Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumpulan Kata-kata tentang Perubahan yang akan Memotivasi Kamu untuk Berubah Jadi Lebih Baik

Kompas.com - 25/01/2022, 10:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Atomic Habits: Perubahan Kecil yang…
Pengarang: James Clear
|
Editor Almira Rahma Natasya

Semua orang di dunia tentunya ingin meraih kesuksesan dalam hidup dan menjadi pribadi yang mereka impikan.

Namun, untuk mencapai semua itu diperlukan pengorbanan dan kemauan yang kuat untuk melepaskan kebiasaan-kebiasaan buruk yang selama ini menghalangi kamu berkembang.

Meskipun tidak mudah untuk melakukan perubahan dalam hidup, terutama atas kebiasaan buruk yang telah mendarah daging selama bertahun-tahun, namun hal itu bukanlah tidak mungkin.

Selalu percaya, bahwa setiap usaha yang kamu kerahkan untuk memperbaiki diri menjadi individu yang lebih baik tidak akan pernah mengecewakan, dan sebaliknya akan memberikan hasil yang memuaskan.

Jika kamu butuh dorongan untuk memulai perubahan itu, berikut kumpulan kata-kata tentang perubahan yang bisa memotivasi kamu.

Kumpulan Kata-kata tentang Perubahan

  • If you don’t like something change it; if you can’t change it, change the way you think about it (Jika kamu tidak menyukai suatu hal, maka ubahlah hal tersebut; namun jika kamu tidak bisa mengubahnya, maka ubahlah caramu memandangnya)
  • Be the change you wish to see in the world (Berubahlah menjadi sesuatu yang kamu harap bisa melihatnya di dunia ini)
  • If nothing ever changed, there’d be no butterflies (Jika tidak pernah ada hal yang berubah di dalam hidup ini, maka tidak akan pernah ada kupu-kupu)
  • Change is the end result of all true learning (Perubahan merupakan hasil akhir dari semua hal yang telah kamu pelajari dengan sungguh-sungguh)
  • You will never change your life until you step out of your comfort zone; change begins at the end of your comfort zone (Kamu tidak akan pernah mengubah hidupmu sebelum kamu keluar dari zona nyaman; sesungguhnya perubahan itu bermula di akhir dari zona nyamanmu)
  • Never be afraid of change. You may lose something good, but you may gain something even better (Jangan pernah takut untuk berubah. Kamu mungkin akan kehilangan suatu hal, tetapi kamu akan mendapatkan yang lebih baik dari itu)
  • The struggle you’ve today is developing the strength you need for tomorrow. Don’t give up (Kesulitan yang kamu hadapi hari ini akan menjadi kekuatan yang akan kamu butuhkan esok hari. Oleh sebab itu, jangan pernah menyerah)
  • When things change inside you, things change around you (Di saat kamu melakukan perubahan dari dalam diri, maka hal-hal di sekitarmu akan ikut berubah)
  • Change is hard at first, messy in the middle and gorgeous at the end (Perubahan adalah hal yang sulit di awal, akan menjadi kacau di pertengahan, namun menjadi sangat indah pada akhirnya)
  • Don’t ever be afraid to start all over again. You may like your new story better (Jangan pernah merasa takut untuk memulai dari awal lagi. Kamu mungkin akan menyukai cerita baru yang kamu mulai)
  • We can’t become what we want by remaining what we are (Kamu tidak bisa menjadi seseorang yang kamu inginkan dengan hanya berdiam diri saja)

Nah, itulah kumpulan kata-kata tentang perubahan yang bisa memotivasi kamu untuk berubah menjadi lebih baik.

Agar kamu selalu mengingatnya, kamu bisa menuliskan kata-kata perubahan tersebut dan menempelkannya di dinding kamar kamu supaya kamu bisa melihat dan membacanya setiap hari.

Selain dengan mengumpulkan motivasi, kamu juga perlu mencari strategi yang bisa mempermudah kamu untuk melakukan perubahan dalam hidup.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Buku Atomic Habits yang ditulis oleh James Clear ini bisa membantu untuk mengubah hidup kamu melalui hal-hal kecil yang mungkin selama ini sering kamu sepelekan.

Padahal salah satu penyebab utama seseorang mengalami kegagalan dalam mengubah kebiasaannya adalah karena mereka hanya berfokus pada hal-hal yang besar saja.

Jika selama ini kamu sama sekali tidak pernah berolahraga dan dengan tiba-tiba memaksakan diri untuk berolahraga setiap hari selama 30 menit karena cepat-cepat ingin menurunkan berat badan, tentunya kebiasaan tersebut tidak akan bertahan lama, kan?

Dengan memulai kebiasaan baru sedikit demi sedikit, yang diibaratkan oleh penulis sebagai perubahan 1%, maka hal itu akan memudahkan kamu dalam melakukan perubahan karena sama sekali tidak terasa berat.

Seiring berjalannya waktu, perubahan 1% yang kamu lakukan tiap harinya akan terakumulasi menjadi suatu hal yang besar dan akan memberikan hasil yang luar biasa.

Dengan menerapkan empat kaidah perubahan perilaku yang terdiri atas hukum petunjuk, gairah, tanggapan, dan ganjaran, yang dipaparkan di dalam buku, kamu juga akan jadi semakin mudah untuk bisa mempertahankan kebiasaan baik yang berusaha kamu bangun.

Jika kamu tertarik untuk membaca bukunya, kamu bisa mendapatkan buku Atomic Habits ini dengan membelinya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli bukunya dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com