Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu CEO? Berikut Kualifikasi Penting yang Dibutuhkan untuk Menduduki Posisi Tersebut

Kompas.com - 02/02/2022, 16:00 WIB
Sumber Foto: Canva
Rujukan artikel ini:
CEO Stories: Perjalanan Sukses 17…
Pengarang: Wahyu Raharjo
Penulis Renny Novita
|
Editor Almira Rahma Natasya

Melihat ayah dari seorang teman yang bekerja sebagai CEO atau bahkan teman sendiri yang sudah merasakan posisi tersebut, rasanya membuat jiwa ini ingin menduduki posisi yang sama.

Menurut banyak buku motivasi, jika kamu bisa membayangkan berada di suatu keadaan yang kamu harapkan, berarti impianmu bisa terwujud.

Supaya suatu saat nanti kamu bisa menduduki posisi CEO, hal mendasar yang harus kamu tahu adalah apa itu CEO, apa saja kualifikasi seorang CEO, dan bagaimana seseorang dapat mencapai posisi tersebut.

Apa Itu CEO?

CEO adalah singkatan dari Chief Executive Officer, yang merupakan posisi tertinggi dan terpenting di sebuah perusahaan.

Dengan kata lain, seorang CEO adalah posisi pemimpin perusahaan.

Secara hierarki, seorang CEO biasanya bertanggung jawab kepada jajaran direksi atau jika dia berada di dalam perusahaan yang kecil, dia melapor kepada pemilik perusahaan.

Walau begitu, pemilik perusahaan bisa saja memegang peranan sebagai CEO, tetapi dia sebenarnya mempunyai peran yang berbeda di dalam perusahaan dan tidak bertanggung jawab kepada siapa pun.

Tetapi, jika suatu hari perusahaan dijual, dia tidak bisa lagi memegang posisi CEO.

Seorang CEO bisa direkrut dari dalam dengan cara promosi atau dari luar.

Sebagai CEO, kamu mengatur berbagai posisi eksekutif lainnya di dalam perusahaan seperti CFO (Chief Financial Officer), COO (Chief Operating Officer), CMO (Chief Marketing Officer), atau Vice President.

Fungsi Posisi CEO

Seorang CEO sebagai seorang yang berada di jajaran tertinggi posisi manajemen, memikul tanggung jawab utama untuk memberikan keputusan-keputusan strategis bisnis, menjadi perwakilan perusahaan, dan menyandang citra ini di publik.

Tugas pasti seorang CEO tergantung pada ukuran, budaya, dan struktur perusahaan tersebut.

Di perusahaan besar, tugas seorang CEO menitikberatkan pada keputusan strategis terpenting dan mengatur keseluruhan bisnis.

Sementara seorang CEO di perusahaan kecil biasanya akan memiliki fungsi yang lebih praktis dan juga mengurus operasional bisnis.

Kualifikasi Penting Seorang CEO

Untuk menjadi seorang CEO selain ditunjang dengan pengalaman kerja di bidang manajerial sebelumnya dan pendidikan yang sesuai, kamu juga harus memiliki soft skills penting di bawah ini:

1. Tegas

Sebagai pimpinan tertinggi yang banyak mengambil keputusan penting bisnis dan menentukan rencana jangka panjang perusahaan, kamu harus menjadi seorang yang tegas, mempunyai pandangan visioner dan jauh ke depan, serta yakin pada keputusan yang kamu buat.

2. Memiliki Emotional Intelligence yang Tinggi

Selain pentingnya IQ, seorang CEO juga harus memiliki EQ yang tinggi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan kamu mempunyai empati tinggi dengan emosi yang stabil, kamu mampu membuat lingkungan kerja menjadi kondusif, dapat saling berkoordinasi, dan mengambil keputusan dengan matang namun cepat tanpa adanya pengaruh dari orang lain.

3. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Sebagai seorang yang banyak mengambil keputusan bisnis, kamu juga harus bisa mengkomunikasikan ini dengan jelas dan menggunakan bahasa yang dimengerti.

Dengan begitu, karyawan yang akan menjadi pelaksana paham dan mengerti bagaimana sebuah prosedur baru yang harus dijalankan mempunyai pengaruh pada operasional harian dan tanggung jawab mereka.

Dengan kemampuan komunikasi yang baik, kamu juga dapat bekerja sama dengan manajerial lainnya sehingga ada sinergi di antara kalian.

Manajerial lainnya juga tidak merasa segan untuk menyampaikan informasi penting dan ide-ide yang menjadi bahan bakar pemikiran strategis CEO bagi perusahaan ke depannya.

4. Mempunyai Pemikiran Terbuka dan Berkembang

Seorang CEO mempunyai pemikiran terbuka akan ide dan metode baru, sehingga kamu juga menginspirasi karyawan untuk mempunyai pandangan yang sama dan tidak takut untuk keluar dari zona nyaman.

Selain itu, CEO juga memandang setiap kesulitan sebagai sebuah kesempatan untuk belajar.

5. Mempunyai Etika yang Baik

Hal penting yang mendasar bagi sebuah perusahaan dalam menjaga nama baiknya adalah kepemimpinan etis.

Sebagai seorang yang menjadi panutan di perusahaan, diharapkan dapat mendorong karyawannya untuk bertindak etis dan membangun kebudayaan yang jujur dan terbuka, yang dapat menyelesaikan setiap tantangan dengan baik.

Belajar dari CEO Sukses

Ada alasan mengapa seseorang menyukai buku autobiografi, yaitu selain karena memberikan motivasi serta inspirasi, juga bisa memberikan ide serta pandangan apa yang harus dilakukan ketika dalam situasi tertentu.

Jika kamu seorang karyawan yang mempunyai mimpi menjadi seorang CEO atau bahkan sekarang mempunyai usaha sendiri, kamu bisa belajar menggali mindset para CEO Indonesia dan bagaimana mereka dapat mencapai posisi itu di dalam buku yang ditulis oleh Wahyu Raharjo berjudul CEO Stories.

Perjalanan sukses para CEO di dalam buku CEO Stories tidak hanya membahas satu melainkan 17 CEO terkenal di Indonesia.

Ada banyak nama besar di sini, sebut saja Dewi Motik, Evy Indahwaty, Nana Sarinah, James Gwee, sampai Tung Desem Waringin.

Buku ini padat dan berisikan berbagai hal penting yang menjadi kunci kesuksesan mereka dalam menjalankan usahanya.

Selain itu, karena masing-masing profil datang dari industri yang berbeda, sehingga kamu bisa belajar dari orang yang menjalankan usaha yang sama denganmu.

Buku CEO Stories ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com