Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Light Novel, Buku Bacaan Ringan ala Jepang

Kompas.com - 17/11/2021, 10:16 WIB
Sumber foto: Pixabay
Rujukan artikel ini:
Light Novel Detektif Conan: Private…
Pengarang: Aoyama Gosho
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Dari banyaknya jenis buku bacaan buatan Jepang, apakah kamu tahu dengan light novel?

Mungkin masih ada dari kita yang tidak tahu, karena kebanyakan orang lebih familiar dengan Manga atau komik yang memang sangat berkaitan dengan Jepang.

Light novel ini sebenarnya sudah ada di Jepang sejak tahun 1970, tapi pada awalnya lebih sering disebut sebagai novel remaja atau novel fantasi, baru kemudian namanya diubah kembali menjadi light novel.

Bagi yang masih bingung, maksud light novel ini sendiri merupakan sebuah buku bacaan ringan atau novel ringan yang jumlah halamannya lebih sedikit dibandingkan novel pada umumnya.

Isinya juga sering disisipi beberapa ilustrasi gambar yang akhirnya membuat light novel ini digemari oleh semua kalangan, dari remaja sampai orang dewasa.

Disebut buku bacaan ringan atau novel ringan karena tema cerita yang diusung semuanya mudah dipahami seperti tema sekolah, kekuatan super, game, dan percintaan.

Hal ini karena tujuan awal pembuatan light novel adalah untuk menghibur para pembaca. Baca selengkapnya Rekomendasi Light Novel disini!

Nah, karena isi bukunya terdapat gambar-gambar ilustrasi, maka light novel ini sering membuat orang bingung dan kadang salah membedakan antara light novel dan komik, padahal keduanya memiliki beberapa perbedaan.

Isi Light Novel Isi Light Novel

Perbedaan Antara Light Novel dan Komik

Komik pada dasarnya adalah buku bacaan yang hampir seluruh halamannya berisi ilustrasi gambar, sementara light novel tetap berisi tulisan dalam paragraf dan ilustrasi gambarnya hanya sebagai pelengkap tulisan saja.

Dalam budaya Jepang, komik lebih tua dibandingkan light novel.

Bagi beberapa orang, komik lebih menarik secara isi karena full ilustrasi dan biasanya memiliki seri yang banyak, sehingga membuat orang tidak sabar menunggu seri berikutnya.

Saat ini penulis light novel masih menjamur di negara Jepang, sampai akhirnya ingin menerbitkannya di berbagai negara, seperti Indonesia.

Meski belum terlalu masif seperti komik, di Indonesia sendiri sudah lumayan banyak light novel yang diterjemahkan, beberapa diantaranya adalah karya Aoyama Gosho, seorang penulis Detektif Conan yang sudah lama sekali berkecimpung di dunia penulisan Manga dan light novel.


Baca juga: Rekomendasi Komik Attack On Titan

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium


Rekomendasi Light Novel yang Dibuat oleh Aoyama Gosho.

Detektif Conan: Private Eyes' Requiem

Buku ini mengisahkan tentang Conan beserta teman-temannya yang datang ke Miracle Land, sebuah tempat yang ditunjukan oleh klien sebagai tempat investigasi mereka.

Yang membuat cerita ini jadi menegangkan adalah karena ternyata jam tangan yang dipakai oleh Conan dan teman-temannya sudah dipasangi bom dan akan siap meledak jika mereka tidak menyelesaikan investigasinya dalam waktu 12 jam.

Conan yang merasa bertanggung jawab segera memulai investigasi agar misi mereka cepat berhasil, tapi di tengah perjalanan, ia bertemu dengan beberapa orang yang mencurigakan.

Siapa sebenarnya mereka dan apa kaitannya dengan misi Conan?

Detektif Conan: Magician of The Silver Sky

Di masa itu, ada satu permata bernama Star Saphire yang menjadi incaran banyak orang, permata itu milik seorang aktris Juri Maki.

Kaito Kid yang merupakan musuh Conan dan teman-temannya mengirimkan surat peringatan bahwa akan mencuri permata itu.

Saat sedang mengunjungi suatu pertunjukkan yang dihadiri oleh Juri Maki, Conan memergoki Kaito Kid yang sedang menyamar dan akhirnya terjadilah aksi kejar-kejaran yang intens demi melindungi permata tersebut.

Conan yang berhasil melindungi permatanya berusaha untuk mencari Kaito Kid menggunakan pesawat karena Kid berhasil kabur.

Di tengah perjalanan, Conan melihat peristiwa pembunuhan tepat di depan matanya dan membuatnya bimbang apakah akan tetap melanjutkan pencarian si buronan Kid atau menyelidiki motif pembunuhan yang sebelumnya dia lihat.

Detektif Conan: Captured in Her Eyes

Di suatu malam, sedang ada pesta yang mengundang banyak sekali anggota kepolisian, tapi pesta tersebut berakhir hancur karena tiba-tiba terjadi penembakan berantai pada beberapa anggota polisi.

Beberapa saat kemudian detektif Sato dan detektif Ran datang untuk menangkap pelaku, tapi detektif Sato tertembak saat sedang berada di toilet.

Ran yang merasa bersalah atas kejadian yang menimpa detektif Sato menjadi trauma dan tiba-tiba kehilangan ingatannya, sehingga membuatnya melupakan hampir seluruh kejadian dalam hidupnya.

Conan yang berteman baik dengan Ran berusaha untuk menyelamatkannya dari trauma sekaligus ingin segera menangkap pelaku pembunuhan yang tiba-tiba saja mengincar nyawa Ran, tapi bisakah Conan melakukan penyelidikan seorang diri?

Jika kamu masih penasaran dengan buku-buku ringan karya Aoyama Gosho lainnya, kamu bisa dengan mudah membelinya melalui online di Gramedia.com.

Selamat membaca!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com