Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ciri-ciri Orang Bijaksana yang Dapat Kamu Contoh

Kompas.com - 10/02/2022, 15:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Mengatasi Masalah Besar dalam Hidup
Pengarang: Richard Carlson
|
Editor Almira Rahma Natasya

Kehidupan sering kali menyuguhkan berbagai kejadian yang tidak sesuai dengan ekspektasi kita selama ini, sehingga memunculkan permasalahan yang harus ditangani dan diselesaikan, baik secara fisik maupun emosi.

Biasanya, sebagai manusia kita kerap menyangkal atau menghindari berbagai macam masalah yang timbul dalam kehidupan melalui berbagai macam emosi negatif, seperti marah dan sedih yang hadir sebagai bentuk pertahanan diri.

Hal ini tentu saja masih terbilang wajar, sebab respon kita saat mendapatkan sinyal bahaya dari permasalahan yang hadir memancing insting mempertahankan diri.

Namun, tentunya ada cara yang jauh lebih baik dalam menyelesaikan permasalahan dalam hidup, yaitu menghadapinya dengan senyuman yang memang tidak semua orang bisa melakukannya.

Hanya orang-orang bijaksana yang mampu memandang masalah secara jernih dan terbuka.

Kebijaksanaan tidak dapat hadir begitu saja di dalam diri kita, sebab ada proses kehidupan yang membuat seseorang mampu menjadi pribadi yang bijaksana.

Penasaran apa saja ciri-ciri orang bijaksana? Simak enam ciri-ciri orang bijaksana berikut ini yang dapat kamu contoh di kehidupan sehari-hari.

6 Ciri-ciri Orang Bijaksana

1. Merencanakan Segala Sesuatunya dengan Matang Sebelum Mengambil Tindakan

Orang yang bijaksana biasanya mampu mengendalikan setiap permasalahan yang ada, sebab mereka selalu mempertimbangkan setiap langkah yang akan diambil sebelum menentukan tindakan yang tepat untuk dilakukan.

Orang yang bijaksana selalu mengedepankan logika dalam mengambil keputusan, sehingga mereka tidak terkesan terburu-buru maupun tertekan saat menghadapi masalah, sebab biasanya orang yang kurang bijaksana akan selalu tergesa-gesa dalam mengambil tindakan.

2. Mempunyai Pikiran yang Positif

Tidak bisa dipungkiri, jika orang yang bijaksana biasanya memang selalu berusaha untuk berpikiran positif ketika menghadapi segala macam problematika yang ada, sebab mereka yakin semua masalah pasti ada jalan keluarnya.

Pikiran yang positif dan terbuka sangat diperlukan dalam proses penyelesaian masalah.

Hal ini untuk meredam rasa cemas maupun takut.

3. Terbuka dengan Pendapat dan Kritikan dari Orang Lain

Orang yang bijaksana selalu mampu menerima opini dan kritikan dari orang lain, karena mereka merasa jika masukan ataupun pendapat yang diberikan bisa menjadi bahan pertimbangan dan pembelajaran dalam menghadapi konflik di kemudian hari.

Mereka juga percaya jika kritikan yang disampaikan bisa menjadi sarana untuk berkembang agar mampu menjadi pribadi yang jauh lebih baik.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Sosok yang Bertanggung Jawab

Saat masalah datang menghampiri, orang yang bijaksana biasanya tidak akan menghindar atau lari dari masalah tersebut, karena mereka memiliki rasa tanggung jawab yang besar untuk segera mencari solusi.

Kebijaksanaan biasanya memang menumbuhkan rasa tanggung jawab yang tinggi dalam kepribadian seseorang, sehingga tidaklah heran jika orang yang bijaksana dapat dipercaya omongannya, sebab mereka akan selalu mempertanggungjawabkan setiap keputusan yang mereka ambil.

5. Tidak Mudah Tersinggung

Jangan harap kamu bisa menanam rasa dendam pada orang yang bijaksana, sebab mereka biasanya merupakan sosok yang tidak mudah tersinggung saat dikonfrontasi oleh orang lain karena pola pikirnya yang memang sudah sangat dewasa.

Orang-orang yang bijaksana akan selalu memaklumi dan mengambil hal-hal yang positif dari setiap omongan atau tindakan negatif yang orang lain lakukan terhadap mereka.

6. Mampu Mengatur Emosi dan Memiliki Tingkat Kesabaran yang Tinggi

Orang yang bijaksana memiliki tingkat kecerdasan emosi yang tinggi, sehingga mereka mampu mengatur emosi dengan teramat sangat baik, seperti tidak mudah marah, mampu mengendalikan kecemasan, hingga meredam kesedihan.

Tidak hanya itu, orang yang bijaksana pun mempunyai tingkat kesabaran yang tinggi, karena mereka mampu mengatur emosi dengan baik.

Keenam ciri-ciri orang bijaksana ini bisa kamu contoh sebagai bahan pembelajaran dalam menjalani dan menghadapi berbagai rintangan dalam kehidupan.

Tapi, jika kamu memerlukan bahan bacaan yang dapat membantu untuk menyelesaikan permasalahan besar dalam kehidupan, buku yang satu ini bisa menjadi bacaan yang tepat.

Buku Mengatasi Masalah Besar dalam Hidup yang ditulis Richard Carlson akan memberikan sudut pandang yang kaya dan bermakna akan kehidupan yang memang penuh dengan pergolakan masalah.

Richard Carlson tidak hanya memberikan solusi untuk menghadapi masalah kecil, tapi di dalam bukunya kali ini, ia akan menunjukkan bagaimana cara bersikap dalam memandang serta menghadapi masalah besar dalam hidup.

Beberapa contoh masalah besar dalam kehidupan yang dibahas di sini adalah memperkuat kesabaran, berdamai dengan masa lalu yang buruk, selalu optimis, menghadapi kedukaan akibat kehilangan seseorang yang disayangi, hingga mengatasi permasalahan finansial.

Buku Mengatasi Masalah Besar dalam Hidup bisa kamu beli di Gramedia.com dan selamat menjadi orang yang lebih bijaksana dalam menghadapi masalah.

Selain itu, juga ada gratis voucher diskon yang dapat kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Klik di sini untuk segera dapatkan gratis vouchernya!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com