Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kamu Termasuk ke dalam Tipe Kepribadian Koleris? Simak Ciri-cirinya Berikut Ini

Kompas.com - 03/01/2022, 18:00 WIB
Sumber Foto : Pixabay
Rujukan artikel ini:
Seni Mengenal Diri Sendiri
Pengarang: BRIAN ADAM
|
Editor Ratih Widiastuty

Setiap manusia memiliki karakter dan kepribadian masing-masing yang membedakan mereka antara satu sama lain dalam cara berinteraksi, menyelesaikan masalah, hingga kepercayaan diri.

Kepribadian biasanya dianggap sebagai indikator yang menentukan kesuksesan seseorang dalam menjalani kehidupan, seperti pekerjaan, pertemanan dan perihal asmara.

Namun, ternyata ada berbagai jenis kepribadian yang menonjolkan beberapa sifat tertentu, seperti sanguin, plegmatis, melankolis dan koleris.

Salah satu kepribadian yang kerap dianggap mampu menjadi pemimpin yang baik adalah kepribadian koleris yang memang pada dasarnya suka untuk mengatur banyak orang.

Jenis kepribadian koleris sangat menarik untuk dibahas dan ditelusuri lebih jauh beserta ciri-cirinya yang dapat kamu simak, apakah kamu termasuk ke dalam kepribadian jenis ini.

Apa saja karakter atau ciri-ciri yang paling menonjol dari kepribadian koleris? Berikut ciri-ciri atau kepribadian koleris yang bisa kamu perhatikan.

Ciri-ciri Kepribadian Koleris

1. Memiliki Jiwa Kepemimpinan yang Tinggi

Orang yang memiliki kepribadian koleris sangat menyukai tantangan, berani mengambil risiko dan memiliki kemampuan berbicara yang baik, sehingga berpotensi untuk menjadi seorang pemimpin yang tegas.

Kemampuan mereka dalam menarik orang-orang dengan kemampuan berbicara yang percaya diri dan menarik menjadi alasan mengapa kepribadian koleris mampu membuat anggota kelompok yang dipimpinnya bisa percaya sepenuhnya.

Tidak hanya itu, orang dengan kepribadian koleris pun senang untuk mengatur banyak orang, sehingga bagi mereka menjadi seorang pemimpin adalah sebuah panggilan jiwa yang menyenangkan untuk dilakoni.

2. Manipulatif

Meskipun memiliki sifat sebagai seorang pemimpin yang mumpuni, tetapi orang dengan kepribadian koleris memiliki sifat manipulatif yang bisa dibilang negatif, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Contohnya, saat ada seseorang yang membuat kesalahan pada dirinya, orang dengan kepribadian koleris dapat membuat seseorang tersebut merasa sangat bersalah dan tidak nyaman karena ulahnya.

Selain itu, sikap manipulatif ini bisa membuat orang dengan kepribadian koleris tampak ditakuti karena mampu membalikkan keadaan saat ada sesuatu yang salah dan melimpahkannya kepada orang lain.

3. Optimis

Optimisme merupakan sifat lainnya yang dimiliki oleh orang dengan kepribadian koleris, sehingga mereka mampu menjadi pribadi yang percaya diri dan suka mengambil risiko.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Mereka selalu memandang segala rencana yang ada dengan positif dan membuat orang dengan kepribadian koleris menyukai sesuatu hal baru untuk dicoba serta dieksplorasi.

Hal ini akan membantu orang dengan kepribadian koleris menjadi sosok yang positif karena bisa memandang masa depan dengan positif, di mana pesimisme jarang hadir di dalam diri mereka.

4. Dominan

Orang yang mempunyai kepribadian koleris juga memiliki sifat atau watak yang dominan, di mana mungkin ini bisa berpengaruh positif dalam hal kepemimpinan yang berani mengatur tim dengan pendapat yang kuat.

Namun, sifat dominan juga bisa menjadi boomerang bagi orang dengan kepribadian koleris, karena bisa jadi saking dominannya akan ada banyak orang yang merasa kurang dihargai atau didengarkan saat memberikan masukan atau pendapat.

Sikap dominan ini bisa diatur dengan cara melihat situasi dan kondisi, apakah orang-orang yang ada di sekitar memerlukan sosok yang dominan atau malah butuh sosok yang mau mendengarkan.

5. Mandiri

Mandiri adalah salah satu ciri-ciri yang tampak dalam orang dengan kepribadian koleris, karena mereka biasanya selalu ingin mengerjakan segala sesuatunya sendiri dan tidak mau bergantung dengan orang lain.

Sifatnya yang mandiri sering kali membuat mereka sulit untuk didekati dan dijadikan teman, karena biasanya mereka memang kurang bisa berbasa-basi dalam hal pertemanan.

Kemandirian yang dimiliki oleh orang dengan kepribadian koleris akan sangat membantu mereka dalam menghadapi berbagai masalah, sehingga tidak akan mengganggu atau menjadi beban bagi orang lain, namun perlu diingat pula kerja sama tim juga mutlak diperlukan.

Lima ciri-ciri orang berkepribadian koleris di atas bisa menjadi acuan untuk kamu dalam menentukan, apakah kamu termasuk ke dalam jenis kepribadian yang satu ini.

Namun, andai kata kamu masih merasa perlu untuk mengenal dan memahami diri sendiri, buku yang satu ini dapat dijadikan bahan bacaan yang tepat.

Buku berjudul Seni Mengenal Diri Sendiri yang ditulis oleh Brian Adam akan sangat dapat membantu kamu dalam mengalahkan rasa terasing terhadap diri sendiri.

Melalui membaca buku ini, kamu bisa menemukan catatan dan pedoman untuk mengenal dan mengelola diri sendiri hanya dengan menerapkan pedoman yang ada di dalamnya.

Kamu akan segera mengetahui apa yang kamu mau dan tindakan yang tepat untuk mencapainya setelah selesai membaca buku pengembangan diri yang satu ini.

Kalau kamu sudah tidak sabar ingin segera mengenal dan memahami diri sendiri lewat buku ini, segera pesan dan beli di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com