Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Sukses? Berikut 5 Ide Bisnis untuk Milenial

Kompas.com - 21/12/2021, 16:25 WIB
Sumber Gambar : Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Bisnis Ala Milenial
Pengarang: Salsabiela
Penulis Lika Purnama
|
Editor Novia Putri Anindhita

Zaman yang semakin berkembang membuat tantangannya juga semakin berat.

Banyak yang bilang jika generasi milenial akan kesulitan untuk mencapai kesuksesan, sebab hidupnya ingin instan sedangkan tantangannya jauh berbeda jika dibandingkan dengan yang dialami generasi sebelumnya.

Namun, sebagai generasi yang hidup di tengah kemajuan teknologi, kita sebenarnya terbantu dengan berbagai inovasi yang diciptakan untuk memudahkan kehidupan termasuk dalam hal bisnis.

Jika dulu urusan bisnis dijalankan dengan cara yang kaku dan konvensional, kini banyak jenis bisnis baru yang sudah mengikuti perkembangan zaman.

Cara promosinya pun jauh lebih beragam dan mudah, tidak perlu lagi menggunakan surat kabar atau mencetak brosur yang ditempel di pinggir jalan.

Nah, supaya tidak penasaran, berikut telah dirangkum 5 ide bisnis untuk milenial.

5 Ide Bisnis untuk Milenial

1. Truk Makanan (Food Truck)

Food Truck merupakan sebuah ide bisnis yang memiliki konsep menjajakan makanan dan minuman di atas sebuah truk.

Tentunya bukan truk biasa, melainkan yang telah dimodifikasi hingga mirip seperti kedai berjalan.

Bisnis truk makanan ini cukup inovatif sebab pemiliknya dapat terbebas dari beban biaya sewa lahan dan bangunan.

Mobilitasnya juga tinggi, sehingga menguntungkan pemiliknya untuk dapat memindahkan truk ke acara-acara atau tempat-tempat yang berkemungkinan ramai pembeli.

Namun meski begitu, biaya yang dikeluarkan sebagai modal untuk membuat bisnis truk makanan ini juga tidak sedikit.

Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk memulainya, kamu perlu untuk memperhatikan jenis makanan yang dijual hingga jenis mobil yang digunakan agar dapat meminimalisir modal.

2. Kedai Ice Cream

Sangat sulit untuk tidak menyukai ice cream, karena itu pasar bisnis ini sangat luas, sebab terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa.

Apalagi di tengah cuaca yang semakin terik setiap harinya membuat ice cream akan semakin digemari.

Namun sebelum memulainya, kamu perlu untuk mempertimbangkan apakah akan bergabung bersama merek terkemuka dan membuka franchise, atau membangun dari awal dengan membuat merek baru yang buatan rumahan.

Kedua pilihan tersebut sama-sama memiliki keuntungan dan resiko tersendiri.

Ketika memilih menjadi mitra sebuah merek, kamu mungkin tidak perlu bersusah payah mengenalkan produk yang sudah terkenal tersebut kepada masyarakat, tetapi tentu dengan modal yang tidak sedikit.

Sebaliknya, jika kamu memilih untuk memulai dengan merek baru, kamu dapat menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki, namun perlu waktu dan kesabaran lebih untuk menciptakan resep ice cream yang digemari sekaligus memperkenalkannya kepada masyarakat.

3. Membuat Thrift Shop

Thrift shop adalah sebuah toko atau ‘pasar’ yang menjual pakaian-pakaian bekas pakai dengan harga terjangkau namun masih memiliki kualitas yang baik.

Nah, belakangan ini, thrifting kembali digemari oleh kalangan milenial.

Umumnya, pembeli akan mengincar pakaian bekas dari merek tertentu yang jika dibandingkan dengan harga barunya bisa memiliki selisih hingga lebih dari lima puluh persen.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain karena bisa tetap tampil stylish namun dengan budget yang sangat minim, tren fashion juga selalu berputar dan menyebabkan model pakaian dua puluh tahun lalu bisa kembali hits di tahun ini.

Peluang besar ini bisa kamu manfaatkan dengan mudah karena banyak sekali yang menyediakan paket-paket usaha pakaian bekas yang dijual dalam bentuk gulungan karung besar (ball).

Namun meski begitu, membeli ball thrift persis seperti undian berhadiah.

Karena tidak dapat memilih, di dalam ball tersebut kamu bisa mendapatkan pakaian bekas dengan segala kondisi.

4. Branding Agency

Branding agency bertugas untuk membantu sebuah perusahaan mengembangkan usahanya dengan meningkatkan brand awareness dengan membentuk, merombak, atau memperbaiki identitas brand dari perusahaan tersebut.

Di tengah perkembangan digital yang semakin meluas, perusahaan-perusahaan perlu untuk beradaptasi jika tidak ingin tenggelam digerus kemajuan zaman.

Umumnya, permasalahan yang kerap dialami oleh para pelaku bisnis ini adalah mempromosikan usahanya di media sosial.

Jika kamu memiliki latar belakang pendidikan atau pengalaman di bidang terkait, kamu dapat memanfaatkan peluang ini untuk membuka sebuah branding agency yang menawarkan jasa pengelolaan media sosial perusahaan.

Umumnya sebuah branding agency yang bergerak di bidang media sosial berisi orang-orang profesional dengan keahlian-keahlian tertentu seperti digital marketing, fotografer, videografer, dan desainer grafis.

5. Membuka Online Shop di E-Commerce

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Databoks pada April 2021, Indonesia menempati urutan pertama di dunia sebagai negara pengguna e-commerce terbanyak dengan persentase sebesar 88,1%.

Ini artinya, sebagian besar aktivitas jual beli masyarakat Indonesia dilakukan secara online.

Oleh karena itu, membuka toko online di e-commerce memiliki peluang keuntungan yang sangat besar.

Selain terbebas dari penyewaan lahan, biaya administrasi yang dikeluarkan oleh penjual terhitung sangat ringan.

E-commerce juga memiliki fitur pencarian dengan nama barang, filter lokasi, harga, hingga merek yang memudahkan pembeli untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan mudah.

Dibandingkan dengan membuka toko konvensional, e-commerce memiliki peluang lebih besar karena rata-rata e-commerce setiap bulan dapat mencapai ratusan juta pengunjung.

Itulah lima ide bisnis yang cocok untuk milenial.

Agar persiapan bisnis kamu semakin matang, akan sangat berguna jika kamu banyak menambah referensi pengetahuan, salah satu sumber valid yang bisa kamu gunakan adalah buku.

Sebagai rekomendasi, buku Bisnis ala Milenial karya Salsabiela cocok untuk kamu coba.

Apalagi jika kamu masih berstatus pelajar atau mahasiswa, buku ini akan membantu kamu untuk menemukan keberanian memulai bisnis walaupun masih pelajar.

Tidak perlu khawatir kuliah akan terbengkalai, di dalam buku ini terdapat tips-tips dan jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan sembari tetap mengutamakan pendidikan.

Bukan jenis buku tebal yang membosankan, buku setebal 111 halaman ini ditulis dengan bahasa yang ringkas dan sangat mudah dimengerti.

Jika kamu tertarik membacanya, buku Bisnis ala Milenial karya Salsabiela kini dapat kamu beli secara online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com