Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Antena TV Terbaik Beserta Spesifikasinya

Kompas.com - 10/05/2023, 12:30 WIB
rekomendasi antena tv Photo by Victoria_Regen on Pixabay.com rekomendasi antena tv
Rujukan artikel ini:
Aplikasi Teknologi Antena Cerdas pada…
Pengarang: Dr Ir Saludin M
|
Editor Rahmad

Apakah kamu sedang kebingungan mencari antena tv yang bagus? Yap, saat ini siaran televisi Indonesia sudah berubah dari analog ke digital.

Ini mungkin yang membuat kamu perlu mengganti antena lama ke antena tv digital yang baru.

Ada beberapa rekomendasi antena tv terbaik beserta spesifikasinya yang bisa kamu pertimbangkan sesuai kebutuhan. Semoga kamu sudah tidak kebingungan lagi ya.

Rekomendasi Antena TV

Dalam penempatan antena tv, ada dua jenis antena yakni outdoor dan indoor. Berikut ini rekomendasi antena tv beserta spesifikasinya yang bisa kamu jadikan referensi untuk memilih antena tv yang tepat:

1.Toyosaki

Toyosaki jadi salah satu merek antena TV paling populer yang bisa kamu pertimbangkan. Produk ini mudah ditemukan di pasaran dengan harga bersaing.

Klasifikasi merek ini menawarkan berbagai fitur untuk antena indoor dan outdoor.

Seperti Toyosaki AiO-220 yang jadi antena terlaris Toyosaki. Antena jenis ini untuk luar ruangan dengan chip pintar yang dapat menerima siaran analog dan digital (DVB). Selain itu, antena ini juga mendukung frekuensi UHF.

Saat membeli jenis antena ini, kamu akan memperoleh kabel antena sepanjang 10 meter.

Harga Toyosaki AiO-220 sekitar Rp 110.000 dan hadir dengan beberapa fitur unggulan.

Termasuk spesifikasi untuk penguat sinyal untuk gambar yang lebih jelas, kontrol penguatan, daya tahan segala cuaca, desain yang ringkas dan pemasangan antenanya yang mudah.

2.PX

Merek antena asal Taiwan ini sering dipilih karena kualitasnya yang baik. PX juga memiliki banyak model antena yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Harga produk bervariasi mulai dari Rp 80.000 hingga Rp 199.000.

Salah satu jenis antena PX yang laris adalah PX Digital Indoor Antenna DA-3100NP. Seri ini dirancang khusus untuk sistem TV digital HD di Indonesia dan bisa digunakan di dalam ruangan.

Antena yang mudah dipasang dan hemat energi dengan harga kurang dari Rp 87.000 dapat menerima siaran digital. Kamu mendapatkan garansi hingga 18 bulan dengan pembelian.

Selain seri DA-3100NP, PX juga ada serial PX DA-5120 yang baru dan bisa digunakan dalam ruangan. Antena ini dapat menangkap sinyal dengan baik, sehingga kualitas acara TV juga lebih tinggi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Intra

Intra merupakan merek antena dalam negeri yang menawarkan berbagai seri, terutama untuk penggunaan di luar ruangan. Salah satu seri yang paling populer adalah Intra INT 888.

Seri ini adalah antena TV outdoor yang sudah dilengkapi remote control agar lebih mengarahkan antena sesuai kebutuhan.

Intra INT 888 berharga 90 hingga 100 ribu rubel dan dirancang sesuai dengan frekuensi televisi Indonesia.

Selain itu juga dilengkapi dengan Low Noise Booster untuk gambar yang lebih jelas. Fitur lain yang menarik dari antena Intra INT 888 bisa menerima transmisi analog dan digital serta Hi-Gain Booster untuk penggunaan jarak jauh dan kompatibel dengan HDTV.

4. Aoki

Produk Aoki ini mencakup antena dalam dan luar ruangan. Salah satu antena Aoki yang laris di pasaran adalah model AT3000, antena indoor dan outdoor dengan kisaran harga Rp 108.000.

Dirancang khusus untuk menerima sinyal siaran terestrial digital, antena ini menampilkan teknologi dan sirkuit noise rendah untuk kinerja penerimaan sinyal yang baik. Antena Aoki AT3000 juga tahan air dan UV.

Berkat desainnya yang portabel dan elegan, antena ini bahkan dapat kamu bawa saat berlayar.

Antena ini tidak hanya mudah dipasang di atas meja, dinding, atau jendela, tetapi juga dilengkapi dengan aksesori pengunci yang mudah dipasang ke tiang.

5.PF

PF adalah merek antena lokal yang sudah ada sejak lama. PF biasanya merilis antena eksternal. Salah satu model paling populer adalah PF HDU 25, yang harganya 190.000 rubel.

PF HDU 25 dikatakan memiliki efisiensi dan sensitivitas perolehan sinyal tertinggi dari keluarga antena PF.

Didesain khusus untuk TV analog Indonesia dan TV digital DVB-T2, antena ini dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan.

Beberapa fitur tersebut terbuat dari aluminium berkualitas tinggi, panjang antena 1,6m (terbesar di kelasnya), ringan namun kuat dan mudah dipasang, didukung pengunci, sehingga tidak mudah goyang atau terlipat, miring dan sebagainya.

Nah, itulah rekomendasi antena TV yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli.Ada jenis antena yang tertarik kamu beli?

Agar lebih paham soal pemilihan antena ini,kamu bisa baca buku Aplikasi Teknologi Antena Cerdas pada Komunikasi Jaringan Nirkabel bisa kamu jadikan referensi mengetahui lebih banyak tentang antena yang diaplikan lewat sistem komunikasi nirkabel.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com