hasil akhirnya.

Review Buku Grit

Buku ini akan memberikan pandangan baru yang penting dan bermanfaat, bagi kamu yang selalu merasa rendah diri saat tidak mampu mencapai kesuksesan, hanya karena soal bakat alami yang tidak dimiliki.

Angela Duckworth mampu mematahkan stigma jika bakat alami adalah segala-galanya dalam meraih kesuksesan, karena pada kenyataannya, ketabahan pun tidak bisa diremehkan perannya dalam mencapai kesuksesan dan kebahagiaan.

Melalui riset dan wawancara dengan beberapa teladan ketabahan, Duckworth bisa menghadirkan sebuah pemahaman baru tentang faktor lain yang turut serta dalam menentukan sebuah kesuksesan dan kebahagiaan.

Bakat alami mungkin memang penting perannya dalam mencapai kesuksesan, tapi jika tidak dibarengi dengan ketabahan, maka hasilnya akan sia-sia belaka.

Namun, perlu dicatat juga jika ketabahan bukan satu-satunya faktor psikologis yang menentukan sebuah kesuksesan, karena kesuksesan juga ditentukan oleh berbagai faktor lainnya, seperti intelegensi, bakat fisik, kecerdasan emosional, imajinasi, kontrol diri, kehati-hatian, dan kewaspadaan.

Akan tetapi, ketabahan mempunyai arti atau peran khusus dalam mencapai sebuah kesuksesan.

Buku ini rasanya akan sangat cocok dibaca untuk kamu yang selalu merasa pesimistis dalam memandang masa depan dan kebahagiaan, sebab tidak peduli apa pun latar belakang kamu, kesuksesan ialah milik semua orang yang mempunyai ketabahan di dalam diri mereka.

Buku Grit dapat kamu pesan dan beli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com