Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lagi Malu Makan di Tempat Umum, Ini Cara Memakai Sumpit dengan Benar

Kompas.com - 04/03/2022, 14:19 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Lee Teuk Cooking Book
Pengarang: Lee Teuk
|
Editor Novia Putri Anindhita

Dengan semakin menjamurnya restoran atau tempat makan yang menyediakan menu makanan khas Asia Timur, seperti Cina, Jepang, dan Korea, sering kali membuat banyak orang tertarik untuk mencicipinya.

Namun, sumpit yang akrab digunakan sebagai alat makan di negara-negara tersebut bukanlah hal yang umum bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Tidak jarang keterbatasan dalam menggunakan sumpit ini membuat sebagian orang menjadi minder dan mengurungkan niatnya untuk makan di tempat umum karena malu jika dilihat oleh orang lain.

Jika kamu juga merasakan hal yang sama, berikut adalah tips-tips yang akan membantu kamu untuk bisa mahir dalam menggunakan sumpit.

Jangan sampai hanya karena tidak terbisa memakai sumpit, kamu jadi melewatkan untuk mencoba makanan-makanan yang lezat, seperti sushi, ramen, kimbap, jajangmyeon, dan masih banyak lagi.

Cara Memakai Sumpit dengan Benar

  1. Letakkan satu sumpit di antara ibu jari dan jari telunjuk, lalu seimbangkan pada jari manis
  2. Ambil sumpit kedua dan letakkan di antara ibu jari serta jari telunjuk, namun kali ini posisikan pada jari tengah
  3. Gunakan ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah untuk menggenggam sumpit kedua dengan lebih kuat
  4. Latih jari telunjuk dan jari tengah untuk membuka dan menutup sumpit kedua
  5. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk mengambil makanan
  6. Kamu pun berhasil menggunakan sumpit

Cara alternatif untuk langkah pertama, yaitu kamu bisa memegang sumpit layaknya kamu saat sedang menggenggam pensil untuk menulis.

Kemudian letakkan sumpit kedua di sela-sela ibu jari dan jari telunjuk, lalu sisipkan jari tengah di antara kedua sumpit tersebut.

Bagian sumpit yang bergerak untuk membuka dan menutup hanyalah sumpit bagian atas saja, sedangkan sumpit di bagian bawah tetap pada jari.

Selain cara menggunakan sumpit dengan benar, ada pula etika atau aturan penting yang perlu kamu perhatikan saat memakai alat makan yang satu ini.

Etika dalam Menggunakan Sumpit

1. Neburi-bashi

Istilah ini memiliki arti bahwa kamu tidak seharusnya menjilat ujung sumpit, karena hal ini merupakan gerakan tubuh yang tidak sopan.

2. Saguri-bashi

Jangan menggunakan sumpit untuk mengaduk atau mencari isi dari sup.

3. Watashi-bashi

Ketika kamu selesai makan, usahakan untuk tidak meletakkan sumpit di atas piring atau mangkok.

Kamu bisa menaruhnya di atas tatakan sumpit jika disediakan atau di samping piring.

Posisikan kedua sumpit secara sejajar dan berdampingan, jangan sampai kamu menyilangkannya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Sashi-bashi

Jangan menggunakan sumpit sebagai pengganti garpu dengan menusukkan sumpit ke makanan, meskipun jika makanan tersebut memiliki tekstur yang licin.

5. Jangan Menunjuk Orang dengan Sumpit

Hal ini merupakan aturan dasar dalam budaya Asia untuk tidak menunjuk orang dengan alat makan yang juga berlaku saat kamu menggunakan sumpit.

Nah, itulah cara memakai sumpit dengan benar beserta etika dan juga aturan penting yang perlu kamu ketahui saat menggunakan alat makan tersebut.

Agar kamu bisa semakin mahir dalam menggunakan sumpit, tentunya kamu perlu banyak berlatih untuk membiasakan diri dengan memakainya dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, mustahil jika kamu harus membeli makanan-makanan khas Asia Timur tersebut secara rutin karena harganya yang tergolong cukup mahal.

Dibandingkan membeli di luar, kamu bisa memasaknya sendiri di rumah dengan mudah melalui panduan yang dibagikan oleh Lee Teuk di dalam bukunya yang berjudul Lee Teuk Cooking Book.

Bagi kamu pecinta K-Pop pasti sudah tidak asing lagi saat mendengar nama yang satu ini.

Lee Teuk merupakan salah satu anggota dari boyband ternama, Super Junior, yang hobi dan juga pandai dalam memasak.

Melalui buku yang baru diterbitkannya di tahun 2021 lalu ini, Lee Teuk memberikan berbagai pilihan menu makanan yang praktis, termasuk beberapa makanan favoritnya yang bisa kamu masak sendiri dengan mudah di rumah.

Berkat pengalamannya saat menjadi pembawa acara di sebuah saluran televisi Korea Selatan bernama The Best Cooking Secrets, Lee Teuk belajar banyak tentang memasak dari para koki ahli yang hadir dalam acara tersebut, hingga ia bisa menghasilkan resep kreasinya sendiri.

Di dalam buku ini kamu akan mendapatkan lebih dari 70 resep masakan khas Korea yang dilengkapi dengan penjelasan step-by-step serta gambar pendukung sehingga mudah untuk diikuti dan juga dipraktikkan.

Selain menambah skill kamu dalam memasak, kamu pun bisa berlatih menggunakan sumpit saat menyantap makanan yang kamu sajikan dari resep yang dibagikan di dalam buku ini.

Kamu bisa mendapatkan buku Lee Teuk Cooking Book ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com