Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Memotivasi Diri untuk Menjadi Orang Sukses

Kompas.com - 29/11/2021, 13:10 WIB
Sumber Gambar : Freepik
|
Editor Novia Putri Anindhita

Siapa yang tidak mau menjadi orang sukses? Setiap orang pastinya memiliki tujuan hidup yang berbeda-beda dan berusaha keras untuk mencapainya.

Tapi pada akhirnya, kita ingin menjadi orang sukses dalam berbagai aspek kehidupan.

Arti sukses tidak melulu harus menjadi kaya raya atau mendapatkan sesuatu yang mewah, tapi sukses sendiri bisa diartikan menjadi berbagai macam jenis sesuai dengan perspektif dan kenyamanan masing-masing.

Namun pada intinya, agar dapat mencapai kesuksesan tersebut, kita harus meraihnya dengan beberapa cara yang mampu memotivasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Kebiasaan dan cara yang positif biasanya mampu membantu kita untuk mencapai target dan arti sukses bagi diri sendiri, karena dalam kebiasaan dan cara tersebut ada nilai-nilai positif yang akan meningkatkan kualitas diri.

Sudah banyak orang-orang sukses di seluruh dunia yang menerapkan serta menjalani kebiasaan-kebiasaan ini, sehingga mereka mampu memanfaatkan setiap potensi yang ada di dalam diri mereka secara maksimal.

Berikut enam cara memotivasi diri untuk menjadi orang sukses yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

6 Cara Memotivasi Diri untuk Menjadi Orang Sukses

1. Mau Terus Belajar akan Hal Baru

Perkembangan zaman yang semakin pesat dan maju, mau tidak mau menuntut kita agar terus belajar dan mencari tahu akan berbagai hal baru yang terjadi dan berkembang.

Jangan pernah sekalipun merasa bahwa ilmu yang kita miliki saat ini sudah cukup, karena perasaan seperti itu mampu membuat kita menjadi malas dan enggan untuk belajar akan hal-hal baru yang ada di dunia ini.

Usahakan terus haus akan ilmu dan informasi baru untuk memicu kita agar mau belajar dan merasa rendah hati, sebab jalan kesuksesan tidak akan hadir untuk mereka yang sombong dan merasa sudah pintar.

2. Konsisten dalam Mengerjakan dan Mencapai Tujuan

Salah satu kebiasaan yang selalu sulit untuk dilakukan dan dipertahankan adalah konsisten dalam mengerjakan sesuatu, karena banyak godaan dan alasan yang menghadang untuk mempertahankan konsistensi.

Padahal, konsistensi adalah kunci utama dalam melancarkan berbagai rencana dan target yang ingin dicapai, sebab melalui konsistensi kita bisa menerapkan kedisiplinan.

Konsistensi adalah faktor yang mutlak untuk mengasah kemampuan kita agar mampu menghadapi berbagai rintangan dalam mencapai kesuksesan.

3. Perbanyak Relasi dan Pertemanan

Memperluas jaringan pertemanan adalah salah satu cara paling mudah untuk melancarkan jalan kesuksesan dalam hidup.

Memiliki teman dan jaringan yang luas dapat memberikan banyak peluang untuk mencari pengalaman dan kesempatan untuk meningkatkan kualitas diri.

Jangan ragu dan takut saat mencoba untuk menjalin hubungan pertemanan dengan orang baru, karena siapa tahu orang tersebut bisa menjadi jalan untuk mencapai kesuksesan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Mempertimbangkan dan Mendengarkan Masukan dari Orang Lain

Hindari sikap anti saran dan kritik, karena itu semua bisa memicu arogansi dalam diri, sehingga kepribadian menjadi tertutup dan tidak berkembang.

Turunkan ego dan dengarkan saran dari orang lain agar kamu bisa memperoleh insight baru dari berbagai perspektif, sehingga bisa memperkaya wawasan dan pengetahuan.

Masukan dari orang lain juga bisa menjadi kesempatan untuk mengoreksi atau introspeksi diri sebagai bahan evaluasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi agar dapat mencapai kesuksesan.

5. Hargai Proses, Bukan Hasil

Jangan terlalu fokus kepada hasil yang ingin diraih karena biasanya dapat memicu distraksi yang justru akan mengganggu proses yang sedang kamu jalani.

Fokus dan hargai setiap proses yang sudah kamu lakukan, entah apapun hasilnya, karena melalui proses kamu dapat menghargai setiap usaha yang telah kamu lakukan agar mau mencoba.

Hasil yang buruk tidak melulu menjadi patokan untuk sebuah kegagalan, lihat proses dibalik hasil tersebut agar kamu bisa berusaha dengan lebih baik lagi.

6. Berani Mencoba

Semua cara yang ada tidak akan berguna jika kamu tidak berani untuk memulai dan mencoba.

Hilangkan segala prasangka buruk yang ada dalam benak agar kamu mampu dan mau mencoba segala sesuatunya.

Keberanian untuk keluar dari zona nyaman sudah menjadi langkah awal yang baik untuk dapat mencapai kesuksesan.

Keenam cara tersebut bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, tapi jika kamu masih membutuhkan asupan motivasi agar bisa meraih kesuksesan, rekomendasi buku berikut ini bisa kamu baca.

Think and Grow Rich: Cara Para Jutawan dan Miliarder Meraih Kekayaan bisa menjadi bahan bacaan yang tepat untuk menumbuhkan motivasi dalam meraih kesuksesan.

Buku yang ditulis oleh Napoleon Hill ini berisi tiga belas filosofi dalam mencapai kekayaan yang mengedepankan kekuatan pikiran sebagai fokus utamanya.

Walaupun tergolong buku klasik, tapi isi dan filosofinya masih sangat relevan hingga saat ini, bahkan bisa dibilang tak lekang oleh zaman.

Contoh-contoh kasus yang disertakan pun memberikan penegasan dan penjelasan yang akan memudahkan kamu untuk menyerap serta memahami isinya.

Bisa dibilang, Think and Grow Rich: Cara Para Jutawan dan Miliarder Meraih Kekayaan adalah pelopor buku pengembangan diri yang kini banyak hadir di mana-mana.

Segera beli dan dapatkan buku ini di Gramedia.com beserta buku-buku pengembangan diri lainnya yang tidak kalah menarik.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com