Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Oleh-Oleh Makanan Khas Daerah di Indonesia yang Pasti Disukai Banyak Orang!

Kompas.com - 02/01/2023, 15:30 WIB
oleh-oleh makanan khas daerah sumber: pixabay.com oleh-oleh makanan khas daerah
Rujukan artikel ini:
100 Peta Tempat Makan Makanan…
Pengarang: Lilly T. Erwin
|
Editor Rahmad

Seperti yang sudah diketahui, bahwa Indonesia memang kaya akan keberagaman kulinernya, termasuk oleh-oleh makanan khas daerah di Indonesia. Jika kamu mengunjungi suatu daerah, maka rasanya tidak afdal kalau tidak membawa buah tangan.

Indonesia sendiri mempunyai banyak daerah penghasil kuliner yang lezat. Jadi, tidak heran kalau makanan khas daerah juga diburu oleh para warga non-lokal, yang singgah ke suatu daerah tersebut. Terlebih, kuliner tersebut pasti akan lebih asli dan lebih khas jika dibeli langsung di daerahnya.

Selain tidak mudah untuk ditemukan di daerah lainnya, oleh-oleh makanan khas daerah ini juga memiliki rasa yang lezat. Bahkan, beberapa produsen oleh-oleh makanan khas daerah enggan membuat cabang di daerah yang lain. Hal itu perlu dilakukan agar daerah tersebut bisa menjadi tujuan wisata dan wisata kuliner oleh warga.

Nah, kira-kira apa saja oleh-oleh makanan khas daerah yang bisa dijadikan sebagai buah tangan dari berbagai daerah yang ada di Indonesia? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Oleh-Oleh Makanan Khas Daerah di Indonesia

oleh-oleh makanan khas daerah oleh-oleh makanan khas daerah

1. Pempek

Siapa yang tidak kenal makanan khas daerah Palembang yang satu ini. Kuliner ini memang sangat mudah kita temui di berbagai daerah lain. Akan tetapi, pempek asli Palembang ini mempunyai komposisi yang khas dan tidak mudah untuk ditiru.

Hal tersebut bisa jadi karena orang asli Palembang memiliki resep rahasia supaya pempek Palembang yang mereka buat tetap memiliki cita rasa yang khas.

2. Bakpia Pathok

Bakpia Pathok merupakan makanan khas daerah yang berasal dari Yogyakarta. Biasanya, makanan ini dijadikan sebagai oleh-oleh bagi yang berwisata ke Yogyakarta. Oleh-oleh Yogyakarta yang satu ini memang tidak boleh dilewatkan.

Sudah dari zaman ke zaman, bakpia pathok selalu menjadi buah tangan khas dari Yogyakarta, walaupun saat ini sudah banyak jenis oleh-oleh makanan khas daerah yang rasanya lebih modern.

3. Pie Susu

Mempunyai cita rasa yang khas adalah ciri dari makanan khas daerah di Indonesia. Pie susu yang berasal dari Bali sangat berbeda dengan pie lainnya. Hal ini yang membuat pie susu Bali sangat populer, baik di daerahnya maupun di daerah lain.

Pie susu Bali dikenal mempunyai rasa yang gurih dan renyah pada bagian kulitnya, yang berpadu dengan legitnya saus pie yang manis.

4. Bika Ambon

Meskipun namanya Bika Ambon, tetapi makanan khas daerah ini bukan berasal dari Ambon, melainkan dari Medan. Meskipun saat ini sudah banyak dijual di daerah lain, tetapi bika Ambon khas dari daerah Medan tentunya jauh lebih enak.

Bika ambon merupakan makanan khas daerah yang memiliki warna kuning dan memiliki rongga. Saat ini, sudah memiliki banyak variasi rasa kue tersebut.

5. Lumpia

Kalau kamu mampir ke kota Semarang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh makanan khas daerah semarang, yaitu lumpia Semarang. Jangan takut kalau lumpia akan mudah basi, karena kamu juga bisa membeli lumpia sebelum digoreng.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Lumpia goreng ini disajikan bersama dengan sambalnya yang khas dan juga acar. Isi dari lumpia Semarang adalah bambu muda (rebung) yang diolah dan dibalut dengan kulit lumpia itu sendiri, lalu digoreng.

6. Roti Abon Gulung

Siapa bilang Papua hanya terkenal dengan papeda saja. Jika kamu datang ke Papua, jangan bingung mau membeli oleh-oleh apa. Kamu bisa membeli oleh-oleh makanan khas daerah Papua, yaitu roti abon gulung yang sangat populer di Papua.

Kamu bisa membelinya di kota Manokwari. Di sana kamu akan menemukan roti abon gulung dengan rasa abon yang sangat lezat.

7. Keripik Buah

Terkenal dengan buah apelnya, kota Malang juga memiliki oleh-oleh makanan khas daerahnya, yaitu keripik buah, yang paling terkenal adalah keripik buah apel. Selain itu, beragam keripik buah dapat kamu jumpai di kota Malang.

8. Carica

Di Dieng, kamu akan menemukan banyak sekali pohon carica. Itulah yang membuat oleh-oleh khas daerah Dieng adalah carica. Carica merupakan buah yang mirip dengan pepaya, tetapi memiliki ukuran yang kecil. Jika dimakan langsung, memiliki rasa yang asam.

Kemudian, warga setempat mengolah buah ini menjadi sebuah manisan dengan rasa yang segar. Inilah yang menjadikan carica sebagai oleh-oleh makanan khas Dieng.

Jika mendatangi suatu daerah, yang menjadi incaran memang makanan khas daerah tersebut. namun, saat ini juga sudah banyak makanan khas daerah yang dijual di pasaran. Untuk kamu yang sedang rindu dengan makanan khas daerah, kamu bisa menemukannya melalui buku 100 Peta Tempat Makan Makanan Khas Daerah.

Buku ini bisa membantu kamu dalam menemukan tempat yang menjual makanan khas daerah yang dijual di Jakarta, Bekasi, Depok, dan juga Tangerang. Berbagai jenis makanan khas daerah bisa kamu temukan di pelosok ibu kota melalui buku ini.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon



Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com