Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Tahu Manfaat Istirahat yang Cukup dari Buku Mengapa Kita Tidur

Kompas.com - 08/03/2022, 16:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Mengapa Kita Tidur: Mengungkap Keampuhan…
Pengarang: MATTHEW WALKER
|
Editor Almira Rahma Natasya

Masih banyak di antara kita yang kerap mengacuhkan kebutuhan tidur karena kesibukan yang menuntut banyak perhatian, sehingga waktu untuk istirahat pun jadi berkurang dan terabaikan karena dampaknya yang tidak langsung terasa bagi tubuh.

Padahal, kebutuhan untuk tidur atau istirahat haruslah tercukupi, karena jika kamu mengabaikan sinyal tubuh yang meminta untuk segera istirahat, dipastikan berbagai penyakit akan hadir untuk menghantui.

Perlu dicatat juga jika waktu tidur yang tertunda tidak akan pernah bisa diganti ke waktu lain, sehingga semakin sering kamu kekurangan tidur, semakin banyak bahaya yang mengintai akibat waktu istirahat yang tak dapat digantikan di lain waktu.

Boleh dibilang, meskipun terlihat sebagai salah satu kegiatan yang kurang produktif, faktanya tidur mempunyai segudang manfaat yang baik untuk meningkatkan kualitas hidup secara menyeluruh dengan dampak yang terasa signifikan.

Maka dari itu, jangan pernah sekalipun menganggap remeh atau memandang sebelah mata akan kebutuhan tidur yang cukup agar kamu bisa terhindar dari berbagai macam penyakit serta mampu meningkatkan kualitas hidup secara jauh lebih optimal.

Buku Mengapa Kita Tidur yang ditulis oleh Matthew Walker akan menunjukkan beberapa manfaat tidur yang mungkin bisa lebih membuka mata kamu agar tidak menyepelekan lagi kebutuhan tubuh untuk beristirahat.

Manfaat Istirahat Cukup Berdasarkan Buku Mengapa Kita Tidur

1. Tidur Bagus untuk Kesehatan Otak

Tidak seperti yang tampak oleh mata, tidur ternyata bukan hanya ketiadaan kesadaran, tapi jauh lebih kompleks dari itu, yakni serangkaian tahapan yang aktif secara metabolik serta diperintahkan secara sengaja.

Banyak sekali fungsi otak yang dipulihkan dan sangat bergantung pada aktivitas tidur dengan berbagai tahapan tidur yang berbeda-beda, mulai dari tidur ringan NREM, tidur nyenyak NREM, dan tidur REM mampu memberikan manfaat yang berbeda bagi otak.

Maka, saat kamu kehilangan salah satu jenis waktu tidur tersebut, bisa berisiko menyebabkan kerusakan otak, sehingga akan sangat berbahaya jika kamu mengabaikan kebutuhan tidur hanya karena kesibukan yang tiada hentinya.

2. Bermanfaat bagi Kesehatan Psikologis

Tidur juga sangat bermanfaat untuk kesehatan psikologis, sebab mampu mengkalibrasi kembali sirkuit emosional di dalam otak yang memungkinkan kamu mampu melewati berbagai macam rintangan sosial serta psikologis di hari selanjutnya dengan kepala dingin dan tenang.

Mimpi yang tercipta saat sedang tidur juga memberikan manfaat yang baik, karena cairan neurokimia yang ada pada sistem aktivitas saraf mampu meredakan kenangan buruk dan menyakitkan yang bagus untuk kesehatan psikologis.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Oleh karenanya, tidur dan bermimpi memiliki keterikatan yang tidak bisa dipisahkan, baik dari segi aktivitas maupun manfaatnya yang sama-sama mampu meningkatkan kualitas diri kamu agar mampu menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi, khususnya berkaitan dengan kesehatan psikologis.

3. Bisa Memperkuat Imun yang Baik bagi Kesehatan

Tidur dapat memperkuat persenjataan sistem imunitas, membantu mencegah pertumbuhan sel-sel ganas, mencegah infeksi, serta mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.

Melalui tidur yang cukup, keseimbangan peredaran glukosa dan insulin dapat terjaga sehingga mampu mereformasi kondisi metabolisme tubuh agar bisa menangkal berbagai macam penyakit.

Durasi tidur yang cukup pun bisa menjaga pertumbuhan mikrobioma di dalam usus, tempat yang terkenal terkait gizi dan kesehatan.

Mulai sekarang, biasakanlah untuk memperhatikan kualitas dan kuantitas tidur yang kamu lakukan agar manfaat yang ditawarkannya bisa kamu terima dengan semaksimalnya mungkin.

Sedikit tips yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang cukup, biasakan untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya, agar durasi tidur bisa tercukupi dan manfaatnya dapat kamu rasakan.

Jangan membiasakan diri dengan bermain gawai sebelum memutuskan untuk terlelap karena biasanya bermain gawai hanya akan menyita waktu tidur kamu dan akhirnya kualitas dan kuantitas tidur pun berkurang.

Semoga saja manfaat tidur yang dijelaskan dalam buku Mengapa Kita Tidur ini bisa memotivasi kamu untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas tidur agar bisa terhindar dari segala macam penyakit.

Buku Mengapa Kita Tidur bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com dan selamat menggali ilmu baru seputar keampuhan tidur dan bermimpi.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com