Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Buku Quotes Bagi Kamu yang Sedang Butuh Bacaan Ringan

Kompas.com - 27/04/2022, 11:12 WIB
Rekomendasi buku quotes Sumber Gambar: Freepik.com Rekomendasi buku quotes
Rujukan artikel ini:
Nanti Kita Cerita Tentang Hari…
Pengarang: Marchella Fp
|
Editor Novia Putri Anindhita

Reading slump merupakan suatu kondisi di mana kamu mengalami perasaan malas atau kejenuhan yang membuat kamu jadi tidak bisa fokus ketika sedang membaca buku.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan membaca buku yang ringan dan tidak terlalu panjang.

Membaca buku quotes yang berisikan kutipan-kutipan pendek bisa menjadi solusi yang pas bagi kamu yang ingin mengembalikan semangat dalam membaca buku.

Selain bisa menjadi langkah awal untuk keluar dari reading slump, kutipan-kutipan yang ada di dalam buku juga sering kali mampu menggambarkan perasaan yang tengah kamu alami dan bisa membuat kamu tersentuh.

Berikut adalah beberapa rekomendasi buku quotes yang bisa menjadi referensi bagi kamu yang sedang mencari bacaan ringan.

4 Rekomendasi Buku Quotes sebagai Bacaan Ringan

1. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) – Marchella FP

Siapa yang tidak mengenal buku populer dan telah diangkat ke layar lebar yang satu ini?

Melalui buku ini, kamu akan bertemu dengan wanita berusia 27 tahun yang sekaligus adalah seorang ibu bernama Awan.

Nama itu dipilih sebagai harapan bahwa awan akan selalu memiliki cara untuk menjaga dan menghibur bumi beserta isinya.

Namun, tidaklah mudah untuk menjadi seseorang seperti yang diharapkan oleh ibunya.

Baginya menjadi sebuah bohlam yang bisa menerangi dan memberikan kehangatan dalam sebuah ruang yang kecil sudah menjadi hal yang cukup.

Awan kemudian menulis surat yang ditujukan kepada anaknya untuk dibaca di masa depan nanti.

Surat-surat itu berisikan kutipan-kutipan mengenai memori, kegagalan, tumbuh, patah, kehilangan, bertahan, menunggu, dan semua ketakutan yang dirasakan oleh manusia pada umumnya.

Kutipan-kutipan yang dekat dengan keseharian ini bisa menjadi nasihat serta motivasi bagi kamu dalam menjalani hidup yang dipenuhi oleh ketidakpastian.

Buku yang dilengkapi dengan ilustrasi menarik yang digambar langsung oleh Marchella ini telah banyak menyentuh hati para pembacanya melalui pesan-pesan yang disampaikan di dalam buku.

2. #About Love – Tere Liye

Bagi kamu penggemar karya-karya Tere Liye, buku yang satu ini juga tidak boleh kamu lewatkan.

#About Love merupakan buku kumpulan kutipan tentang cinta terfavorit yang ditulis oleh Tere Liye.

Kata-katanya yang sederhana namun penuh dengan metafora akan dengan mudah membuat kamu jatuh hati dan merasa relate ketika membacanya.

Dengan cara yang unik, Tere Liye banyak menggambarkan cinta dengan analogi layaknya makanan, seperti ikan, lengkuas, rendang, dan lain-lain.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Menurut penulis, cinta merupakan sebuah kesempatan bagi seseorang untuk memahami banyak hal dan bisa menjadikannya lebih dewasa, lebih berani, serta bertanggung jawab.

Pesan-pesan yang disampaikan di dalam buku akan membuat kamu jadi semakin dewasa dan lebih memiliki pengertian dalam mencintai.

3. The Comfort Book – Matt Haig

Buku yang satu ini akan menjadi teman yang pas bagi kamu yang sedang mengalami masa-masa sulit dan merasa tidak percaya diri.

The Comfort Book berisikan kutipan-kutipan pendek dan buah pikiran dari Matt Haig yang telah menyelamatkannya dari masa-masa tidak menyenangkan ketika dirinya mengalami depresi.

Penulis berharap pesan-pesan yang ia sampaikan di dalam buku bisa bermanfaat dan membantu para pembaca untuk selalu memiliki harapan selama menjalani hidup dan mampu menerima diri apa adanya.

Dengan bahasa yang ringan dan menenangkan serta tidak terkesan menggurui, Haig akan mengajak kamu untuk bisa berteman dan menerima ketidakpastian dalam hidup agar kamu tidak lagi takut untuk menghadapinya.

Selain itu, layaknya seorang teman yang memberi nasihat, Haig juga akan meyakinkan betapa berharga dan bernilai diri kamu apa adanya, tanpa perlu memaksakan diri untuk berubah demi orang lain.

Menurut penulis, orang lain memanglah penting, namun tidak akan ada artinya bila harus menjadi seseorang yang bukan diri kamu hanya untuk menyenangkan mereka.

Penuturan dengan kata-kata yang lembut dan penuh pengertian akan membuat perasaan kamu menjadi hangat dan nyaman selama membaca buku ini.

4. Dear Tomorrow: Notes to My Future Self – Maudy Ayunda

Tidak hanya pandai berakting dan piawai dalam membawakan lagu, aktris dan musisi cantik yang satu ini ternyata juga memiliki bakat menulis yang patut diacungi jempol.

Dear Tomorrow merupakan kumpulan tulisan-tulisan pendek tentang menjadi diri sendiri, mimpi, cinta, dan mindset yang Maudy tujukan sebagai pengingat bagi dirinya sendiri di masa depan.

Melalui pesan-pesan yang dituangkan Maudy di dalam bukunya, kamu akan dibuat kagum dengan pemikiran seorang Maudy Ayunda yang sederhana tetapi juga ambisius untuk bisa terus memperbaiki diri dan menjadi individu yang lebih baik.

Banyak pelajaran berharga yang bisa kamu petik sekaligus menjadi motivasi untuk tidak pernah takut dalam bermimpi dan terus mengembangkan diri agar mampu menggapainya.

Maudy juga akan mengajak kamu untuk bisa lebih mencintai diri sendiri dan bagaimana kamu perlu menghindari orang-orang toxic yang memberikan pengaruh buruk dalam hidup kamu.

Tidak hanya kamu bisa mengenal sosok Maudy dengan lebih baik, namun buku yang begitu menginspirasi ini juga dapat menjadi teman yang akan mendorong kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Nah, itulah keempat rekomendasi buku quotes yang bisa menjadi bacaan ringan selama kamu mengalami reading slump.

Kamu bisa mendapatkan buku-buku quotes ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com