Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Sikap Dewasa yang Sebenarnya? Berikut 4 Tanda Jika Kamu Sudah Memilikinya

Kompas.com - 18/01/2022, 18:22 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
You Do You: Discovering Life…
Pengarang: Fellexandro Ruby
|
Editor Ratih Widiastuty

Nyatanya, umur bertambah semakin tua tidak menjadi jaminan bahwa orang itu telah menjadi dewasa pula.

Tidak jarang orang-orang yang memiliki kedewasaan dalam usia justru masih bersikap kekanakan dan tidak mencerminkan kedewasaannya.

Hal ini disebabkan karena bertambahnya usia merupakan suatu hal yang tidak bisa kamu hindari, sedangkan untuk memiliki kedewasaan dalam bersikap merupakan sebuah pilihan yang harus disadari.

Oleh karena itu, kamu bisa memilih untuk tumbuh dan mulai mengembangkan sikap kedewasaan dalam diri atau mau terus bersikap seenaknya dan tidak berkembang, meskipun dengan umur yang semakin tua.

Jika kamu penasaran bagaimana sikap dewasa yang sebenarnya itu seperti apa, berikut adalah empat tanda jika kamu sudah memilikinya.

4 Tanda Kamu Memiliki Sikap Dewasa yang Sebenarnya

1. Kamu Mulai Memikirkan dan Menetapkan Masa Depan

Tanda paling umum yang biasanya dimiliki oleh seseorang ketika menginjak dewasa adalah kamu mulai memikirkan tentang masa depan dan bagaimana kamu akan menjalani hidup ke depannya.

Kamu mulai memikirkan ingin mengambil kuliah jurusan apa, ingin bekerja dalam bidang apa, atau keinginan dan cita-cita yang ingin kamu raih dalam beberapa tahun ke depan.

Kamu juga mulai memilih untuk menetapkan pasangan yang akan menghabiskan waktu bersama kamu hingga hari tua.

Namun, ketika kamu tidak kunjung mendapatkan kepastian akan masa depan ini, biasanya kamu akan merasa gelisah, yang dalam psikologi disebut sebagai quarter life crisis.

Oleh karena itu, jika kamu berada di fase ini kamu tidak perlu terlalu khawatir karena kamu pasti bisa melaluinya.

2. Kamu Mulai Bertanggung Jawab Akan Diri Kamu Sendiri

Bersikap dewasa berarti kamu mulai bertanggung jawab akan diri kamu sendiri, terutama dalam menanggung konsekuensi dari tindakan yang kamu lakukan.

Ketika berada dalam masalah yang tidak mengenakkan, sebagian besar orang lebih memilih untuk bertindak sebagai korban dan menimpakan kesalahan kepada orang lain, dibandingkan bertanggung jawab untuk menerimanya dan melakukan refleksi diri.

Memiliki tanggung jawab memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Kamu perlu memiliki hati yang besar dan lapang, serta keberanian untuk bisa melakukannya.

Namun, dengan memiliki sikap dewasa ini kamu akan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa memberikan manfaat dalam segi sosial maupun kesuksesan dalam berkarier.

3. Kamu Mulai Berusaha untuk Mengelola Emosi

Salah satu sikap dewasa yang seringkali tidak dimiliki oleh orang-orang yang memiliki kedewasaan dalam usia adalah pengelolaan emosi yang baik.

Dibutuhkan kesadaran diri dan tekad yang kuat bahwa kamu tidak ingin menyakiti orang lain dengan emosi kamu yang tidak terkontrol untuk bisa melakukannya.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki kesadaran ini dan hanya terus membiarkan diri mereka larut dan termakan oleh amarah serta keegoisan diri mereka sendiri.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Padahal dengan memiliki pengelolaan emosi yang baik bisa melancarkan kehidupan kamu yang akan semakin berat ketika menginjak dewasa nanti.

Kamu jadi tidak mudah marah dalam menangani hal-hal sepele terkait pekerjaan, mengurangi tingkat stres, dan tentunya tidak akan melampiaskan kekesalan kamu kepada orang lain terutama pasangan, sehingga kamu akan memiliki hubungan yang baik dan menyehatkan.

4. Kamu Memiliki Rasa Empati yang Tinggi dan Juga Menyayangi Diri Sendiri

Seiring dengan berjalannya waktu menuju kedewasaan, maka semakin banyak pula masalah yang akan kamu hadapi.

Kamu akan belajar menerima bahwa banyak hal dalam hidup yang tidak bisa kamu kendalikan dan percaya bahwa apapun masalah yang menerpa, kamu akan selalu bisa melaluinya.

Biasanya pada fase ini kamu akan mulai belajar pentingnya self-love dan menyayangi diri kamu sendiri apa adanya dengan menerima segala kelebihan dan kekurangan diri, serta menghargai setiap pencapaian kecil yang telah kamu lalui hingga kamu bisa berada di titik saat ini.

Selain mulai mencintai diri sendiri, hal ini biasanya juga akan diikuti dengan perasaan mencintai orang lain.

Kamu menyadari bahwa kesulitan-kesulitan yang kamu alami dalam hidup juga dirasakan oleh setiap orang di dunia.

Kamu jadi lebih berempati terhadap orang lain dan memiliki keinginan yang besar untuk membantu mereka saat mengalami musibah.

Nah, itulah keempat tanda kalau kamu memiliki sikap dewasa yang sebenarnya.

Salah satu rintangan terberat menuju kedewasaan adalah ketidakpastian akan masa depan, terutama jika kamu masih merasa kebingungan dalam merencanakannya karena tidak mengetahui passion atau hal yang ingin kamu lakukan.

Buku You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness yang ditulis oleh Fellexandro Ruby ini bisa membantu kamu.

Melalui buku ini, penulis ingin menemani pembaca yang tengah mengalami kegalauan dalam menentukan karier yang ingin dijalani dengan membantu kamu mengenali diri lebih dalam lagi melalui self-awareness.

Fellexandro membagikan pengalamannya sendiri yang telah menjalani berbagai macam jenis pekerjaan selama satu dekade, mulai dari petugas lelang, travel blogger, social media manager, dan lain-lain, sebelum akhirnya menemukan karier yang ia senangi.

Menurut penulis, segala kegalauan dan pencarian kamu terkait passion akan terjawab dengan sendirinya ketika kamu bisa menjawab pertanyaan, “Siapa diri kamu?

Buku ini akan membantu kamu dalam melakukan refleksi diri, melihat ke dalam, mengurai situasi, sehingga kamu bisa lebih mengenali diri kamu sendiri dan menemukan jawaban yang telah lama kamu cari-cari.

Selain itu, di dalam buku ini juga dijabarkan pula mengenai 8 income streams yang bisa kamu lakukan untuk menambah pendapatan, yaitu melalui sweat income, profit income, interest income, dividend income, dan lain-lain.

Jika kamu tertarik untuk membaca bukunya, kamu bisa mendapatkan buku You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness ini dengan membelinya melalui online di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com