Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Suka Ilmu Hitung? Berikut Daftar Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

Kompas.com - 21/04/2022, 18:00 WIB
Jurusan kuliah yang tidak ada matematika Sumber Gambar: Pexels.com Jurusan kuliah yang tidak ada matematika
Rujukan artikel ini:
Kitab Suci Kuliah
Pengarang: Andhika Putra Sudarman
|
Editor Ratih Widiastuty

Jurusan kuliah yang tidak ada matematika dalam mata kuliahnya, sepertinya bisa menjadi incaran yang tepat untuk kamu yang tidak begitu menyukai ilmu hitung, yang biasanya memang cukup memeras otak dengan berbagai rumus yang harus diingat.

Kabar baiknya, kamu bisa terlepas dari matematika saat memasuki bangku kuliah, sebab bisa dibilang cukup banyak jurusan kuliah yang tidak ada matematika di dalamnya, sehingga kamu bisa menikmati mata kuliah lainnya, tanpa harus melibatkan rumus dan buku matematika di dalamnya.

Jurusan kuliah yang tidak ada matematika biasanya didominasi oleh rumpun ilmu sosial, seni, dan bahasa, yang menekankan kamu pada aspek ilmu hafalan yang biasanya akan jauh lebih mudah dipelajari untuk kamu yang memang kurang begitu bisa menikmati matematika.

Apa saja jurusan kuliah yang tidak ada matematika di dalam mata kuliahnya?

Berikut daftar jurusan yang akan menghindarkan kamu dari mata kuliah matematika selama menimba ilmu di bangku kuliah.

Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

1. Seni

Wajar saja jika tidak ada matematika di dalam mata kuliah pada jurusan ini, sebab fokus utama jurusan ini lebih kepada seni tari, seni rupa, hingga seni lukis yang semuanya lebih menekankan teknik ketimbang rumus.

Jika kamu memilih untuk masuk ke jurusan seni, maka mata kuliah yang akan kamu pelajari ialah seni rupa murni, teknik reproduksi, teori seni, sketsa, seni ilustrasi, manajemen seni rupa, seni lukis, filsafat seni, seni grafis, sejarah seni rupa, dan lain sebagainya.

2. Sastra dan Bahasa

Sama seperti jurusan seni, sastra dan bahasa juga tidak mengharuskan adanya matematika di dalam mata kuliahnya, karena boleh dibilang tidak ada korelasi sama sekali antara matematika dengan bahasa, sehingga wajar saja jika jurusan kuliah ini tidak memasukkan matematika dalam kurikulum pendidikannya.

Mata kuliah yang akan kamu temukan di jurusan ini antara lain penyuntingan, filsafat ilmu pengetahuan, tata bahasa baku, filsafat bahasa, sintaksis, penulisan kreatif sastra, kajian puisi, kejurnalistikan, pragmatik, dan lain sebagainya.

3. Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi merupakan pembelajaran yang mempelajari proses penyampaian pesan dengan efektif dari komunikator kepada komunikan lewat berbagai media yang ada.

Banyak sekali ilmu yang akan kamu dapatkan jika memilih jurusan ini, seperti komunikasi interkultural, periklanan, hingga interaksi media sosial.

Selain absennya matematika di jurusan ini, kamu akan menemukan mata kuliah lainnya, seperti pengantar ilmu komunikasi, public speaking, teori komunikasi, komunikasi antar pribadi dan kelompok, komunikasi massa, komunikasi organisasi, psikologi komunikasi, dasar-dasar jurnalisme, dan masih banyak lagi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Ilmu Hukum

Ilmu hukum merupakan pembelajaran yang mempelajari berbagai jenis sistem hukum yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat.

Akan ada banyak ilmu tentang hukum yang akan kamu peroleh di sini, antara lain hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum perdata, hingga hukum internasional.

Selain ketidakhadiran matematika di dalam mata kuliahnya, kamu akan menemukan mata kuliah lainnya, yaitu pengantar ilmu hukum, pengantar hukum Indonesia, hukum adat, hukum lingkungan, perancangan peraturan perundang-undangan, etika dan profesi hukum, hukum Islam, dan lain sebagainya.

5. Hubungan Internasional

Hubungan internasional berhubungan erat dengan usaha suatu negara dalam menghadapi tantangan internasional, misalnya perkara keamanan, tidak seimbangnya perdagangan dunia, hingga kemiskinan lewat kerja sama antar negara.

Terdapat beberapa mata kuliah yang akan kamu temui jika memilih jurusan ini, yakni ilmu politik, pengantar ilmu hubungan internasional, hubungan internasional kawasan, teori-teori hubungan internasional, politik internasional, ekonomi politik internasional, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa jurusan kuliah yang tidak ada matematika dalam mata kuliahnya, yang dapat menjadi alternatif pilihan untuk kamu yang tidak begitu menyukai ilmu berhitung.

Namun, sebelum memutuskan untuk memilih jurusan kuliah yang mana, mungkin buku yang satu ini bisa menjadi sumber motivasi untuk menyemangati kamu nantinya selama menjalani proses perkuliahan.

Buku Kitab Suci Kuliah yang ditulis oleh Andhika Putra Sudarman berisi tentang tips dan cara menjadi seorang mahasiswa yang “sukses” dalam menjalani proses perkuliahan yang mungkin pada awalnya menyulitkan.

Sesuai dengan judul bukunya, buku ini memang bisa dibilang sebagai kitab suci bagi para mahasiswa yang ingin sukses dan lancar ketika berkuliah karena pastinya akan ada faktor-faktor yang timbul sebagai halangan dan rintangan selama menjadi seorang mahasiswa.

Pembahasan yang ditulis dalam buku ini dikemas dengan cara yang ringkas dan ringan, tapi tidak menghilangkan esensi dan tujuan dari buku ini sendiri, yaitu membimbing kamu menjadi seorang mahasiswa yang sukses.

Buku Kitab Suci Kuliah bisa kamu dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com