Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Cara Berargumentasi yang Baik, Mahasiswa Harus Tahu!

Kompas.com - 10/11/2021, 20:58 WIB
Sumber foto : Pixabay
Rujukan artikel ini:
How To Win An Argument
Pengarang: MARCUS TULLIUS CICERO
Penulis Maria
|
Editor Ratih Widiastuty

Kemampuan berargumentasi, yang menjadi pilar berpikir kritis, merupakah salah satu kompetensi yang dipandang perlu di abad ke-21.

Menurut salah satu artikel dalam singteach.com (Juni 2016)—media daring yang dikelola oleh National Institute for Education (NIE), Singapura—kemampuan untuk berargumentasi merupakan salah satu keterampilan yang perlu dikuasai siswa agar mampu beradaptasi dan di dalam dunia yang berkembang makin cepat dan makin kompleks.

Itu karena berpikir argumentatif menjadi tulang punggung siswa untuk berpikir lintas bidang.

Beruntunglah, tidak seperti dugaan sebagian kalangan, kemampuan ini bukanlah semata datang dari bakat, tetapi terutama hasil pembelajaran dan pelatihan.

Deanna Kuhn, seorang profesor Psikologi dan Pendidikan di Teachers College, Universitas Columbia, bahkan menggarisbawahi pentingnya penguasaan kemampuan berargumentasi ini.

Ia melihat, ketidakmampuan berpikir kritis dan berargumentasi tampak antara lain pada ketidakmampuan membedakan penjelasan dan bukti-bukti.

Maka, sering orang bersitegang karena si A mengatakan, “beginilah kejadiannya”, dan B juga mengatakan, “beginilah kejadiannya”.

Masing-masing menyatakan penjelasan dari sudut pandangnya, alih-alih tidak berpijak pada buktinya.

Ketrampilan Klasik

Berargumentasi merupakan suatu proses menyusun pernyataan berdasarkan premis-premis untuk mendukung satu kesimpulan.

Keterampilan berargumentasi sesungguhnya bukanlah sesuatu yang baru. Seni berargumentasi dan retorika tetapi telah dipelajari sejak peradaban Romawi atau bahkan Yunani.

Salah satu tokoh yang terkenal akan keahilannya berargumentasi adalah Marcus Tullius Cicero, yang lahir pada 106 SM.

Sejak muda ia telah mempelajari seni pidato dan hukum; kemenangannya melawan advokat paling kondang kala itu—Hortensius—melejitkan nama Cicero sebagai advokat dan orator terkemuka.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Cicero dikenal sebagai salah satu orator ulung sepanjang sejarah. Ia juga dikenal karena risalah-risalahnya tentang retorika yang masih menjadi rujukan hingga sekarang.

Buku How to Win and Argument: Sebuah Panduan Klasik tentang Seni Persuasi—yang terjemahannya diterbitkan oleh Penerbit KPG (2021)—menyajikan beberapa tulisan Cicero, tentang seni memenangkan argumentasi.

Dari sekian banyak teks Cicero yang masih tertinggal sampai saat ini, editor buku ini, James M. May, telah memilihkan untuk pembaca beberapa teks penting Cicero yang menjelaskan bagaimana seseorang dapat menyusun argumen yang persuasif dan bagaimana menyampaikannya.

James M. May, yang seorang profesor sastra klasik di St. Olaf College, Minnesota, selain menerjemahkan teks-teks Cicero itu dari bahasa Latin, juga memberi narasi singkat dan beberapa catatan sehingga pembaca tak akan terlalu sulit menangkap konteks teks-teks Cicero dan poin-poin penting di dalamya.

Ada empat topik yang disuguhkan dalam buku ini, mulai dari persiapan menyusun argumentasi yang baik, tokoh yang layak jadi panutan, lalu pentingnya menulis untuk persiapan, dan persyaratan seorang pembicara ideal.

Meski ditulis hampir dua abad lalu, hal-hal penting yang diajukan Cicero dalam buku ini sangat relevan untuk masa sekarang.

Di bagian “persiapan”, misalnya, Cicero memperlihatkan ada tiga cara untuk mendukung pembuktian.

Yang pertama, adalah melalui argumentasi rasional (logos), untuk membuktikan pendapat kita benar.

Yang kedua, melalui pathos, yaitu argumentasi yang bisa mengayun perasaan lawan bicara sehingga menerima kesimpulan yang diajukan, dan ketiga, melalui ethos.

Termasuk yang terakhir ini adalah argumen dengan logika ad hominen yang sekarang sering kita dengar di zaman twitter ini.

Di bagian lain, Cicero juga membahas bagaimana cara memaparkan fakta-fakta, baik itu dengan mengonfirmasi fakta yang diajukan lawan atau dengan melakukan sanggahan-sanggahan.

Seni berargumentasi atau retorika pada umumnya, menurut May, menjadi pokok bahasan yang terus-menerus diperkenalkan di dunia pendidikan Barat sejak abad Pertengahan, Renaisans, dan sampai zaman modern ini.

Maka, membaca buku ini seperti menikmati olahan bekal berbobot untuk melangkah di era 4.0. Apalagi di bagian akhir, dilampirkan 10 tips Cicero untuk mempersiapkan pidato yang berhasil.

Menarik bukan? Buku ini memang layak untuk dimiliki agar kamu jago pidato atau lomba debat. Dapatkan bukunya segera di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com