Mengalami Insomnia, Pelajari Penyebab Tidur Tidak Tenang

Kompas.com - 24/11/2021, 16:00 WIB
Sumber Foto : Freepik
Rujukan artikel ini:
Waspada Susah Tidur : Seluk…
Pengarang: Prof. Dr. Dr. Anies,…
|
Editor Ratih Widiastuty

Apakah kamu termasuk orang yang sulit untuk tidur tenang atau kerap mengalami insomnia?

Gangguan tidur bisa dialami karena berbagai faktor yang memengaruhinya, sehingga menurunkan kualitas serta kuantitas tidur yang sebenarnya diperlukan oleh tubuh agar bisa tetap sehat.

Nahasnya, kita kerap abai dan cuek jika kebutuhan tidur tidak terpenuhi seakan-akan bisa diganti di lain waktu. Padahal, setiap waktu tidur yang hilang itu tidak dapat diganti sama sekali.

Istirahat mutlak dibutuhkan oleh tubuh tanpa ada alasan apa pun untuk mengurangi atau menghindarinya, maka diperlukan kemauan dan niat yang kuat untuk mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang tepat.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan mencari tahu akan penyebab dari gangguan tidur itu sendiri.

Apa Itu Insomnia?

Insomnia adalah gangguan kesehatan yang di mana penderitanya mengalami gangguan tidur, seperti kesulitan untuk tidur, tidak bisa tidur sama sekali, hingga tidur tidak tenang.

Selain dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, insomnia juga mengganggu mood, serta menurunkan energi saat kita menjalankan aktivitas sehari-hari.

Padahal kebutuhan untuk tidur rata-rata setiap manusia adalah 7 hingga 8 jam per hari, tapi karena insomnia, kebutuhan tidur ini kerap tidak tercukupi bahkan dengan kualitas tidur yang buruk.

Penyebab Tidur Tidak Tenang

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Kebiasaan yang tidak bisa dipungkiri oleh masyarakat saat ini adalah meminum kopi setiap hari dengan alasan agar tidak mengantuk saat beraktivitas.

Nyatanya, kebiasaan minum kopi yang berlebihan ini dapat memengaruhi kualitas tidur kita saat di malam hari, sehingga kuantitas tidur pun ikut berkurang.

Kafein sendiri memerlukan waktu 5 hingga 6 jam untuk dapat dilarutkan dalam tubuh, sehingga jika kita mengonsumsi kopi di sore atau malam hari sudah dipastikan tidur akan menjadi tidak tenang.

2. Stres atau Memiliki Beban Pikiran yang Berlebihan

Memang sudah menjadi sesuatu yang lumrah saat tuntutan dan tekanan dari kehidupan mengakibatkan stres yang memicu gangguan tidur.

Otak atau pikiran yang disibukkan dengan berbagai masalah membuat tubuh kesulitan untuk merasa rileks, sehingga bukan tidur nyenyak yang akan kita peroleh, tapi justru tidur yang tidak tenang dan mengganggu.

Perlu diwaspadai jika kecemasan yang memicu insomnia juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental, sehingga tidak bisa dianggap sepele karena bukan hanya tubuh saja yang dirugikan, namun mental pun terkena imbasnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Kurang Melakukan Aktivitas dan Berolahraga

Fisik yang tidak digerakkan sama sekali juga menjadi pemicu lainnya mengapa kita mengalami tidur yang tidak tenang di malam hari, karena tubuh tidak merasa lelah sama sekali.

Beraktivitas atau berolahraga setiap harinya mutlak diperlukan agar tubuh membutuhkan istirahat, sehingga rasa kantuk di malam hari akan cepat hadir jika tubuh merasa lelah.

Libur panjang atau saat pandemi seperti saat ini bisa menjadi pemicu berkurangnya aktivitas kita sehari-hari dan berisiko membuat tidur menjadi tidak tenang.

4. Meminum Alkohol Sebelum Tidur

Mengonsumsi alkohol di malam hari juga dapat menjadi penyebab mengapa tidur menjadi tidak tenang dan nyenyak.

Walaupun alkohol dapat memicu kantuk, tapi faktanya bisa mengganggu ritme sirkadian dalam tubuh yang mengatur metabolisme, imun, hingga kualitas tidur.

Perlu diingat agar kualitas dan kuantitas tidur bisa terpenuhi dengan baik, kita sebaiknya menghindari mengonsumsi alkohol sebelum tidur.

Rekomendasi Buku

Jika penjelasan di atas masih terasa kurang, kamu dapat membaca buku Waspada! Susah Tidur: Seluk Beluk Gangguan Tidur di Segala Usia yang ditulis oleh Prof. Dr. dr. Anies, M.Kes, PKK.

Untuk kamu yang sedang mengalami gangguan atau kesulitan tidur, buku ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk membantu kamu tidur lebih nyenyak.

Semua penjelasan dan penyebab dari gangguan tidur dibahas secara lengkap, ringkas, dan jelas di dalam buku ini, sehingga kamu akan dengan mudah memahaminya.

Tidak hanya itu, buku ini pun memberikan solusi yang pasti untuk kamu bisa tidur dengan lebih nyenyak dan tenang dengan kualitas dan kuantitas tidur yang cukup.

Dijamin buku ini dapat membuat tubuh kamu merasa lebih segar dan bugar, karena telah mendapatkan solusi untuk tidur yang nyenyak, berkualitas, dan cukup.

Kapan lagi kamu bisa mendapatkan ilmu sekaligus jalan keluar dari masalah gangguan tidur setelah membaca buku ini.

Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di dan masih banyak lagi buku-buku mengenai gangguan tidur yang dapat kamu cari di sana.


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.