Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Menu Makanan untuk Diet Pemula, Efektif dan Aman untuk Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 23/01/2023, 18:00 WIB
Makanan Diet Pemula Sumber Gambar: Freepik.com Makanan Diet Pemula
Rujukan artikel ini:
Ini Buku Diet: Sehat &…
Pengarang: Desyana Erruka
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Bagi sebagian orang, memiliki berat badan yang berlebihan tentu menjadi masalah yang serius.

Selain dapat membuat tubuh menjadi tidak seimbang, kelebihan berat badan juga bisa mengganggu kesehatan dan menyebabkan obesitas.

Tidak bisa dipungkiri kalau setiap orang pada dasarnya ingin memiliki berat badan yang ideal, namun masih banyak dari mereka yang tidak tahu bagaimana cara untuk mendapatkannya.

Tidak hanya berolahraga secara rutin dan tidur yang cukup, kamu juga harus mengimbanginya dengan diet dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Bukan berdampak pada penampilan saja, mengonsumsi makanan yang sehat juga bisa bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Jika kamu ingin memiliki berat badan yang ideal, kamu bisa mulai dengan melakukan program diet yang sehat dan pastinya cocok untuk pemula.

Berikut ini adalah beberapa menu makanan diet yang aman untuk pemula dan pastinya efektif untuk menurunkan berat badan.

Menu Makanan Diet untuk Pemula

1. Kentang

Diet bukan berarti menghilangkan sumber karbohidrat, kamu hanya perlu menggantinya dengan bahan karbohidrat lain yang lebih sehat, salah satunya adalah kentang.

Kentang mengandung kalium untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, serta mengandung vitamin B1, vitamin B9, vitamin C, dan pastinya rendah kalori.

Dengan mengonsumsi kentang rebus, kamu akan tetap merasa kenyang walaupun makan dengan porsi yang sedikit.

Olahan kentang yang direbus atau dikukus ini tidak akan menghilangkan gizi yang ada di dalamnya, sehingga cocok dijadikan sebagai menu diet untuk pemula.

2. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan menjadi salah satu makanan yang bagus untuk menurunkan berat badan, terutama bagi para pemula.

Dalam kacang-kacangan, terdapat aneka vitamin dan mineral, zat besi, dan folat yang sangat baik untuk mencegah anemia.

Tidak hanya itu saja, kacang-kacangan juga mengandung protein tinggi dan serat yang bisa membuatmu kenyang lebih lama, sehingga cocok untuk dijadikan menu diet.

Mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang, tanah, atau kacang merah dipercaya bisa membuat badan terlihat jauh lebih sehat dan lebih ramping.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, pakcoy, dan sayuran hijau lainnya mengandung banyak serat, kalori, dan karbohidrat.

Sayuran hijau ini berkhasiat untuk menurunkan berat badan dan bermanfaat untuk membuatmu kenyang selama seharian, hal ini tentu sangat membantu program diet yang kamu jalani.

Dengan mengonsumsi sayuran hijau, kamu bisa meningkatkan volume makanan tanpa harus menambah kalori yang mungkin tidak sehat.

Selain untuk diet sehat menurunkan berat badan, daun hijau seperti daun katuk juga terbukti mampu melancarkan produksi ASI setelah melahirkan.

4. Dada Ayam

Makanan lain yang bisa dijadikan menu diet sehat adalah dada ayam, yang dipercaya memiliki kandungan zat besi, protein tinggi, dan lemak jenuh.

Dibandingkan dengan bagian ayam yang lain, bagian dada ayam mengandung lemak jenuh yang lebih rendah sehingga tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk.

Kamu bisa mengolah dada ayam dengan cara direbus atau dipanggang, tapi hindari untuk menggorengnya karena bisa merusak gizi dan kandungan yang ada di dalamnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Daging Sapi Tanpa Lemak

Masih banyak orang yang mungkin menganggap bahwa daging adalah makanan yang tidak bisa dikonsumsi saat sedang diet.

Padahal, masih ada bagian daging yang tidak mengandung banyak lemak, seperti bagian di sekitar leher atau dada.

Daging sapi tanpa lemak dipercaya mengandung protein, zat besi, vitamin, mineral, dan zinc yang sangat baik untuk dijadikan menu diet.

Sama seperti dada ayam, kamu bisa memasak daging sapi dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang di atas pan yang anti lengket.

6. Jamur

Jamur merupakan makanan diet untuk pemula yang bisa dikonsumsi secara rutin.

Jamur ini termasuk sayuran yang memiliki kandungan mineral esensial dan vitamin, serta kalori yang membuat proses diet menjadi lebih lancar,

Sama seperti kentang, olahan jamur seperti jamur putih bisa membuatmu lebih cepat kenyang.

7. Oatmeal

Makanan lain yang tidak kalah baik untuk diet pemula adalah oatmeal.

Makanan ini bisa dijadikan sebagai pengganti nasi atau mie yang akan membuat kadar gula darah dan berat badanmu terkendali dengan baik.

Oatmeal juga mengandung serat yang tinggi dan nilai indeks glikemik yang rendah, sehingga bisa efektif menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin.

8. Buah Alpukat

Alpukat sering kali dianggap sebagai buah yang bisa menggemukan badan karena kaya akan lemak, padahal anggapan ini tidak benar.

Alpukat mengandung serat, vitamin, dan lemak tak jenuh (lemak sehat) yang justru baik untuk menurunkan kolesterol.

Kandungan ini juga membuat alpukat cocok dijadikan sebagai makanan diet yang bisa mengecilkan perut, mengenyangkan tubuh, dan mencegah rasa lapar yang berlebihan.

Itulah beberapa makanan untuk diet yang cocok untuk pemula, dan pastinya mudah ditemukan dimanapun.

Menjaga tubuh tentunya menjadi hal yang penting dan wajib untuk dilakukan, karena kesehatan merupakan hal yang sangat berharga.

Selain menjaga asupan makanan sehari-hari, kamu juga harus mengimbanginya dengan olahraga yang rutin dan istirahat yang cukup, hal ini termasuk cara paling dianjurkan untuk membuat tubuh terasa jauh lebih sehat dan ideal.

Bagi kamu yang masih penasaran dengan berbagai hal yang berkaitan dengan diet, kamu bisa menemukan informasi melalui buku Ini Buku Diet: Sehat & Langsing dengan Diet Kekinian karya Desyana Erruka.

Buku ini akan menyajikan berbagai macam jenis diet yang sudah populer di berbagai negara, sehingga kamu bisa mencari referensi metode diet yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Setiap metode dietnya akan dijelaskan dengan detail mulai dari asal muasal sampai menu makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama menjalani program diet tersebut.

Tidak hanya membahas mengenai diet, buku ini juga dilengkapi dengan tips-tips gaya hidup sehat seperti cara mengatur pola makan, cara mengetahui pola tidur yang baik, jenis olahraga yang sesuai, dan masih banyak lagi.

Buku ini akan memberikan informasi terlengkap yang akan membuat kamu tetap sehat, bugar, dan memiliki tubuh yang ideal di tengah padatnya aktivitas,

Untuk membacanya lebih lanjut, buku ini bisa kamu dapatkan di Gramedia.com.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.