Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Makanan Khas Singapura yang Terkenal Lezat, Kamu Wajib Coba!

Kompas.com - 15/04/2023, 10:18 WIB
Makanan Khas Singapura Sumber Gambar: Freepik.com Makanan Khas Singapura
Rujukan artikel ini:
Gaspol Lancar Bahasa Inggris :…
Pengarang: Maria Suci, S.Pd. &…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Selain mengunjungi tempat-tempat wisata yang terkenal, menikmati kuliner khas juga menjadi salah satu tujuan utama seseorang saat jalan-jalan ke negara tertentu.

Setiap negara di dunia pasti memiliki kebanggaan dan ciri khasnya masing-masing, tidak terkecuali negara Singapura.

Di negara yang terdiri dari banyak etnis bangsa ini, Singapura memiliki makanan khas yang beraneka rasa, mulai dari pedas, manis, gurih, sampai yang unik.

Singapura yang berarti ‘Kota Singa’ merupakan salah satu negara tetangga Indonesia yang terkenal dengan ikon patung Merlion.

Tak hanya Merlion saja, perpaduan budaya di Singapura juga menjadikan negara ini sebagai salah satu tempat berburu kuliner yang menarik dan penuh dengan cita rasa unik.

Kalau penasaran, berikut ini adalah beberapa makanan khas Singapura yang terkenal lezat dan pastinya wajib kamu coba saat berkunjung ke negara ini.

6 Makanan Khas Singapura yang Terkenal Lezat

1. Laksa Singapura

Laksa Singapura merupakan olahan kuliner yang terinspirasi dari warga Tionghoa yang tinggal di daerah Katong.

Dalam penyajiannya, laksa Singapura ini terdiri dari mie, udang, kue ikan, telur, daging ayam, dan kemudian dicampur dengan kuah santan yang berwarna merah.

2. Nasi Ayam Hainan

Sesuai dengan namanya, makanan ini pada awalnya ditemukan di daerah Hainan, sebuah pulau yang terletak di sebelah selatan Tiongkok.

Resep kuliner ini kemudian dibawa ke Singapura oleh para migran Hainan pada abad ke-19, dan dijual secara luas pertama kali pada sekitar tahun 1940-an.

Kuliner ini dibuat dengan bahan dasar ayam yang telah dikukus dan dipotong-potong, kemudian disajikan dengan nasi putih hangat.

Untuk menambahkan cita rasanya, hidangan ini juga akan ditaburi dengan kecap, minyak wijen, irisan mentimun, lalu ditambah dengan saus cabai pedas.

3. Kari Kepala Ikan

Masakan yang mengandung unsur kari memang termasuk salah satu hidangan yang nikmat untuk disantap.

Kari kepala ikan ini pada awalnya ditemukan pada sekitar tahun 70-an, dan sengaja dibuat untuk mengurangi produksi limbah kepala ikan.

Hidangan ini terbuat dari kepala ikan, krim kelapa, dan tomat, yang kemudian diolah dengan beberapa bumbu seperti bawang putih, cabai, daun kari, ketumbar, kunyit, merica, dan asam.

Kari kepala ikan ini biasanya disajikan dengan nasi atau roti sebagai pelengkap hidangannya.

4. Hokkien Prawn Mie

Saat berkunjung ke Singapura, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba Hokkien Prawn Mie, atau yang lebih sering disebut dengan mie Hokkian.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hidangan ini menawarkan rasa yang gurih dari mie, yang sebelumnya telah dicampur dengan kaldu udang dan tulang babi sebagai pelengkap rasa.

Selain itu, ada beberapa tambahan bahan pelengkap yang biasa digunakan seperti telur, cumi, ikan, dan bahan-bahan lain, menariknya, makanan khas yang satu ini juga bisa dengan mudah dibuat sendiri di rumah.

5. Bak Kut Teh

Bak Kut Teh merupakan salah satu makanan khas non halal yang terbuat dari daging babi dan beberapa bumbu-bumbu rempah.

Rempah yang digunakan dalam hidangan ini bermacam-macam, mulai dari cengkeh, kayu manis, ketumbar, dan biji adas.

Hidangan ini biasanya dinikmati bersamaan dengan nasi atau mie, dan terkadang juga digunakan dalam campuran kembang tahu dan sayuran.

6. Tang Yuan

Tang Yuan merupakan jenis makanan yang cocok dijadikan oleh-oleh saat kamu pulang berlibur dari Singapura.

Hidangan ini bertekstur lengket dan terbuat dari beras ketan, biasanya dimakan pada hari ke-15 sejak ulang tahun Cina.

Beras ketan ini nantinya akan dibentuk bulat menyerupai bola tanpa isi atau ditambah isian kacang, dan kemudian dimasak menggunakan kuah berbahan dasar jahe dan gula.

Nah, dari beberapa makanan diatas, adakah yang menarik perhatianmu?

Sebelum berkunjung ke negara lain seperti Singapura, tentunya ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan, salah satunya adalah bahasa.

Untungnya, Singapura termasuk negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya sehingga kamu tidak perlu merasa kesulitan untuk berkomunikasi.

Untuk semakin memperlancar kemampuanmu dalam berbahasa Inggris, kamu bisa berlatih menggunakan buku Gaspol Lancar Bahasa Inggris: Most Effective English Learning Book.

Selain untuk berkomunikasi, mempelajari bahasa Inggris juga membuka peluang untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang bagus karena banyak perusahaan yang menjadikan bahasa Inggris sebagai salah satu persyaratannya.

Penguasaan bahasa Inggris ini dianggap penting agar kamu nantinya memiliki kepercayaan diri saat harus berinteraksi dengan orang lain, terutama dengan orang-orang asing.

Melalui buku ini, kamu akan mempelajari 3 hal penting yang harus dipahami dalam bahasa Inggris yakni grammar, conversation, dan vocabulary.

Dari ketiga pembahasan penting tersebut, tersedia juga beberapa topik menarik yang akan semakin mempermudah kamu dalam belajar.

Jika kamu tertarik, kamu bisa memiliki buku ini dengan membelinya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com