Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Perjalanan Hidup Nabi Yusuf yang Patut Diteladani Seluruh Umat Muslim

Kompas.com - 22/06/2023, 09:30 WIB
Kisah Perjalanan Hidup Nabi Yusuf Sumber: pixabay.com/PublicDomainPictures Kisah Perjalanan Hidup Nabi Yusuf
Rujukan artikel ini:
Kisah Para Nabi Hc: Sejarah…
Pengarang: Ibnu Katsir
|
Editor Rahmad

Nabi Yusuf adalah putra kesebelas dari Nabi Yakub AS. Dirinya dikenal memiliki akhlak yang mulia, berbakti kepada orang tua, dan juga cerdas. Kelebiha yang dimiliki oleh Nabi Yusuf inilah yang membuat para saudaranya cemburu.

Nabi Yusuf adalah Nabi Allah yang berasal dari kaum Bani Israel. Terdapat banyak kisah Nabi Yusuf mengenai perjalanan hidupnya, mulai dari lahir sampai akhir kehidupannya.

Terdapat banyak teladan juga yang bisa dipetik dalam kisah Nabi Yusuf. Bagaimana kisah perjalanan hidup Nabi Yusuf? Berikut ulasannya.

Kisah Perjalanan Hidup Nabi Yusuf

1. Nabi Yusuf dibuang ke dalam sumur

Dibandingkan dengan anak lainnya, Nabi Yakub memang memberikan perhatian yang lebih kepada Bunyamin dan Yusuf.

Hal ini disebabkan oleh sifat keduanya yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan para saudaranya yang lain.

Nah, situasi tersebut yang tentunya menimbulkan rasa iri kepada anak lainnya. Nabi Yusuf dibuang oleh para saudaranya ke dalam sumur saat berhasil membohongi Nabi Yakub.

Ternyata, Allah SWT menyelamatkannya dengan memberikan sebuah tali melalui seorang pedagang yang sedang lewat. Akhirnya, Nabi Yusuf dikembalikan ke rumahnya oleh pembesar kerajaan Mesir.

2. Difitnah dan dipenjara karena rayuan Zulaikha

Nabi Yusuf dijadikan sebagai anak angkat sekaligus melayani kebutuhan di rumah seorang pembesar kerajaan. Pasangan dari Qithfir dan Zulaikha sangat menyayangi Yusuf karena ketampanannya.

Bahkan, keduanya tidak percaya kalau Nabi Yusuf adalah manusia dan sering mengira bahwa Nabi Yusuf adalah jelmaan malaikat. Rasa kagum yang dimiliki oleh Zulaikha pun akhirnya yang membuatnya tidak dapat menahan godaan setan.

Dirinya merayu Nabi Yusuf untuk melakukan [perbuatan yang tercela. Akhirnya, keduanya terlibat percekcokan karena saling memaksa sampai akhirnya datanglah Qithfir.

Akhirnya Zulaikha memutuskan untuk memfitnah Nabi Yusuf dan memasukkannya ke penjara.

3. Kembali ke keluarga

Kisah Nabi Yusuf yang diawali saat dirinya dibuang ke sumur oleh para saudaranya dan dinyatakan kalau Nabi Yusuf telah diterkam oleh Binatang buas dan meninggal.

Lantas sang ayah, Nabi Yakub yang telah berumur dengan penglihatannya yang sudah kabur, bisa mengenali anaknya melalui pakaiannya yang lusuh.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Singkat cerita, akhirnya, mereka bisa Kembali bersama. banyaknya kisah Nabi Yusuf yang dilalui semasa Yusuf kecil tidak membuat dirinya sombong dengan berbagai karunia yang diberikan oleh Allah.

4. Mimpi Nabi Yusuf

Nabi Yusuf mengalami mimpi elihat sebanyak 11 bintang dan matahari dan juga bulan bersujud semua kepadanya. Secara tersurat, ayat ini berkisah tentang Nabi Yakub meyakini kalau nantinya anaknya akan menjadi orang penting dan memiliki kekuasaan. Harapan tersebut akhirnya muncul untuk mewarisi keNabian (nubuwwah).

Peristiwa ini menjadi pokok pentingnya kasih sayang oleh Nabi Yakub yang sangat mendalm, ketimbang anaknya yang lain.

Hal ini juga yang membuat perasaan cemburu dari saudaranya yang lain.

5. Nabi Yusuf menafsirkan mimpi raja

Nabi Yusuf mendapatkan kesempatan untuk bisa menafsirkan mimpi yang dialami leh seorang raja, yang akhirnya membuat dirinya dibebaskan dari penjara akibat fitnah yang diberikan oleh Zulaikha.

Mimpi al-Aziz telah dijelaskan juga di dalam surat Yusuf pada ayat 43 dan 44. Dirinya tengah mengalami mimpi yang cukup unik, sehingga membuat dirinya penasaran dengan makna dibalik mimpi tersebut.

Nabi Yusuf yang mendengar kabar tersebut, akhirnya tertarik untuk menafsirkan mimpi tersebut. Peristiwa ini yang menjadi awal mula perkenalannya dengan seorang raja Mesir.

Ketertarikan raja tersebut semakin menguat, sampai akhirnya terbongkarlah tipu daya dari Zulaikha terhadap Nabi Yusuf.

Itulah beberapa kisah Nabi Yusuf mengenai perjalanan hidup yang telah dilewatinya. Mulai dari dirinya dibuang ke sumur oleh saudaranya, hingga dirinya yang berhasil keluar dari penjara.

Kisah lengkap tentang kisah Nabi Yusuf dan kisah Nabi lainnya juga bisa kamu baca melalui buku Kisah Para Nabi Hc: Sejarah Lengkap Kehidupan Para Nabi.

Buku Kisah para Nabi ini merupakan sebuah karya fenomenal ulama terkemuka sekaligus seorang ahli tafsir dan sejarah yang bernama Ibnu Katsir.

Kisah-kisah dari para Nabi yang ada di dalam buku ini bersandar pada ayat al-quran dan juga hadits shahih, sehingga isinya terbebas dari kisah israiliyat dari paragraf awal sampai akhir.

Buku ini wajib ada di dalam perpustakaan pribadi kamu sebagai penambah ilmu serta wawasan kamu tentang keNabian. Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.



Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com