Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menjadi Orang yang Berkarisma Tanpa Harus Terlihat Palsu

Kompas.com - 31/01/2022, 12:57 WIB
Sumber Foto: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Cara Berbicara Kepada Setiap Orang…
Pengarang: Emma Sargent & Tim…
|
Editor Ratih Widiastuty

Pembawaan yang menyenangkan dan apa adanya kerap menjadi daya tarik yang membuat orang akan suka sebab ada sesuatu yang membuat mereka terlihat nyaman untuk diajak berhubungan.

Orang-orang seperti ini memiliki karisma yang seakan mampu menarik banyak orang untuk mendekati diri mereka karena memiliki daya pikat yang tak kasat mata, tapi bisa memikat orang tanpa perlu berusaha lebih untuk menunjukkan siapa mereka.

Mungkin, bagi sebagian besar orang karisma merupakan anugerah yang tidak dimiliki oleh semua orang, tapi ternyata jika kamu mau berusaha dan mencoba, karisma ternyata bisa kamu ciptakan di dalam diri sendiri.

Konsistensi dan mau belajar adalah kunci yang pasti untuk menumbuhkan karisma di dalam diri agar dapat muncul dan bersemi, sehingga akan membuat banyak orang menyukai kamu secara apa adanya tanpa perlu berusaha menjadi palsu.

Tidak ada salahnya jika kamu ingin menjadi orang yang berkarisma, karena karisma juga memudahkan kamu untuk menjalin relasi dengan banyak orang, sehingga membuka banyak peluang untuk mendapatkan pengalaman.

Akan tetapi, bagaimana caranya menjadi orang yang berkarisma tanpa harus terlihat palsu? Simak lima cara menjadi orang yang berkarisma berikut ini yang bisa kamu coba lakukan di kehidupan sehari-hari.

5 Cara Menjadi Orang yang Berkarisma

1. Mempunyai Prinsip Hidup

Jika ingin terlihat berkarisma di hadapan orang lain, pertama-tama kamu harus mempunyai prinsip hidup yang jelas dan kuat tanpa perlu merasa untuk hanya sekadar ikut-ikutan agar tampak keren atau dianggap menarik oleh orang lain.

Dengan memiliki prinsip hidup yang kamu pegang dengan kuat, kamu bisa tahu akan langkah apa yang tepat di berbagai kondisi dan situasi yang dapat menciptakan pembawaan yang alami, sehingga orang-orang akan melihat aura karismatik yang terpancar dari prinsip hidup yang kamu miliki.

2. Memiliki Empati yang Besar

Curahkan perhatian kamu terhadap apa yang orang lain bicarakan atau rasakan agar empati yang kamu miliki bisa terus tumbuh dan berkembang, sehingga saat orang lain sedang berbicara dengan kamu, mereka bisa merasakan karisma yang terpancar keluar dari sikap empati yang kamu berikan.

Tidak akan pernah ada orang yang suka ataupun nyaman dengan orang yang tidak berempati atau hanya membicarakan tentang dirinya sendiri, karena selain terlihat egois, orang-orang seperti itu pun tampak kurang percaya diri.

3. Cintai Diri Sendiri dan Jadi Percaya Diri

Penting sekali untuk mencintai diri sendiri agar rasa percaya diri bisa tumbuh dan berkembang, sehingga saat kamu mulai menjalin relasi dengan banyak orang, mereka akan menangkap optimisme yang kamu keluarkan dan aura karismatik pun akan terpancar keluar.

Mencintai diri sendiri artinya mampu menjadi diri sendiri dengan menerima semua kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki, sehingga kamu tidak tampak terlihat palsu atau berusaha untuk bisa diterima oleh banyak orang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Masukkan Humor dalam Perbincangan

Jangan terlalu serius dan kaku saat sedang berbincang-bincang dengan orang lain agar pembicaraan bisa berlangsung dengan santai dan luwes yang akan membuat lawan bicara merasa nyaman dan rileks.

Selipkan sedikit humor dalam perbincangan agar suasananya dapat menjadi cair dan akrab, tapi patut diperhatikan juga kondisi dan situasinya agar humor yang kamu masukkan tidak terkesan dipaksakan dan sesuai pada tempatnya.

5. Melakukan Komunikasi dengan Baik dan Lancar

Agar aura karismatik kamu bisa terpancar keluar, hal yang harus kamu perhatikan adalah cara berkomunikasi yang baik dan lancar, sehingga orang-orang akan merasa nyaman dan senang saat berbicara dengan kamu.

Siasati rasa gugupmu saat berbicara agar lawan bicaramu tidak perlu merasakan kekhawatiranmu saat berkomunikasi.

Perbanyak baca buku tentang cara berbicara dan berkomunikasi yang baik dan benar agar aura karismatik kamu bisa keluar.

Kebetulan sekali, buku berikut ini bisa menjadi sumber ilmu dan wawasan untuk kamu dalam mempelajari cara berbicara dan berkomunikasi yang lancar di dalam berbagai situasi.

Buku berjudul Cara Berbicara kepada Setiap Orang dalam Setiap Situasi yang ditulis oleh Emma Sargent dan Tim Fearon merupakan bukan pedoman yang pas dan praktis sebagai sumber pembelajaran dalam hal berkomunikasi.

Di sini, kamu akan mendapatkan cara berbicara yang baik dan benar dalam setiap situasi yang berbeda, berapa pun jumlah dan jenis orang di dalamnya dengan perasaan percaya diri.

Banyak tips yang akan kamu peroleh, seperti menjadi lebih tenang dan santai saat berbicara, menjalin perasaan simpati dengan lawan bicara, hingga menaklukkan perasaan malu saat berbicara di depan umum.

Semua ilmu tentang berbicara dan berkomunikasi lengkap dibahas dalam buku ini dan kamu sudah bisa membelinya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Klik di sini untuk segera dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com