Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Soshum Apa Saintek? Simak Perbedaan dan Jurusan yang Ada di Dalamnya

Kompas.com - 24/12/2021, 09:05 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Bank Soal UTBK SBMPTN SOSHUM…
Pengarang: Tim Tentor Kreatif
|
Editor Ratih Widiastuty

Saat pertama kali akan memasuki dunia perkuliahan, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih jurusan kuliah, yang boleh dibilang tidak mudah karena memerlukan pertimbangan dan alasan yang kuat sebab akan sangat berpengaruh terhadap masa depan.

Jangan pernah meremehkan atau asal ketika akan memilih jurusan kuliah sebab jika kamu salah memilih jurusan, pada akhirnya malah malas dan tidak betah.

Taruhannya adalah proses kuliah yang terganggu dan malah menambah masalah baru.

Oleh karena itu, dibutuhkan pemikiran yang matang dengan pertimbangan yang kuat baik menurut diri sendiri ataupun orang-orang terdekat agar ada masukan yang bisa membantu kamu dalam mengambil keputusan.

Terdapat dua kelompok jurusan yang akan sangat berpengaruh terhadap pilihan jurusan yang akan kamu ambil, yaitu IPS Sosial dan Humaniora (Soshum) dan IPA Sains dan Teknologi (Saintek).

Kamu tentunya harus memahami apa saja materi yang akan masuk dalam ujian pada setiap kelompok tersebut untuk membantu kamu dalam meraih jurusan yang diimpikan.

Berikut perbedaan dan jurusan yang ada dalam kelompok Soshum dan Saintek.

Perbedaan Antara Soshum dan Saintek Beserta Jurusannya

1. Soshum

Apabila saat SMA kamu masuk ke kelas IPS, baik bahasa maupun ilmu sosial, Soshum bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu untuk memasuki dunia perkuliahan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Banyak sekali jurusan yang bisa kamu ambil dengan peluang kerja yang menjanjikan, seperti:

  • Administrasi Bisnis: setelah lulus kuliah kamu dapat membuka bisnis sendiri atau bekerja di kantor dan perusahaan yang akan menjanjikan pengalaman kerja yang menantang.
  • Ekonomi Pembangunan: jurusan ini bisa mencakup berbagai pekerjaan secara luas di sektor ekonomi, seperti perpajakan, bisnis, hingga akuntan karena mata kuliah yang diajarkan begitu beragam.
  • Hukum: jurusan yang satu ini menjadi paling difavoritkan oleh banyak orang karena memiliki prospek kerja yang menjanjikan, seperti pengacara, jaksa, hingga konsultan.
  • Psikologi: banyaknya orang yang semakin aware terhadap kesehatan mental membuat prospek kerja jurusan yang satu ini terlihat cerah dan menjanjikan.
  • Sastra Inggris: kemampuan dalam berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris akan sangat diperlukan dalam dunia kerja yang semakin global.

2. Saintek

Sementara untuk yang masuk ke kelas IPA saat SMA, Saintek bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memasuki dunia perkuliahan dengan berbagai jurusan yang ditawarkan.

  • Kedokteran: bisa dibilang jurusan kedokteran adalah pilihan sejuta umat yang mengikuti ujian UTBK Saintek, karena memang profesi seorang dokter teramat sangat diperlukan.
  • Farmasi: saat lulus nanti profesi sebagai apoteker, konsultan, hingga peneliti bisa menjadi pekerjaan yang menjanjikan.
  • Keperawatan: kuliah di jurusan ini menjanjikan profesi yang tidak kalah dibutuhkan, sehingga bisa menjadi pilihan yang menjanjikan.
  • Agroteknologi: setelah lulus nanti akan ada banyak peluang profesi yang bisa dilakukan, karena Indonesia sendiri merupakan negara agraris.
  • Teknik pertambangan: lulusan dari jurusan ini akan mempunyai pekerjaan yang menantang dan menjanjikan, apalagi industri pertambangan selalu banyak diminati.

Bisa dibilang, peluang pekerjaan atau profesi yang ditawarkan oleh Soshum terkesan lebih banyak dan luas, tapi pilihan profesi dari Saintek pun tidak kalah menarik.

Kini semua keputusan ada di tangan kamu, pikirkan secara matang dan mendalam agar tidak menyesal di kemudian hari.

Dua buku berikut ini bisa menjadi alat bantu bagi kamu dalam menjalani ujian UTBK saat SBMPTN nanti, yaitu Bank Soal UTBK SBMPTN SOSHUM 2022 dan Bank Soal UTBK SBMPTN SAINTEK 2022.

Kedua buku ini menyajikan paket lengkap, mulai dari kisi-kisi, paket soal, hingga tes kepribadian sesuai dengan pilihan kelompok ujian yang kamu pilih dan ikuti.

Kamu bisa belajar dengan soal-soal prediksi SBMPTN yang merupakan hasil riset oleh tim yang memprediksi soal SBMPTN tahun 2022.

Kedua buku ini serta buku-buku SBMPTN lainnya yang sangat informatif tersedia di Gramedia.com dan bisa segera kamu beli di sana.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com