Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kreasi Kerajinan Bambu yang Menarik Untuk Jadi Ide Bisnis

Kompas.com - 26/12/2022, 09:40 WIB
Kreasi Kerajinan Bambu Photo by Sonja-Partow on Pixabay Kreasi Kerajinan Bambu
Rujukan artikel ini:
Aneka Kreasi Kerajinan Bambu
Pengarang: Norbertus Kaleka
|
Editor Rahmad

Kerajinan bambu adalah salah satu contoh kerajinan bahan keras yang bisa kamu jadikan peluang bisnis. Ada banyak kreasi kerajinan bambu yang bisa kamu explore sesuai dengan kebutuhan customer yang kamu.

Misalnya, untuk souvenir pernikahan, atau kreasi kerajinan bambu yang lebih besar untuk dekorasi rumah. Dalam praktiknya, kamu pasti tidak akan kesulitan menemukan kerajinan dari bambu. Namun, kamu bisa kembangkan untuk ide bisnis yang lebih potensial.

Kreasi Kerajinan Bambu

Berikut ini kreasi kerajinan bambu yang menarik dan bisa kamu jadikan ide bisnis yang potensial:

1. Hiasan Dinding

hiasan dinding hiasan dinding

Contoh hiasan dinding yang bisa kamu kreasikan dengan bahan bambu adalah cermin atau hiasan dinding lainnya sebagai dekorasi. Desain dengan bahan bambu ini akan menciptakan konsep yang natural namun tetap elegan.

Material bambu ini sangat cocok untuk mereka yang suka dengan kesan estetik. Termasuk Mereka yang suka konsep desain Japandi juga akan sangat menyukai kreasi kerajinan bambu ini.

2. Souvenir

souvenir souvenir

Contoh souvenir yang bisa kamu buat dari bahan bambu adalah kipas, gelas, besek, gantungan kunci, dan sedotan bambu. Souvenir memiliki peluang bisnis yang baik karena kamu mungkin bisa memperoleh pesanan dalam jumlah banyak.

Contoh kreasi souvenir dari bambu tersebut juga mudah dibuat dan menarik sebagai buah tangan. Misalnya, souvenir pernikahan dan acara lainnya. Material bambu bisa jadi unik dan memberi kesan tersendiri bagi tamu pengunjung.

3. Tempat Tanaman

tempat tanaman tempat tanaman

Material bambu yang natural cocok disandingkan dengan semua hal yang berbau alam. Contoh kreasi yang bisa dilakukan adalah membuat pot tanaman gantung dari bambu yang multifungsi dan estetik. Kerajinan ini bisa dikombinasikan dengan tali yang kuat.

Selain itu juga, bisa dengan bentuk anyaman atau potongan slotnya yang sederhana jadi tempat tanaman.

Kreasi ini bisa diletakan di atas rak dan tempat strategis lainnya dalam ruangan.

Material bambu yang digunakan bisa potongan bambu yang bisa diisi tanah agar tanaman tetap tumbuh subur.

Tempat tanaman dari bambu ini juga bisa jadi dekorasi rumah yang unik dan menarik memberi kesan natural dan segar.

4. Kursi Bambu

kursi bambu kursi bambu

Kamu pasti sudah tidak asing dengan kerajinan kursi bambu. Ada banyak desain kursi yang bisa kamu buat dengan material bambu. Itulah sebabnya, kreasi kursi dari bambu ini bisa jadi potensi bisnis yang menjanjikan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain penampilannya yang apik, material bambu juga nyaman jadi kursi karena karakteristiknya yang solid dan lentur. Salah satu desain kursi dari bahan bambu yang unik adalah karya Chen Kuan Cheng dari Taiwan berbentuk air terjun.

5. Peralatan di Kamar Mandi

peralatan di kamar mandi peralatan di kamar mandi

Kerajinan dari bahan bambu juga bisa dijadikan bahan set perlengkapan kamar mandi. Seperti tempat shampo, sabun, sikap, atau tempat peralatan kamar mandi lainnya. Dilihat dari fungsinya, material bambu juga bisa tahan terhadap air.

Bambu juga bisa membuat tampilan kamar mandi jadi lebih unik dan estetik. Terutama dengan nuansanya yang natural dan bisa digunakan oleh siapa saja, alis tidak terbatas untuk wanita atau pria.

6. Tempat Lampu

tempat lampu tempat lampu

Kreasi kerajinan bambu selanjutnya masih datang dari desain interior yakni tempat lampu. Selain bisa berfungsi sebagai lampu utama, bambu juga bisa jadi wadah lampu untuk hiasan ruangan. Contohnya lampu tidur atau lampion yang digantung sebagai hiasan.

Ini tentu bisa jadi nilai jual yang tinggi mengingat setiap rumah butuh lampu. Selain itu, wadah lampu jadi hal yang unik terutama jika berbahan bambu.

7. Pigura Foto

pigura foto pigura foto

Kerajinan bambu yang juga bisa kamu jadikan bisnis adalah membuat pigura foto dari bahan bambu.

Desain pigura ini juga bermacam-macam, sehingga kamu bisa banyak berkreasi dengan material ini yang mudah dibentuk.

Pigura dari bambu juga bisa jadi hiasan dinding yang unik dengan nuansa natural yang menenangkan.

Itulah sebabnya, ini bisa jadi ide yang menarik untuk kamu jadikan bisnis membuat pigura dari bahan bambu.

Buku Aneka Kreasi Kerajinan Bambu yang ditulis Norbertus Kaleka bisa kamu jadikan referensi untuk mencari ide kerajinan dari bambu. Pembaca dapat menggali peluang usaha untuk menghasilkan mainan anak-anak, miniatur bambu, dan kerajinan lainnya dari buku ini.

Buku tersebut bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com