Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Tahu Lebih Lanjut Tentang CEO? Berikut Deskripsi dan Tugas-tugasnya

Kompas.com - 19/01/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
The Joy Of Leadership Psikologi…
Pengarang: Tal Ben-Shahar, Angus Ridgway
|
Editor Ratih Widiastuty

Skill leadership teramat diperlukan dalam beberapa jenis profesi untuk memandu dan mengatur tim yang ada, agar mampu mencapai target dan tujuan yang diinginkan dalam sebuah perusahaan.

Tanpa adanya kemampuan untuk memimpin, dapat dipastikan sebuah tim dalam perusahaan akan kehilangan arah dan tidak akan mampu berjalan dengan baik, sebab tidak ada sosok yang dapat mengkoordinasikan anggota tim untuk mampu mencapai tujuan perusahaan.

Boleh dibilang, menjadi seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan karena selain harus memiliki skill leadership, seorang pemimpin pun harus mempunyai mental yang kuat dan tahan banting.

Di antara berbagai pimpinan yang ada dalam sebuah perusahaan, CEO merupakan jabatan yang tidak luput dari kemampuan memimpin bawahannya agar mampu mengeluarkan kinerja mereka secara optimal.

Namun, jika ditilik secara lebih mendalam, apa sebenarnya CEO itu dan apa saja tugas-tugas mereka dalam memimpin sebuah perusahaan?

Untuk lebih memahaminya, simak penjelasan dan tugas-tugas dari seorang CEO berikut ini.

Apa Itu CEO?

CEO merupakan singkatan dari Chief Executive Officer atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Direktur Utama yang memiliki jabatan paling tinggi di dalam sebuah perusahaan yang kerap mengambil keputusan-keputusan penting untuk dijalankan.

Sebuah perusahaan tidak akan mampu mencapai tujuan yang diinginkan tanpa kehadiran CEO di dalamnya.

Bisa dibilang, CEO merupakan otak dalam perusahaan yang akan memberikan perintah kepada bawahannya melalui keputusan-keputusan yang diambil.

CEO memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjalankan perusahaan agar mampu mencapai target yang sedang dituju dengan memberi perintah dan memimpin bawahannya agar dapat mengerti serta termotivasi untuk mencapai target yang sama dengan perusahaan.

CEO adalah wajah dari perusahaan yang ia pimpin karena memiliki dampak dalam memajukan perusahaan agar mampu berkembang dan bertahan di tengah persaingan industri global yang semakin ketat dan sulit.

CEO juga kerap dikaitkan dengan pendiri sebuah perusahaan, khususnya sebuah perusahaan rintisan atau yang lebih dikenal dengan start up yang mulai menjamur di era digital seperti sekarang ini.

Tugas CEO

1. Berfungsi sebagai Leader dalam Sebuah Perusahaan

Tugas pertama yang sudah jelas dan pasti bagi seorang CEO ialah menjadi pemimpin untuk perusahaan agar mampu mengarahkan bawahannya untuk bisa mencapai target perusahaan melalui keputusan yang diambil.

Memimpin tidak hanya memberikan perintah belaka, tapi juga ada proses berpikir yang panjang untuk mengambil keputusan yang terbaik bagi perusahaan agar tidak salah langkah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Seorang CEO pun harus mampu merangkul dan memotivasi karyawannya supaya terus bersemangat dalam membangun perusahaan agar bisa tetap bertahan dan berjalan di tengah persaingan global yang semakin memanas.

2. Mengomunikasikan dan Mengimplementasikan Tujuan Perusahaan kepada para Karyawan

Tugas seorang CEO yang berikutnya adalah mampu menjadi komunikator yang baik untuk para karyawan, agar mampu menangkap arahan dan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Kemampuan berkomunikasi yang mumpuni wajib dimiliki oleh seorang CEO agar karyawan tidak salah menangkap apa sebenarnya yang harus mereka lakukan untuk mencapai tujuan perusahaan dan bagaimana seorang CEO juga harus bisa memotivasi mereka.

Setelah komunikasi berjalan dengan lancar, langkah selanjutnya adalah untuk mengimplementasikan tujuan perusahaan agar mampu dieksekusi dengan baik oleh karyawan, sehingga bisa berjalan sesuai dengan rencana.

3. Membangun Koneksi Bisnis

Seorang CEO harus mampu menjaring koneksi bisnis sebanyak-banyaknya agar mendapatkan kerja sama yang menguntungkan untuk perusahaan yang dipimpinnya.

Sebagai CEO, mereka harus bisa menjalin relasi bisnis yang solid dengan CEO dari perusahaan lain untuk memudahkan perusahaan dalam mencapai tujuan yang ingin diperoleh.

Maka, kemampuan berkomunikasi seorang CEO tidak hanya berlaku bagi karyawan perusahaan, tapi juga untuk semua aspek yang menyangkut kepentingan perusahaan tersebut.

Bagaimana? Apakah sekarang kamu sudah paham dan mengerti tentang definisi dan tugas dari seorang CEO? Jika ingin lebih mendalami skill yang dibutuhkan oleh seorang CEO, rekomendasi buku yang satu ini patut untuk kamu baca.

The Joy of Leadership adalah buku yang tepat untuk kamu belajar dalam memahami cara menjadi seorang pemimpin yang baik dan berarti melalui sebuah psikologi positif.

Buku ini akan membimbing kamu untuk menjadi lebih produktif, tulus, berenergi, dan merasa lebih bahagia dengan pekerjaan dan kehidupan yang mampu memicu produktivitas secara lebih positif.

Jadi, untuk menjadi seorang pemimpin yang baik diperlukan ketulusan serta kebahagiaan dalam menjalankannya, dan buku The Joy of Leadership merupakan cara yang tepat untuk tahu bagaimana cara mendapatkannya.

Langsung saja kunjungi situs Gramedia.com untuk dapat membeli buku ini karena sudah tersedia di sana.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com