Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Jadi Orang Sukses yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan

Kompas.com - 15/11/2021, 10:04 WIB
Sumber foto: Freepik
Rujukan artikel ini:
How to Win Friends and…
Pengarang: Dale Carnegie
|
Editor Almira Rahma Natasya

Siapa yang tidak ingin menjadi orang sukses? Di mana kesuksesan adalah hal yang dituju setiap umat manusia di dalam hidup ini.

Entah kesuksesan itu dalam bidang pekerjaan, pendidikan, hingga keluarga.

Orang-orang sukses yang selama ini kita ketahui namanya, nyatanya memiliki kebiasaan yang hampir mirip, sehingga dari kebiasaan tersebut mereka secara konsisten dan gigih mampu meraih kesuksesan.

Menggapai kesuksesan sendiri tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi ada proses, usaha, dan konsistensi yang harus dilalui serta dilakukan.

Namun, jika kita mampu melakukannya, hasil yang akan diperoleh juga sepadan dengan usaha-usaha tersebut.

Memang pada awalnya tidak mudah untuk menerapkan atau membiasakan hal ini dalam kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi, jika kita terus gigih dan percaya proses tidak akan mengkhianati hasil, semua hal tersebut sangat sepadan untuk dilakukan.

Apa saja kebiasaan orang sukses yang dapat kita contoh? Berikut lima tips dari kebiasaan orang sukses yang dapat kamu praktikkan agar bisa mencapai kesuksesan dalam hidup. Baca selengkapnya Tips Menjadi Sukses Di Usia Muda.

5 Tips Jadi Orang Sukses yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan

1. Biasakan untuk Bangun Pagi

Masih banyak di antara kita yang merasa sulit untuk bangun di pagi hari, karena alasan malas dan masih mengantuk.

Padahal bangun pagi memiliki manfaat yang dapat membantu kita menghadapi kegiatan di hari itu dengan lebih baik dan efisien.

Bangun lebih awal bisa memberikan waktu yang lebih banyak untuk kita agar dapat bersiap-siap dalam melakukan kegiatan di hari itu, sehingga semuanya bisa dilakukan dengan maksimal.

Contohnya, bangun pagi bisa memberikan kita jeda waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat kerja untuk melakukan presentasi, sehingga saat rapat nanti kita mampu memberikan penjelasan dengan persiapan yang matang dan akurat.

2. Membuat Planning atau Rencana

Biasakan untuk selalu membuat rencana dalam setiap pekerjaan atau kegiatan yang akan dilakukan, agar kita bisa melihat kendala apa saja yang akan muncul dalam pekerjaan atau kegiatan tersebut.

Selain bisa meminimalisir kendala, merencanakan segala sesuatunya pun bisa memberikan efek yang lebih baik terhadap hal apapun yang kita lakukan.

Segala sesuatunya jika dibuat secara terencana akan menghasilkan hasil yang jauh lebih optimal dan terorganisir, sehingga kita mampu melakukan pekerjaan dengan lebih akurat lagi.

Membuat rencana juga bisa membantu kita untuk mengatur waktu menjadi lebih efisien, sehingga tidak ada waktu yang terbuang secara sia-sia.

3. Mempunyai Target

Dalam mencapai kesuksesan, kita harus memiliki target yang jelas sehingga bisa memilih jalan yang tepat untuk mencapainya.

Memiliki target dalam hidup juga mampu memberikan motivasi yang kuat agar kita terus berusaha dan bekerja keras mencapai target tersebut.

Menetapkan target tidak akan membuat kita bingung harus melakukan apa dan bagaimana, karena segala sesuatunya sudah terlihat dari target yang kita tetapkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Target dalam hidup memampukan kita untuk produktif dan fokus terhadap apa yang kita tuju, alih-alih tergoda untuk berleha-leha atau bermalas-malasan.


Baca juga: Cara Sukses Di Usia Muda


4. Perluas Jaringan dan Relasi

Menjadi sukses bukan hanya soal usaha diri sendiri, tapi juga ada peran banyak orang di dalamnya.

Maka dari itu, kita harus mampu memperluas jaringan dan relasi agar meningkatkan peluang serta memperlebar jalan menuju kesuksesan.

Semakin banyak relasi yang kita kenal, semakin banyak pula ilmu yang dapat kita ambil dan serap dari mereka, sehingga mampu memperkaya wawasan.

Menjaga relasi yang baik dengan banyak orang dapat menumbuhkan kepercayaan yang tinggi terhadap diri kita, sehingga semakin memperbesar peluang untuk menggapai kesuksesan.

5. Rajin Belajar dan Perbanyak Membaca Buku

Tidak dapat dipungkiri, kesuksesan adalah hasil dari pembelajaran yang kita peroleh dari kehidupan, baik melalui pengalaman ataupun buku.

Mau terus belajar adalah kunci paling utama agar kita bisa mendapatkan ilmu serta wawasan yang akan membawa ke gerbang kesuksesan.

Banyak orang-orang sukses yang kerap membagikan buku yang mereka baca adalah contoh nyata bagaimana membaca buku dapat membantu membangun karakter yang kuat.

Banyak ilmu dan wawasan yang akan membantu kita mencapai kesuksesan dari sebuah buku, maka rajin membaca buku adalah cara yang ampuh dalam meraih kesuksesan.

Menjadi orang sukses ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan, selama kita mau dan mampu untuk terus tekun serta bekerja keras sehingga bisa mencapainya.

Banyak bahan bacaan yang bisa membantu kamu untuk lebih termotivasi lagi untuk mencapai kesuksesan.

Salah satunya adalah buku How To Win Friends And Influence People yang ditulis oleh Dale Carnegie.

Buku nonfiksi klasik ini berisi cara bagaimana memahami relasi manusia agar mampu mendapatkan teman serta memengaruhi orang-orang untuk membuka pintu kesuksesan.

Meskipun buku ini sudah ditulis sejak puluhan tahun yang lalu, tapi isinya masih sangat relevan dan berguna hingga saat ini.

Di sini Carnegie menekankan untuk menekan ego selagi kita menjalin relasi dengan sesama umat manusia, karena biasanya kita kerap membicarakan diri sendiri, alih-alih mendengarkan orang lain.

Tutur kata yang ditulis Carnegie terbilang amat mudah dipahami, sehingga tidak menimbulkan kebingungan saat membacanya.

Materi-materi yang disampaikan pun sangat dasar dan sederhana, tapi memiliki makna dan arti yang mendalam untuk dipraktikkan.

Selain buku ini, kamu juga bisa mendapatkan buku-buku Dale Carnegie lainnya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com