Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Keunikan Rumah Adat Joglo yang Menjadi Daya Tarik-Nya!

Kompas.com - 25/01/2023, 13:30 WIB
keunikan rumah joglo Sumber: warisanbudaya.kemdikbud.go.id keunikan rumah joglo
Rujukan artikel ini:
Opredo Puzzle Book Peta Indonesia:…
Pengarang: Tim Oopredoo
|
Editor Rahmad

Salah satu rumah adat Jawa Tengah yang paling terkenal adalah rumah adat joglo. Tidak hanya indah, tetapi juga kaya akan filosofinya, keunikan dari rumah adat Jawa Tengah ini juga mempunyai daya tariknya tersendiri.

Joglo sendiri berasal dari kata Tajug Loro (Juglo) yang memiliki arti dua gunung. Dua gunung ini bisa dilihat dari bentuk atap yang dimiliki oleh rumah joglo. Namun, pada perkembangannya, penyebutan kata Juglo ini berubah menjadi Joglo, seperti yang kita ketahui saat ini.

Rumah joglo adalah rumah adat Jawa Tengah yang mempunyai material utama dari kayu jati. Biasanya rumah joglo ini dibangun oleh masyarakat yang memiliki status sosial tinggi, seperti kalangan kerajaan atau bangsawan. Karena, pada proses pembangunannya, membutuhkan biaya yang besar.

Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini rumah joglo sudah bisa dibangun oleh berbagai kalangan dan juga sering digunakan sebagai gedung perkantoran atau pemerintahan. Awalnya, rumah joglo berbentuk bujur sangkar, tetapi terus berkembang, sehingga mengalami perubahan.

Selain itu, rumah joglo memiliki beberapa keunikan. Berikut ini adalah keunikan yang dimiliki dari rumah adat Jawa Tengah.

Keunikan Rumah Adat Joglo

keunikan rumah joglo keunikan rumah joglo

1. Arsitektur serta atap bangunan

Rumah Joglo jika dilihat dari atapnya, memiliki keunikan. Sebab, terdapat 4 tiang pada bagian tengah rumah yang berukuran lebih tinggi yang berfungsi untuk menopang atap. Keempat tiang ini disebut dengan soko guru.

Filosofi dari keempat tiang adalah gambaran kekuatan dari empat penjuru mata angin. Oleh sebab itu, masyarakat juga meyakini kalau berlindung di rumah joglo bisa terhindar dari bencana.

Bahan yang digunakan untuk membuat atap rumah joglo biasanya terbuat dari genting tanah. Akan tetapi, sebelum memakai genting, atap rumah joglo dibuat dari alang-alang, sehingga rumah adat Jawa Tengah ini terasa dingin dan sejuk.

2. Pintu utama ada di tengah rumah

Bagian unik dari rumah adat Jawa Tengah ini adalah pada bagian pintu. Pintu rumah joglo berjumlah tiga, yaitu pintu utama tengah dan pintu lainnya di kedua sisi (kanan dan kiri) bawah.

Tata letak dari pintu ini melambangkan sebuah kupu-kupu yang sedang berkembang dan juga berjuang pada sebuah keluarga besar. Selain itu, filosofi dari pintu rumah yang ada di tengah adalah kedekatan serta keterbukaan antara penghuni rumah dengan tamu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Teras yang Luas

Keunikan lain dari rumah khas Jawa Tengah ini adalah terasnya yang memiliki ukuran cukup luas. teras yang luas ini mempunyai fungsi tersendiri, sama seperti halnya rumah adat Jawa Tengah lainnya.

Di mana, fungsi teras di rumah adat ini adalah untuk melakukan interaksi sosial seperti silaturahmi antara penghuni rumah dengan masyarakat yang ada.

4. Memiliki ruang khusus bernama gedongan

Rumah adat Jawa Tengah ini memiliki ruangan khusus yang bernama geongan. Ruangan ini berfungsi sebagai tempat perlindungan, tempat kepala keluarga mencari ketenangan batin, tempat ibadah, ataupun kegiatan sacral lainnya.

Ruangan ini juga dapat digunakan sebagai ruang untuk beristirahat. Selain itu, kadang-kadang, ruangan ini digunakan juga sebagai kamar untuk pengantin yang baru menikah.

5. Pagar mangkok

Pagar yang ada di rumah adat joglo ini tidak terbuat dari bilah bambu. Melainkan pagar mangkok yang berasal dari tanaman perdu dengan memiliki ketinggian kurang dari satu meter. Maksud dari penggunaan pagar ini adalah supaya interaksi dengan antar tetangga bisa menjadi lebih mudah.

Itulah keunikan yang dimiliki oleh rumah joglo sebagai salah satu rumah adat Jawa Tengah. Untuk menambah wawasan lebih banyak lagi tentang rumah adat nusantara lainnya, kamu bisa juga mengetahuinya melalui buku Puzzle Book Peta Indonesia: Rumah & Pakaian Adat.

Buku board book ini berisikan ilustrasi peta dari 5 kepulauan besar yang ada di Indonesia, di antaranya Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, dan juga Papua. Di dalam buku ini juga terdapat pengetahuan mengenai bentuk rumah adat dari setiap pulau.

Melalui buku ini, kamu bisa mengenal berbagai jenis rumah adat di setiap provinsi. Sehingga, buku ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu baca. Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.