Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Ditentukan dari Usia, Begini Cara Menjadi Dewasa dan Bijaksana

Kompas.com - 31/01/2022, 16:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Kupikir Segalanya Akan Beres Saat…
Pengarang: KIM HAENAM DAN PARK…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Menjadi dewasa adalah sebuah proses yang membutuhkan banyak tahapan serta waktu yang panjang untuk bisa mencapainya.

Seperti yang sudah kita ketahui, kedewasaan merupakan sesuatu yang tidak bisa diukur hanya dari usia.

Walaupun kamu sudah menginjak usia 18 tahun, kamu belum tentu disebut sebagai orang yang dewasa.

Memiliki kedewasaan dari segi pemikiran dan tindakan akan sangat berpengaruh terhadap cara kamu memandang sesuatu dan bisa membantu kamu untuk mencapai kesuksesan.

Tapi sayangnya, masih banyak orang yang punya sifat kekanak-kanakan dan sulit untuk bersikap dewasa, sehingga membuatnya sulit untuk diterima di lingkungannya.

Hal ini mungkin karena tidak semua orang mengerti apa yang harus ia lakukan untuk bisa bersikap dewasa dalam berbagai hal.

Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi orang yang lebih dewasa dan bijaksana, yang bisa kamu praktekkan mulai sekarang.

5 Cara Menjadi Dewasa dan Bijaksana

1. Belajar Bertanggung Jawab dengan Diri Sendiri

Dalam hidup ini, kamu tidak selalu bisa mengontrol apa yang orang lain pikirkan dan perbuat pada diri kamu, tapi kamu selalu bisa mengontrol bagaimana caramu bersikap pada orang lain.

Menjadi orang yang dewasa berarti mengharuskan kamu untuk selalu belajar intropeksi diri dan memahami apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan kepada orang lain, karena hal ini adalah salah satu cara untuk bertanggung jawab kepada diri sendiri.

2. Belajar Mengendalikan Amarah

Orang yang dewasa dalam segi pemikiran pasti mengetahui bagaimana caranya untuk bisa mengendalikan amarah, dan tidak akan membiarkan emosi menguasai dirinya sendiri.

Walaupun semua orang berhak untuk marah jika merasakan sesuatu yang salah, tapi orang yang dewasa pasti sudah memikirkan tindakan apa yang harus dilakukan supaya situasinya tidak semakin memburuk.

Jadi, cobalah untuk bernapas dan berpikir dengan matang supaya kamu bisa lebih tenang dalam mengambil sebuah keputusan.

3. Mau Menerima Kritik dan Saran dari Orang Lain

Berinteraksi dan mendengarkan pendapat yang disampaikan oleh orang lain merupakan salah satu tanda bahwa kamu sudah mau belajar untuk menjadi pribadi yang dewasa.

Dengan selalu mau terbuka untuk menerima setiap kritikan dan saran dari orang lain adalah salah satu hal yang bijaksana untuk dilakukan.

Jadi, jangan pernah menganggap kritikan ini sebagai sesuatu yang menjatuhkan.

Mulai dari sekarang, kamu harus belajar untuk menerima kritikan dan berupaya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Berhenti untuk Menyalahkan Orang Lain

Walaupun jarang disadari oleh sebagian orang, tapi terlalu sering menyalahkan orang lain bukanlah sikap yang dewasa untuk dilakukan.

Jika kamu ingin menjadi orang yang lebih dewasa, kamu juga harus belajar bagaimana caranya untuk menahan emosi dan tidak mudah untuk menuding orang lain.

Kalau kamu sudah terlanjur menyalahkan orang lain, kamu harus segera menyadari kesalahan dan meminta maaf pada orang yang bersangkutan.

5. Mulai Menentukan Tujuan Hidup

Orang yang bisa berpikir dewasa pasti bisa mengetahui apa yang mereka inginkan dalam hidup, kemana mereka akan melangkah, dan bagaimana caranya untuk sampai pada tujuan.

Mulai dari sekarang kamu juga harus merenungkan dan merencanakan apa tujuan kamu dalam hidup ini.

Jika kamu sudah bisa menetapkan tujuan dalam hidup, kamu akan lebih fokus dalam menargetkan sesuatu dan melakukan berbagai aktivitas yang sesuai untuk bisa membantu mewujudkan impian kamu.

Walaupun tidak ditentukan dari segi usia, tapi sebagai manusia kita juga harus menyadari bahwa semakin lama usia kita akan semakin bertambah dan tidak ada lagi waktu untuk bermain-main seperti anak kecil.

Maka dari itu, menjadi dewasa adalah sesuatu yang mutlak untuk dimiliki dalam hidup ini.

Namun, menjadi dewasa merupakan sesuatu yang tidak mudah.

Kamu akan menemukan banyak hal yang mungkin tidak sesuai dengan ekspektasimu dan membuat kamu ingin menyerah.

Jika hal itu terjadi, kamu bisa mencoba untuk menenangkan diri dan membaca buku Kupikir Segalanya akan Beres Saat Aku Dewasa yang ditulis oleh Kim Haenam dan Park Jongseok.

Saat menulis buku ini, kedua penulis punya tujuan untuk menjadikan buku ini sebagai sebuah pedoman dan tali yang menghubungkan banyak jiwa yang mungkin belum siap untuk menjadi orang dewasa.

Buku ini akan memberikan kamu banyak sekali pengetahuan mengenai berbagai masalah yang biasa menimpa orang dewasa dan cara yang tepat untuk bisa menghadapinya.

Dengan membaca buku ini, kamu tidak akan merasa sendirian dan kamu juga bisa belajar untuk menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri.

Jika kamu penasaran dengan buku ini, kamu bisa membelinya dengan mudah melalui toko buku online di Gramedia.com.

Kamu juga bisa mendapatkan gratis voucher diskon di sini. Belanja banyak buku jadi lebih hemat!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com