Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daya Tahan adalah Kemampuan Bertahan, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Kompas.com - 01/06/2023, 13:16 WIB
Daya Tahan adalah Sumber Gambar: Freepik.com Daya Tahan adalah
Rujukan artikel ini:
Yuk, Stretching Sekarang! Panduan Peregangan…
Pengarang: dr. Adrian Setiaji
|
Editor Ratih Widiastuty

Kebugaran fisik tentunya mesti harus selalu dipelihara dan dijaga untuk tetap membuat tubuh menjadi prima dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Pasalnya, apabila kebugaran jasmani menurun dan tidak dijaga, maka bisa dipastikan akan ada banyak kegiatan yang terbengkalai akibat keadaan fisik yang menurun drastis.

Maka tidak mengherankan jika saat ini sudah banyak orang yang mulai aware dengan menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh karena menjadi faktor yang mendukung kesehatan serta kebugaran fisik untuk mengerjakan segala macam aktivitas.

Kata daya tahan sendiri biasanya menjurus pada olahraga dan kesehatan tubuh yang digunakan dalam menjaga kesehatan fisik supaya tetap sehat dan bugar.

Daya tahan adalah bagian dari kebugaran jasmani yang tidak dapat disamakan dengan stamina karena stamina bukanlah bagian dari kebugaran jasmani, tapi hasil dari menjadi jauh lebih bugar.

Daya tahan dapat diartikan sebagai kekuatan dalam menahan sesuatu yang menantang sehubungan dengan kekuatan fisik.

Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu menjaga serta meningkatkan daya tahan melalui olahraga yang berdampak bagus pada kesehatan tubuh.

Daya tahan yang bagus akan memberikan fisik yang kuat untuk menjalankan berbagai aktivitas dalam durasi waktu yang lama.

Lalu, apa sebenarnya daya tahan itu sendiri? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Daya Tahan

Daya tahan atau endurance merupakan kemampuan ketahanan terhadap rasa lelah dan cepat melakukan pemulihan kembali dari rasa lelah itu sendiri.

Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang baik akan mampu melakukan aktivitas yang jauh lebih lama secara terus menerus.

Proses meningkatkan daya tahan tubuh yang baik akan sangat membantu fisik untuk menunda hadirnya rasa lelah.

Secara sederhana, daya tahan tubuh adalah kemampuan makhluk hidup dalam memobilisasikan dirinya sendiri agar tetap aktif dalam jangka waktu yang lama.

Daya tahan pun mempunyai hubungan dengan ketahanan fisik dalam bertahan, melawan, maupun memulihkan rasa lelah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Maka dari itu, daya tahan tubuh merupakan kemampuan individu untuk bergerak dengan seluruh tubuhnya dalam frekuensi dan tempo sedang sampai cepat, dengan durasi waktu yang cukup lama, serta tanpa merasakan lelah yang luar biasa ataupun rasa sakit.

Mempunyai daya tahan tubuh yang kuat akan menjadi modal yang bagus dalam menjalankan berbagai macam aktivitas fisik, khususnya olahraga yang membutuhkan tingkat ketahanan yang tinggi.

Bagi seorang atlet, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh adalah salah satu hal yang harus dilakukan jika ingin mempunyai prestasi yang membanggakan.

Manfaat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

1. Menjaga Kebugaran Jasmani

Meningkatkan daya tahan tubuh berarti sama juga dengan menjaga kebugaran jasmani.

Pasalnya, latihan dalam menjaga daya tahan tubuh sama pula dengan latihan meningkatkan kebugaran jasmani.

Contohnya seperti melakukan jogging atau senam secara rutin bisa membantu tubuh menjadi semakin bugar.

2. Tidak Mudah Letih

Melakukan latihan daya tahan tubuh juga bisa membantu jasmani menjadi jauh lebih bertenaga dan tidak mudah letih.

Hal ini terjadi karena latihan daya tahan akan membuat jasmani menjadi terbiasa dalam melakukan aktivitas fisik sehingga membuat energi dalam tubuh pun turut meningkat.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol jahat atau LDL bisa memicu berbagai macam jenis penyakit seperti asam urat, serangan jantung, stroke, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan latihan daya tahan tubuh, maka dapat membantu tubuh untuk menyingkirkan kolesterol jahat tersebut.

Sangat penting sekali untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran fisik di tengah dunia kerja yang semakin menuntut dan menekan seperti sekarang.

Apabila kamu tidak mempunyai cukup waktu untuk melakukan latihan daya tahan, mungkin dengan membaca buku Yuk, Stretching Sekarang! Panduan Peregangan untuk Kesehatan Anda akan membantu merelaksasi tubuh yang tegang akibat sibuk bekerja.

Buku ini membahas tentang masalah stretching dan struktur otot yang bisa membantu meringankan nyeri pada tubuh akibat kurang bergerak saat bekerja atau melakukan aktivitas sehari-hari.

Stretching akan membantu mengatasi otot yang kaku, mencegah terjadinya risiko cedera otot, serta memperbaiki postur dan posisi tubuh yang salah.

Bukunya bisa dipesan dan dibeli di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com