Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Contoh Gagasan Pokok dan Cara Menemukannya Berikut Ini

Kompas.com - 03/07/2023, 12:00 WIB
 Contoh Gagasan Pokok Sumber Gambar: Freepik.com Contoh Gagasan Pokok
Rujukan artikel ini:
Menulis Kreatif dan Berpikir Filosofis
Pengarang: Ayu Utami
|
Editor Ratih Widiastuty

Apabila ketika sedang membaca, kita akan dihadapkan pada banyak paragraf yang sering kali memuat informasi penting yang menjadi inti di dalamnya.

Supaya bisa menemukan informasi penting dari suatu paragraf, maka kita bisa mencari gagasan pokok pada dalam paragraf tersebut.

Agar mampu menemukan gagasan pokok pada suatu paragraf diperlukan pemahaman serta ketelitian saat mencarinya.

Pasalnya, setiap jenis bacaan, baik fiksi maupun nonfiksi, pasti mempunyai gagasan pokok sebagai acuan yang biasanya terletak di paragraf awal, paragraf tengah, atau akhir paragraf.

Gagasan pokok sendiri bisa disimpulkan sebagai inti dari sebuah bahasan atau pemikiran yang biasanya menjadi tumpuan untuk bahasan berikutnya.

Maka dari itu, karena gagasan pokok adalah kunci dari seluruh pesan yang ingin disampaikan, cara memahaminya pun patut dipelajari.

Gagasan pokok biasanya mempunyai ciri khusus, yaitu mengandung suatu topik permasalahan yang dapat dijabarkan secara lebih jauh.

Bentuk kalimat lengkap dapat berdiri sendiri serta biasanya dibentuk tanpa konjungsi maupun transisi.

Lalu, bagaimana cara untuk menemukan gagasan pokok itu sendiri? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Cara Menemukan Gagasan Pokok

Biasanya gagasan pokok akan dengan mudah bisa ditemukan jika kita telah memahami apa arti dari gagasan pokok itu sendiri.

Gagasan pokok pun dapat ditemukan dengan cara mengetahui tiga jenis paragraf, yaitu paragraf deduktif, paragraf induktif, dan paragraf campuran.

1. Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif merupakan paragraf yang gagasan pokoknya terdapat di awal kalimat.

Kamu akan langsung dengan mudah menangkap topik yang disampaikan pada paragraf tersebut setelah membaca kalimat pertama.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Paragraf Induktif

Paragraf induktif merupakan paragraf yang gagasan pokoknya terdapat di akhir kalimat dalam paragraf.

Topik pada paragraf ini berada pada bagian akhir paragraf.

3. Paragraf Campuran

Paragraf campuran merupakan paragraf yang gagasan pokoknya terletak di awal dan di akhirat paragraf.

Biasanya gagasan pokok yang terletak di akhir paragraf berfungsi untuk mempertegas gagasan pokok yang terletak di awal paragraf.

Contoh Gagasan Pokok

1. Gagasan Pokok Paragraf Deduktif

Kebiasaan membaca buku memberikan segudang manfaat bagi anak-anak. Selain bisa menambah ilmu dan wawasan, membiasakan anak-anak membaca buku sejak dini juga mampu menambah kosakata mereka. Hal ini tentunya akan mempermudah mereka untuk berkomunikasi dengan orang lain karena memiliki jumlah kosakata yang banyak dari membaca buku.

Gagasan pokok dalam paragraf tersebut berada pada kalimat awal di dalam paragraf, yakni “Kebiasaan membaca buku memberikan segudang manfaat bagi anak-anak.”.

2. Gagasan Pokok Paragraf Induktif

Dengan melakukan sterilisasi terhadap kucing jalanan mampu mengurangi populasi mereka yang semakin banyak. Hal ini tentunya akan mencegah terjadinya konflik dengan manusia yang biasanya justru malah banyak merugikan kucing jalanan itu sendiri. Maka dari itu, sterilisasi kucing jalanan memiliki manfaat dan solusi yang baik untuk lingkungan masyarakat.”

Gagasan pokok dalam paragraf tersebut berada pada kalimat akhir di dalam paragraf, yakni “sterilisasi kucing jalanan memiliki manfaat dan solusi yang baik untuk lingkungan masyarakat.”.

3. Gagasan Pokok Paragraf Campuran

Nasi adalah makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Biasanya nasi menjadi makanan pokok yang dikonsumsi masyarakat Indonesia dengan didampingi lauk pauk lainnya. Tidak hanya itu, berbagai olahan nasi seperti nasi goreng, nasi kuning, hingga nasi uduk, merupakan beberapa masakan nusantara yang memiliki cita rasa yang luar biasa enak. Oleh karenanya, nasi akan selalu tersaji di atas meja makan keluarga Indonesia.”

Gagasan pokok dalam paragraf tersebut berada pada kalimat awal dan kalimat akhir di dalam paragraf, yakni “Nasi adalah makanan pokok bagi masyarakat Indonesia” dan “nasi akan selalu tersaji di atas meja makan keluarga Indonesia.”.

Bagi kamu yang ingin belajar cara menulis kreatif, maka buku Menulis Kreatif dan Berpikir Filosofis dapat dijadikan acuan untuk mulai mengenal dan belajar proses menulis kreatif.

Buku ini berisi materi-materi penting seperti mulai dari intuisi, baru beranjak pada abstraksi; dimulai dan diakhiri dengan latihan; memberi latihan berpikir filosofis dalam terapan di dalam cerita (karya sastra); dan masih banyak lagi.

Bukunya bisa kamu miliki dengan order melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com