Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Hidup Sederhana, Obat Mujarab Menjadi Lebih Bersyukur

Kompas.com - 07/12/2021, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Happiness Without Money: Hidup Irit…
Pengarang: KOIKE RYUNOSUKE
|
Editor Almira Rahma Natasya

Pernahkah kamu merasa jika apa yang kamu miliki dan jalani selalu terasa kurang dan tidak memuaskan? Perasaan semacam ini memang kerap menghampiri setiap manusia yang masih dikuasai ego dan materi dalam hidupnya.

Tren dan gaya hidup yang menuntut untuk selalu tampil lebih membuat kita merasa perlu mengikutinya agar bisa dianggap keren dalam kelompok sosial tertentu.

Realitanya, gaya hidup yang menuntut materi seperti itu tidak selalu berbanding lurus dengan kemampuan finansial yang kita miliki, sehingga ujung-ujungnya hanya keluh kesah dan rasa tidak bersyukur yang akan kita alami.

Oleh karena itu, penting untuk mengubah cara hidup yang berlebihan dan hanya terdorong ego serta nafsu sesaat agar mampu hidup lebih mindfulness dan bersyukur.

Banyak cara dan tips yang bisa kamu coba untuk mengganti gaya hidup yang kerap menghambur-hamburkan uang tanpa tujuan, yaitu dengan gaya hidup sederhana yang membahagiakan.

Penasaran? Berikut lima cara hidup sederhana yang bisa membuat hidup kamu lebih bahagia dan bermakna.

5 Cara Hidup Sederhana

1. Mensyukuri Apa yang Kita Miliki dan Nikmati

Cara pertama yang menjadi dasar dalam hidup sederhana dan berbahagia adalah bersyukur akan hal apa pun yang kita miliki, dapatkan, dan rasakan agar kehidupan tampak jauh lebih indah dan bermakna.

Tanpa adanya rasa syukur, sepertinya akan sulit untuk menerapkan cara hidup sederhana karena perasaan kita akan terus diliputi rasa kekurangan dengan mindset yang berorientasi pada materi.

2. Ubah Pola Pikir Tentang Gaya Hidup Sederhana

Mungkin banyak di antara kita yang berpikir jika hidup sederhana itu adalah serba kekurangan dan terlihat menyedihkan, tapi faktanya tidaklah seperti itu, karena hidup sederhana di sini bukan menjadi pelit dan menderita, namun menjadi lebih selektif serta bermakna akan apa yang kita miliki.

Justru banyak orang yang kaya secara materi lebih memilih hidup sederhana agar mendapatkan esensi dari makna bahagia, sedangkan banyak orang yang kurang secara materi memiliki pola pikir jika bahagia itu adalah tentang uang atau materi, yang ujung-ujungnya akan membawa petaka karena tidak mampu memenuhi gaya hidup tersebut.

3. Tampil Apa Adanya

Jangan memaksakan apa yang tidak mampu kita penuhi, baik dari segi penampilan, gaya hidup, hingga barang-barang, tampil apa adanya dengan kemampuan yang kita bisa agar tidak diperbudak oleh nafsu belaka.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tampil apa adanya akan memberikan efek yang positif, baik bagi diri sendiri, orang lain, dan keadaan finansial kita, karena tidak merasa dituntun oleh gaya hidup yang mewah dan berlebihan, sebab tampil apa adanya adalah kunci dari hidup sederhana.

4. Buang Jauh-jauh Rasa Gengsi

Salah satu faktor yang melatarbelakangi gaya hidup mewah dan berlebihan adalah rasa gengsi yang tinggi karena takut dan malu dengan tanggapan orang-orang sekitar akan gaya hidup yang kita jalani. Baca selengkapnya Mari Belajar Hidup Sederhana dari Orang-orang Terkaya Di Dunia.

Padahal, rasa gengsi adalah akar dari segala masalah yang justru menimbulkan kesengsaraan, maka dari itu, buang jauh-jauh rasa gengsi di hati dan jalani kehidupan dengan sederhana dan apa adanya, karena bahagia bukan tentang pendapat orang lain, tapi berdasarkan hati dan pikiran kita sendiri.

5. Catat Pendapatan dan Pengeluaran Setiap Bulannya

Cara paling penting dari hidup sederhana adalah mengatur pemasukan dan pengeluaran setiap bulan dengan efektif dan akurat sesuai dengan budget yang kita miliki.

Buat rencana dan anggaran setiap bulannya agar pendapatan bisa sesuai dengan pengeluaran, bukan sebaliknya, pengeluaran lebih besar dari pendapatan, karena hanya akan memicu permasalahan lain di waktu mendatang.

Kelima cara hidup sederhana yang sudah disebutkan tadi bisa menjadi solusi untuk kamu yang selalu merasa hidup tidak berkecukupan, sehingga bisa membuat hidup kamu lebih berdaya dan bermakna yang akan menciptakan kebahagiaan.

Untuk menambah cara yang efektif dalam hidup sederhana, berikut ada satu rekomendasi buku yang cocok untuk kamu baca.

Sesuai dengan judulnya, Happiness Without Money: Hidup Irit (Bukan Pelit) agar Bahagia, buku yang ditulis oleh Koike Ryunosuke ini membahas cara hidup dengan uang secukupnya.

Tidak dapat dipungkiri, jika kita memang tidak dapat hidup tanpa uang, tapi bukan berarti buku ini menawarkan solusi hidup menjadi miskin atau tidak punya uang sama sekali secara harfiah.

Sebaliknya, buku ini membahas tentang bagaimana meminimalisir keinginan berlebihan yang kerap muncul, membeli barang berkualitas tinggi sesuai kebutuhan, dan berinvestasi untuk hidup lebih baik di masa depan.

Koike Ryunosuke mengajak kita untuk mampu menggunakan uang dengan sebijak mungkin dalam artian irit (bukan pelit) agar mampu mendatangkan kebahagiaan.

Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com sekarang juga!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com