Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengamalkan Rukun Islam Ke Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 08/02/2023, 11:30 WIB
mengamalkan rukun islam Sumber: pixabay mengamalkan rukun islam
Rujukan artikel ini:
Asyiknya Belajar Rukun Islam
Pengarang: JOY AMARTA DAN DINI…
|
Editor Rahmad

Rukun Islam terdiri dari 5 poin yang sangat penting. Sejak kecil, setiap umat muslim sudah dibekali pelajaran tentang menghafal serta memahami apa saja rukun Islam.

Rukun Islam juga menjadi sebuah pondasi utama bagi umat muslim untuk meningkatkan keimanannya sebagai makhluk ciptaan Allah SWT.

Sebagai umat muslim yang ingin selalu mencoba untuk menjadi lebih baik di mata Allah SWT, tentunya setiap umat muslim selalu berusaha untuk memperkokoh pondasi agamanya. Salah satunya dengan mengamalkan kelima rukun Islam ke dalam kehidupannya sehari-hari.

Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang menyatakan bahwa rukun Islam adalah landasan pokok bagi umat muslim dalam menjalankan kehidupan beragama dan beribadah kepada Allah SWT. Berikut hadis yang dimaksud, yang artinya adalah:

"Aku mendengar Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, Islam dibangun di atas lima: persaksian bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, naik haji, dan puasa Ramadhan."

Dari hadis tersebut, tertulis dengan jelas bahwa lima rukun Islam harus dipatuhi oleh seluruh umat muslim. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan oleh setiap umat muslim untuk mengamalkan rukun Islam.

Mengamalkan Rukun Islam Dalam Kehidupan Sehari-hari

mengamalkan rukun islam mengamalkan rukun islam

1. Mengucap dua kalimat sahadat

Jika seseorang telah mengucap dua kalimat syahadat, artinya bahwa orang tersebut sudah bulat dalam memeluk agama Islam dan telah sah menjadi seorang muslim. Dalam memeluk agama Islam, mengucapkan dua kalimat syahadat menjadi hal yang wajib hukumnya.

Mengucapkan dua kalimat syahadat bisa membuat seseorang yakin bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang pantas untuk mereka sembah dan Nabi Muhammad SAW merupakan utusan-Nya.

Arti dari kalimat syahadat, menjelaskan bahwa seorang muslim harus melakukan beberapa hal. Mulai dari beribadah hanya kepada Allah SWT, menjauhi segala larangannya, serta mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW.

2. Menjalankan sholat 5 waktu

Sholat 5 waktu terdiri dari sholat subuh, sholat dzuhur, sholat ashar, sholat maghrib, dan sholat isya. Menjalankan sholat 5 waktu menjadi suatu kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap muslim yang dilakukan setiap hari.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Melalui sholat, manusia berarti sedang membangun jembatan komunikasi untuk bisa mendekatkan dirinya kepada sang pencipta. Dengan menjalankan sholat 5 waktu, maka seorang muslim dapat dikatakan menjalankan semua ibadah. Sebab, dalam gerakan dan bacaan sholat tersebut, umat muslim juga sekaligus berdzikir, bertasbih, tilawah, bersujud, berdoa, serta bertakbir pada Allah SWT.

3. Mengerjakan puasa Ramadhan

Setiap satu tahun sekali, seluruh umat muslim bertemu dengan bulan suci Ramadhan. Puasa menjadi salah satu kegiatan yang di mana umat muslim harus menahan diri dari lapar, haus dan nafsu.

Dengan menjalankan puasa, maka setiap muslim bisa membentuk serta menanamkan sebuah sikap teladannya dan juga meningkatkan ketakwaan pada Allah SWT.

4. Menunaikan zakat

Sebagai salah satu bentuk syukur atas kelancaran dari rezeki serta nikmat yang sudah diberikan oleh Allah, maka setiap umat muslim diperintahkan untuk menyisihkan sedikit rezekinya untuk berzakat.

Melalui zakat, mengajarkan seseorang agar bisa lebih peka kepada sekitar, menghargai apapun bentuknya yang sudah didapatkan dan juga selalu bersyukur dengan segala kondisi.

5. Pergi haji jika mampu

Pergi haji menjadi rukun Islam terakhir. Namun, kewajiban ini harus berlandaskan pada kemampuan seseorang, baik secara fisik maupun secara finansial. Allah SWT tidak pernah mempersulit setiap umatnya.

Lakukanlah sesuatu dengan niat serta tujuan yang baik, maka Allah akan langsung mempermudahnya. Ibadah haji dikatakan wajib bagi orang yang mampu karena, dalam perjalanan ke Tanah Suci membutuhkan banyak sekali persiapan, serta menggunakan biaya dan kesiapan hati yang sangat matang.

Itulah cara mengamalkan 5 rukun Islam yang wajib diketahui oleh setiap umat muslim. Mengetahui serta mengimani dan mengamalkan rukun Islam adalah wajib hukumnya dan menjadi salah satu syarat sah agar menjadi umat muslim yang patuh pada perintah Allah SWT.

Jadi, kalau kamu belum mengetahui 5 rukun Islam, kamu bisa segera mempelajarinya melalui buku Asyiknya Belajar Rukun Islam yang ditulis oleh Joy Amarta dan Dini W. Tamam.

Buku yang terdiri dari 64 halaman ini bisa membimbing kamu dalam belajar rukun Islam secara lebih terperinci.

Selain 5 rukun Islam, dijelaskan pula di dalam buku ini beberapa hal yang membuat rukun Islam pada pengamalannya menjadi sunnah, wajib, serta tidak wajib yang disesuaikan dengan syarat sahnya dari seorang muslim tersebut. Jadi, buku ini sangat detail dalam menjelaskan tentang rukun Islam.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com